Health

Susu Bayi Usia 0 – 6 Bulan, ASI atau Susu Formula?

Air Susu Ibu - ASI

Setiap bayi perlu dan wajib diberi susu, tentu saja apalagi kalau bukan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuhnya. Susu sangat berperan penting dalam menunjang pertumbuhan tubuh sehingga sangat bagus diberikan  kepada bayi yang masih berusia 0 sampai 6 bulan.

Kesehatan serta pertumbuhan bayi akan menjadi sangat pengaruh pada usia tersebut sehingga pemilihan susu yang tepat setidaknya sebagai orang tua kita harus cermat dan teliti dalam memilih susu.

Karena apabila kita sembarangan memberikan susu pada bayi maka pertumbuhan tubuh serta perkembangan sel otaknya akan terganggu, maka oleh sebab itu usia bayi sangat ditentukan disini. Pemberian susu yang tepat sesuai usianya dapat membantu bayi tumbuh dengan cepat dan memiliki tingkat kecerdasan IQ yang bagus.

Namun tentu saja tidak semua orang tua mengetahui pemberian susu yang tepat pada bayi sesuai dengan usianya. Sering kali kita lihat bayi diberikan susu formula atau ASI seenaknya saja oleh para ibu, asalkan bayi sudah tidak menangis akibat merasa kehausan.

Perlu ibu ketahui bahwa setiap bayi kebutuhan susu berbeda tergantung usianya.

Kebutuhan susu pada bayi di usia 0 sampai 6 bulan yang paling bagus adalah di berikan 100% ASI.

Mengapa harus ASI?
ASI (Air Susu Ibu) memiliki kelebihan tersendiri di bandingkan susu formula apapun, di dalam setiap tetes air ASI memiliki kandungan yang luar biasa bermanfaat untuk bayi.

Manfaat dari (ASI) air susu ibu :

  1. Menambah imun sistem kekebalan tubuh bayi 
  2. Mampu mencegah terjadinya infeksi pada usus bayi
  3. Mampu menambah IQ otak bayi dengan cepat
  4. Menambah rasa kasih sayang bayi terhadap ibunya
  5. Menambah hormon sehingga wajah bayi mirip orang tuanya
  6. Bayi menjadi jarang sakit
  7. Tubuh Bayi lebih sehat dan kuat
  8. dan lain-lain.

Diatas hanyalah sebagian besar dari manfaat ASI untuk bayi, meskipun masih banyak lagi manfaat lainnya yang sulit untuk di jelaskan dengan kata-kata. Di dalam al-quran pun sudah ditulis bahwa ASI sangat penting serta wajib diberikan kepada bayi, terutama untuk ibu yang memiliki bayi berusia 0 sampai 6 bulan.

Meskipun banyak yang menganjurkan bahwa pemberian susu formula juga perlu diberikan pada usia tersebut, akan tetapi menurut saya serta pakar ahli kesehatan tubuh bayi di seluruh dunia sependapat bahwa bayi yang berusia 0-6 bulan 100% diberikan ASI saja.

Sekianlah cara mengetahui susu yang bagus untuk bayi usia 0 sampai 6 bulan, ternyata cukup di berikan ASI saja sudah menjadi pilihan yang sangat tepat bagi ibu yang cermat.

Baca Juga : Tips Simple Melancarkan ASI

Saat bayi sudah memasuki usia 6 bulan ke atas barulah bayi di berikan tambahan susu formula. Bagaimana Cara Memilih Susu Formula yang Bagus Untuk Bayi ?

Susu Bayi Usia 0 - 6 Bulan, ASI atau Susu Formula?
Susu Formula Bayi Usia 6 Bulan Keatas

1. Sesuaikan dengan usia anak
Setiap kelompok usia membutuhkan komposisi gizi yang berbeda dengan kelompok usia lainnya. Karena kandungan gizi susu formula setiap anak beda dengan kandungan susu bayi terutama jumlah kalori serta protein nya. Semakin tinggi usia anak, semakin banyak kalori yang dibutuhkan.

2. Perhatikan apakah bayi alergi susu
Rata-rata susu formula yang di konsumsi berasal dari sapi, namun tidak semua bayi mempunyai daftar riwayat kesehatan yang sama dengan bayi-bayi lainnya, karena tidak sedikit bayi yang alergi terhadap susu sapi. Ada baiknya setiap bayi harus di periksa terlebih ke dokter sebelum di berikan susu formula agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Boleh Susu  Bubuk dan cair
Baik susu bubuk dan cair kandungan gizi nya tak berbeda. Yang berbeda hanyalah produknya saja. Sebenarnya pembubukan dibuat dari proses cair lalu airnya di hilangkan supaya menjadi bubuk. Nah, kalau kemudian dicairkan kembali , proses pencairan nya tepat seperti yang disarankan dalam kemasan , maka kandungan gizi nya setara dengan susu cair. Apalagi susu bubuk banyak yang dibuat dengan metode instant, sehingga susu dapat larut dalam air panas maupun air dingin.

4. Perhatikan Komposisi
Pada umumnya, setiap susu formula bayi yang di jual di pasaran harus mendekati komposisi ASI dengan kandungan sesuai standard yang telah ditetapkan oleh WHO. Akan tetapi tetap saja susu formula tidak dapat menyamai ASI.

Namun setidaknya komposisi dalam susu formula harus dapat menyamakannya dengan melihat beberapa komposisi nya seperti dibawah ini :

A. Kandungan AHA
Bermanfaat sebagai perangsang kecerdasan otak anak, dan juga bermanfaat untuk merangsang perkembangan syaraf mata sehingga mata bayi akan sehat.

B. Kandungan DHA
Bermanfaat hampir sama dengan AHA yaitu berfungsi untuk perkembangan otak dan juga matanya.

C. Kandungan LA
Bermanfaat untuk kesehatan mental dan juga perkembangan otak anak.

D. Kandungan FOS dan GOS
Bermanfaat agar pencernaan bayi semakin sehat, karena bisa meningkatkan kekebalan tubuh serta meningkatkan jumlah bakteri baik untuk tubuh dan mengurangi jumlah bakteri jahat yang terdapat didalam tubuh.

E. Kandungan omega 3 dan omega 6
Bermanfaat untuk kesehatan pertumbuhan fisik seperti rambut, kuku, kulit dan mencegah kerusakan sel.

F. Beta karotene dan Lactoferin
Bermanfaat sebagai anti oksidan serta untuk meningkatkan daya tahan serta kekebalan tubuh.

G. Kolin
Bermanfaat untuk mencegah membran sel agar tidak mudah bocor atau rapuh, sehingga proses peremajaan sel-sel dapat berjalan baik.

Baca Juga : Ini Alasannya Mengapa Bayi Dilarang Minum Air Putih

Demikianlah tips tepat cara memilih susu formula yang bagus untuk bayi, dengan memenuhi kebutuhan komposisi di atas maka ibu sudah memilih susu yang tepat untuk pertumbuhan serta kecerdasan otak bayi dengan maksimal

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top