Health

Trimester 1, 2, dan 3 Pada Tahapan Usia Kehamilan

Tahapan Usia Kehamilan Trimester 1, 2, dan 3

Masing-masing pembagian trimester kehamilan merupakan saat-saat yang sangat menentukan pertumbuhan janin, sehingga setiap calon orang tua, harus memperhatikan berbagai hal mulai dari asupan makanan dan nutrisi serta vitamin untuk kehamilan yang akan berperan penting dalam pembentukan si janin, menjaga kondisi tubuh dan kesehatan dan lain sebagainya.

Pengertian Trimester Kehamilan

Trimester adalah satu periode dibagi tiga pada kehamilan, Karena kehamilan berlangsung 9 bulan maka lamanya satu trimester adalah tiga bulan. Untuk membedakan masing-masing pembagian trimester, maka dinamai sebagai trimester 1, 2, dan 3.

Pembagian Trimester Kehamilan :

  • Trimester 1 (Pertama) terjadi pada usia kandungan dimulai dari hari pertama sampai Minggu ke 12.
  • Trimester 2 (Kedua) terjadi di usia kandungan dimulai dari minggu 13 sampai Minggu ke 28 kehamilan.
  • Trimester 3 (Ketiga) terjadi pada Usia kandungan  dimulai dari Minggu ke 29 sampai Minggu ke 40.

Tahapan Trimester Kehamilan

Tahapan Usia Kehamilan Trimester 1, 2, dan 3
Usia Kehamilan Trimester 1 2 3

Setiap tahapan merupakan masa yang istimewa, oleh karena itu setiap ibu harus menjaga agar kondisi emosinya stabil walaupun terjadi perubahan hormon dan perubahan lain pada tubuhnya. Masa kehamilan dibagi ke dalam 3 trimester. Tiga fase pembagian trimester kehamilan ini memiliki perkembangan emosi dan fisik yang unik dan berbeda.

TRIMESTER PERTAMA (1-3 BULAN)

Fase awal kehamilan atau masa trimester pertama merupakan saat yang rawan bagi perkembangan janin, karena biasanya banyak wanita tidak menduga kalau dirinya sedang hamil. Kehamilan baru diketahui ketika usia janin sudah menginjak waktu lebih dari satu bulan.

Pada tahap awal ini, kondisi tubuh Anda mengalami banyak perubahan, ini terutama terjadi perubahan hormonal. Perubahan hormonal mempengaruhi pada semua sistem organ di dalam tubuh. Pedoman utamanya yaitu saat Anda berhenti haid, serta memastikan bahwa Anda memang benar-benar hamil.

Baca Juga : Perkembangan Janin Pada Trimester 1 Kehamilan

Perubahan lain yang akan Anda alami selama trimester pertama adalah:

  • Kelelahan yang luar biasa
  • Payudara sakit, bengkak. Puting Anda mungkin juga akan membesar.
  • Perut terasa tidak enak dengan atau tanpa muntah (morning sickness)
  • Suka atau benci pada beberapa jenis makanan tertentu
  • Mood tidak stabil
  • Sembelit (sulit BAB)
  • Sering kencing
  • Sakit kepala
  • Mulas
  • Berat bertambah atau turun

TRIMESTER KEDUA (4-6 BULAN)

Memasuki bulan keempat, perkembangan janin akan memasuki trimester kedua. Janin akan mulai bergerak yaitu pada bulan keempat, tepatnya sekitar minggu ketiga belas. Pada umumnya, wanita yang hamil mengakui bahwa trimester keduanya lebih mudah dijalani daripada pertama mereka.

Mual dan muntah mulai menghilang. Bayi berkembang pesat pada masa ini dan mulai bergerak. Olah raga ringan, menjaga kebersihan dan diet ibu hamil diperlukan di masa ini.

Sebelum tahap kedua berakhir, Anda akan bisa merasakan janin Anda bergerak – gerak. Pada trimester kedua ini Anda akan merasa sakit di badan, pegal – pegal kemudian muncul tanda strech mark pada paha, perut, dada dan pantat.

Kemudian muncul warna yang lebih gelap pada daerah putting dan ketiak Anda, munculnya garis samar dari pusar ke arah kemaluan dalam bentuk bulu halus. Anda juga akan sering mengalami kesemutan, kulit wajah tampak lebih gelap.

TRIMESTER KETIGA (7-9 BULAN)

Pada tahap terakhir ini bisa jadi akan merupakan tahap yang paling menentukan proses persalinan Anda. Sebaiknya, pada tahap ini Anda berada di rumah. Ini dikarenakan perubahan dalam diri Anda saat hamil semakin besar.

Beberapa perubahan baru pada tubuh Anda mungkin akan Anda alami pada trimester ketiga adalah:

  • Sesak nafas
  • Mulas
  • Wasir
  • Sakit dada, mungkin bocor pra-air susu yang disebut kolostrum
  • Pusar Anda akan timbul
  • Susah tidur
  • Bayi “dropping”, atau bergerak lebih rendah dalam perut Anda
  • Kontraksi, yang dapat menjadi tanda nyata atau palsu waktu untuk melahirkan

Saat tubuh Anda semakin membesar dan terjadi pembengkakan, Anda harus tetap mengusahakan ini dalam batas normal. Jika pembengkakan mulai tidak normal atau ekstrim, segera hubungi dokter karena kemungkinan merupakan tanda preeklamsia.

Dan saat tiba di minggu terakhir, leher rahim akan menjadi lebih tipis dan juga lebih lembut. Hal ini merupakan  proses alami yang normal.

Perubahan Hormonal Selama Kehamilan

Perubahan hormonal yang terjadi selama kehamilan meliputi peningkatan konsentrasi hormon seks yaitu estrogen dan progesteron. Progesteron merupakan hormon seks kehamilan yang utama. Kadarnya meningkat sampai bulan kedelapan kehamilan dan menjadi normal kembali setelah melahirkan. Kadar estrogen meningkat secara lambat sampai akhir kehamilan. Pada awal kehamilan, estrogen dan progesteron diproduksi oleh korpus luteum. Kemudian terjadi pergantian fungsi korpus luteum kepada plasenta, yang terjadi pada minggu keenam sampai minggu kedelapan kehamilan, dimana plasenta berperan sebagai organ endokrin yang baru. Pada akhir trimester ketiga, progesteron dan estrogen mencapai level puncaknya yaitu 100 ng/ml dan 6 ng/ml, yang merupakan 10 dan 30 kali lebih tinggi dari konsentrasinya pada saat menstruasi.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top