Health

Tahukah Kamu, Menangis juga memiliki Manfaat lho!

Menangis juga memiliki Manfaat lho!

Setiap orang pasti berfikir bahwa menangis adalah sebuah ungkapan atau pelampiasan atas kesedihan. Tidak jarang juga, seseorang akan menangis jika merasa bahagia atau terharu ketika melihat suatu keadaan yang menyentuh hatinya. Sekali lagi, menangis bukan sekedar ungkapan kesedihan atau putus asa. Menangis bisa dilakukan oleh siapa saja baik lelaki maupun perempuan, dan hal itu adalah suatu anugerah yang diturunkan sejak kita bayi.

Hal itu merupakan refleksi atas ketidaksanggupan kita dalam menghadapi suatu hal, dengan demikian kita akan sadar bahwa di dalam hidup ini ada suatu perasaan yang dianugerahkan oleh –Nya. Terlepas dari latar belakang seseorang menangis, ada beberapa manfaat akan air mata yang keluar tersebut. Adapun manfaat  yaitu;

• Membuat Perasaan Lega
Terkadang orang lain akan menilai kita seorang yang lemah jika menghadapi masalah dengan menangis. Akan tetapi, secara tidak sadar  mampu melegakan perasaan. Memberi kita waktu sejenak untuk meluapkan emosi, dan seseorang lebih bisa berpikir jernih. Pada faktanya, setelah menangis system limbik, otak dan jantung akan menjadi lancar, hal itulah yang membuat perasaan seseorang menjadi lebih baik.

• Meningkatkan Mood
Menangis bisa mengurangi depresi seseorang sehingga moodnya akan membaik. Air mata yang dihasilkan dari sebuah tangisan mengandung 24 % proses protein albumin dan kandungan tersebut berfungsi dalam meregulasi system metabolism tubuh.

• Membantu mengeluarkan Racun
Air mata yang kita keluarkan ketika menangis mengandung racun. Racun yang keluar bersama air mata tersebut merupakan racun yang ada di dalam tubuh kita. Hal tersebut diungkapkan oleh ahli biokimia yang bernama William Frey.

• Meredakan Stress
Air mata emosi yang dikeluarkan seseorang melepaskan lebih banyak hormone adrenokortikotropik. Hormon tersebut dapat mengurangi produksi hormone stress yang disebut kortisol. Selain itu, air mata juga membantu melawan pemyakit-penyakit akibat dari stress salah satunya yaitu tekanan darah tinggi.

• Membantu membunuh Bakteri
Air mata mengandung cairan yang disebut lisozom yang berfungsi membunuh bakteri hingga 90-95%. Bakteri yang berasal dari kegiatan sehari-hari yaitu menatap layar computer/ laptop, bersih-bersih di tempat tertentu, bersin, dsb.

• Menghalangi sifat agresif
Orang yang amarahnya memuncak akan memicu sikap agresif yang berlebihan. Dengan menagis, akan mengurangi sikap agresif `Seorang ilmuwan yang berasal dari Universitas Tel Avis, Israel, Oren Hasson juga mengungkapkan bahwa seseorang yang menangis sebenarnya ia sedang menurunkan system pertahanan diri dan memberikan symbol bahwa dirinya menyerah.

• Membantu Penglihatan
Air mata yang keluar akan membantu mencegah dehidrasi pada membram mata. Karena jika meta mengalami dehidrasi penglihatan akan menjadi kabur.

Hal di atas tersebut bisa kita ketahui sebagai manfaat. Menangis bukan melulu soal ungkapan perasaan sedih, so, jangan ragu untuk menangis jika hal tersebut juga memberikan manfaat. Perasaan yang lega dan mood yang membaik akan membuat tampilan kita lebih segar, sehat dan cantik. Akan tetapi, hindari secara berlebihan. Karena suatu hal yang berlebihan memberikan dampak yang tidak baik.

1 Comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top