Tanda-Tanda Menstruasi Pada Wanita

Remaja perempuan yang baru mengawali menstruasinya mungkin hanya mengetahui bahwa menstruasi itu datang saat cairan kemerahan keluar dari alat kemaluan. Menstruasi kadang datang sesuai dengan tanggal yang diperkirakan, kadang lebih cepat, kadang melewati tanggal yang sudah diperkirakan.

Kalau sudah begitu, kalau tidak mengenali tanda-tanda menjelang menstruasi, kalian tidak bisa mempersiapkan diri kalian. Dan saat menstruasi datang sedangkan kalian tidak ada persiapan, seperti persiapan pembalut, waahhh, bisa merepotkan bukan?.

Ada beberapa tanda menjelang menstruasi yang umum terjadi pada remaja perempuan agar kalian dapat mempersiapkan diri kalian.

  1. Merasa lemas, tidak fit, dan mudah lelah
  2. Sakit kepala atau pusing
  3. Nyeri atau bengkak pada bagian payudaraPerubahan selera makan
  4. Beberapa remaja perempuan ada yang kehilangan nafsu makan saat mendekati menstruasi. Namun, ada juga yang nafsu makannya malah meningkat menjelang menstruasiEmosi tidak stabil.
  5. Menjelang menstruasi, emosi remaja perempuan biasanya tidak stabil. Mereka mudah marah, mudah tersinggung, menangis tanpa alasan, dan sangat sensitif.
  6. Nyeri saat buang air kecil
  7. Sakit pada sendi dan otot
  8. Badan, kaki, dan pinggul terasa pegal
  9. Perut bisa merasa kembung, mulas, mual, dan panas
  10. Sulit tidur

Tanda-tanda menjelang menstruasi tadi terjadi karena ada perubahan hormon dalam tubuh remaja perempuan. Reaksi tubuh tiap remaja perempuan pada perubahan hormon tentu berbeda-beda. Jadi, tanda-tanda yang muncul juga berbeda-beda pada setiap remaja perempuan. Ada yang emosinya tidak stabil, tapi ada juga yang malah sangat bersemangat dan aktif menjelang menstruasi.

Tanda-tanda yang mengawali menstruasi tadi, oleh para ahli disebut sebagai PMS (pre menstrual syndrome) atau sindrom sebelum menstruasi.

Selain mengetahui tanda-tanda menjelang menstruasi tadi, kalian tentu tahu bahwa siklus menstruasi biasanya 28 hari. Jadi, kalian sudah bisa memperhitungkan tanggal menstruasi kalian tiap bulannya sambil mengamati tanda-tanda yang muncul. Bila tanda-tanda di atas muncul jauh sebelum hari menstruasi, kalian perlu waspada. Bisa saja itu bukan tanda menstruasi.

This website uses cookies.