Health

Telapak Tangan Sering Berkeringat Tanda Jantung Lemah, Benarkah?

Telapak Tangan Sering Berkeringat Tanda Jantung Lemah

Banyak orang yang menghubungkan telapak tangan sering berkeringat dengan adanya gangguan jantung, benarkah begitu? Tangan berkeringat mungkin wajar jika kita menghadapi seseorang atau peristiwa yang membuat kita gugup. Namun jika pada telapak tangan muncul keringat berlebihan tanpa sebab, kondisi ini tidak wajar.

Secara medis, ada dua kelainan yang menyebabkan muncul keringat di telapak tangan (palm sweating) dan di telapak kaki (plantar sweating). Apa saja kelainan itu?

1. Hipertiroidism

Hipertiroidism adalah suatu kondisi tubuh dimana produksi hormon tiroid cenderung berlebihan. Hormon tiroid diproduksi oleh kelenjar tiroid atau kelenjar gondok yang terdapat di bagian leher kita, bagi pria adalah di dekat jakun.

Gejala gangguan hipertiroid dapat dideteksi dari munculnya keringat yang berlebihan, di bagian telapak tangan dan lengan. Selain itu, badan penderita menjadi semakin kurus, berat badan turun, gelisah, gemetaran, berdebar-debar, tidur tidak nyenyak, otot lengan atas dan paha terasa melemah.

Ketika kamu mengalami gejala-gejala seperti itu, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter. Biasanya dokter memeriksa bagian lehermu kemudian menyarankan pemeriksaan darah untuk mengukur kadar hormon tiroid yang ada. Tapi jangan terlalu kuatir, karena hipertiroidism dapat diobati.

2. Hiperhidrosis palmar

Muncul keringat berlebihan di telapak tangan atau hiperhidrosis palmar bukanlah tanda jantung lemah. Faktor genetik berpengaruh besar pada gangguan ini. Pengobatan dokter pun bervariasi mulai dari pemberian obat-obatan hingga tindakan operasi yang dilakukan di area sekitar ketiak. Selanjutnya, salah satu dari jaringan syaraf yang berhubungan dengan telapak tangan dipasang klep atau dijepit.

Cara lain untuk menangani hiperhidrosis palmar adalah dengan terapi botox langsung di area telapak tangan. Namun terapi botox tidak permanen, sehingga apabila waktu terapi yang ditentukan habis, pasien dapat kembali ke kondisi awal.

Nah itulah penyebab munculnya keringat berlebihan di telapak tangan. Jadi sekarang tak perlu khawatir adanya hubungan antara keringat di telapak tangan dengan jantung lemah. Karena jantung lemah sendiri memiliki tanda-tanda jelas seperti sesak pada pernafasan, detak jantung tak teratur, nafsu makan menurun, mudah lelah dan gangguan memori.

Tetapi kalau kamu mengalami gejala-gejala lain yang mengarah pada sakit jantung, sebaiknya memang segera memeriksakan dirimu ke dokter ahli.

Tips mengatasi keringat di telapak tangan

Jika kamu sering mengalami kondisi seperti itu, cara termudah untuk mengatasinya yaitu dengan menggunakan bedak bayi yang diratakan di telapak tangan dan dipakai setiap kali habis mencuci tangan. Keringat pada telapak tangan juga akan semakin parah pada kondisi tertentu, jadi sebisa mungkin bagi kamu yang mengalami gangguan ini hindari kopi, minuman karbonat dan teh kental.

Semoga bermanfaat!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top