Health

Telur Cokelat Kinder Surprise Terkontaminasi Salmonella, Waspadai Gejalanya!

Telur Cokelat Kinder Surprise Terkontaminasi Salmonella, Waspadai Gejalanya!

Camilan manis berbentuk telur cokelat, Kinder Surprise, ditarik peredarannya dari beberapa supermarket di Inggris. Kudapan itu diduga terkontaminasi bakteri salmonella yang bisa mengakibatkan gangguan pencernaan.

Di Indonesia, Kinder Surprise memiliki nama dagang Kinder Joy, camilan cokelat ini disimpan dalam kemasan berbentuk cangkang telur.

“Kami secara sukarela menarik sejumlah batch Kinder Surprise sebagai langkah pencegahan, karena kami telah mengetahui kemungkinan adanya hubungan dari sejumlah kasus salmonella yang dilaporkan,” rilis resmi perusahaan seperti dikutip dari Reuters, Selasa (5/4/2022).

Lihat Juga: Menangani Demam Tifoid “Typhus Abdominalis”

Mengutip situs Hello Sehat, bakteri salmonella merupakan salah satu penyebab diare yang paling umum. Manusia bisa terkontaminasi bakteri itu melalui air maupun makanan yang dikonsumsi.

Umumnya, pasien dengan infeksi ringan bisa sembuh dalam waktu empat hingga tujuh hari tanpa pengobatan khusus. Bahkan ada pula yang tak menunjukkan gejala apapun.

Dalam sejumlah kasus, diare yang diakibatkan oleh bakteri salmonella juga dapat mengakibatkan dehidrasi.

Gejala paling sering yang dirasakan oleh pasien yang terinfeksi salmonella yaitu diare dengan intensitas ringan atau parah.

Gejala terinfeksi salmonella lainnya adalah:

  • Mual dan muntah
  • Kram perut
  • Demam
  • Panas dingin
  • Sakit kepala
  • Feses berdarah

Apabila pasien mengalami diare disertai demam lebih dari 38 dan tidak juga membaik setelah tiga hari, muntah berkepanjangan dan serta BAB berdarah, segeralah minta bantuan medis.

7 Negara Tarik Peredaran Kinder Surprise

Perusahaan makanan dari Italia, Ferrero, menyampaikan pada Selasa (5/4/2022), bahwa mereka sudah menarik telur cokelat Kinder Surprise dari tujuh negara Eropa. Hal itu dilakukan menyusul kemungkinan terkait dengan puluhan kasus Salmonella, kurang dari dua pekan sebelum Paskah.

Meski tidak ada Kinder Surprise yang diisi mainan maupun produk lain yang terbukti terkontaminasi salmonella, namun Ferrero mengatakan penarikan tersebut dilakukan pihaknya sebagai bentuk pencegahan.

Ini terkait dengan produk dari pabrik Ferrero yang berada di Kota Arlon, Belgia, yang produksinya dijual di Belgia, Belanda, Inggris, Jerman, Perancis dan Swedia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top