Health

Tendinitis, Gejala dan Cara Mengobati Nyeri Siku

Tendinitis, Gejala dan Cara Mengobati Nyeri Siku

Tendinitis adalah radang tendon yang menempel pada tulang siku yang menyebabkan nyeri. Gejala utamanya adalah nyeri di lengan bawah yang memburuk saat coba mengangkat benda, berjabat tangan, atau melakukan gerakan yang menekan tendon yang sakit.

Penyebabnya adalah penggunaan berlebihan pergelangan tangan dan lengan bawah saat olahraga merupakan penyebab umumnya, meskipun radang juga terjadi saat Anda menggunakan obeng atau alat serupa dengan terlalu keras. Tendinitis pemain tennis terjadi di tendon bagian luar siku, dan pada pemain golf di tendon bagian dalam.

Berikut ini, Ini adalah beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengobati nyeri siku, lakukan segera perawatan ini sebisa mungkin.

Cara Mengurangi Nyeri Siku / Tendinitis

  • Istirahatkan lengan dan tangan kapanpun bisa, dan kurangi aktivitas yang memberi tekanan pada tendon.
  • Bubuhkan kantong es ( seperti kantung kacang polong beku atau es, yang dibungkus dengan handuk basah ) di daerah yang mengalami nyeri. Taruh di tempat yang sakit selama 10 menit. Ulangi 2-3 kali sehari untuk 2 hari pertama.
  • Coba gunakan bebat untuk siku, tersedia di apotek, untuk mengurangi nyeri tendinitis.
  • Minum penghilang nyeri, atau oleskan obat gosok yang mengandung Ibuprofen.
  • Saat Anda siap berolahraga kembali, lakukan latihan siku sebelum bermain. Tanyakan dokter atau fisioterapis Anda untuk saran latihan lain untuk menguatkan siku.
Tendinitis, Gejala dan Cara Mengobati Nyeri Siku
Tendon

Teknik Latihan Pemanasan Untuk Mencegah Ketegangan di Siku

  • Rentangkan lengan ke depan, dengan telapak tangan ke bawah. Perlahan kepalkan dan gerakkan pergelangan tangan ke atas dan bawah 10 kali.
  • Julurkan lengan dan tangan di depan Anda. Jaga siku lurus, putar tangan Anda dari telapak tangan ke atas telapak tangan ke bawah 10 kali.

Pengobatan Tendinitis adalah dengan mengistirahatkan otot dan tendon di area siku serta mengompres area yang nyeri dengan kantong es. Jika dibutuhkan, dokter dapat meresepkan paracetamol atau ibuprofen untuk membantu mengurangi nyeri dan pembengkakan otot.

Demikian penjelasan singkat tentang tendinitis, dan beberapa tips, teknik praktis yang dapat dilakukan untuk mengurangi nyeri tendinitis.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top