Health

Tentang Acute Inferior Myocardial Infarction yang Dialami Azyumardi Azra, Apa Itu?

Acute Inferior Myocardial Infarction

Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra tutup usia karena serangan jantung. Serangan ini diakibatkan oleh acute inferior myocardial infarction yang merupakan salah satu kondisi kelainan pada jantung.

Seperti dilaporkan sebelumnya, Azyumardi meninggal dunia di Rumah Sakit Serdang, Selangor, Malaysia, pada Minggu (18/9/2022) siang. Selain mengalami serangan jantung, ia juga dinyatakan positif COVID-19.

“Jadi tertulis dalam surat tersebut penyebabnya ‘acute inferior myocardial infarction,” ungkap Duta Besar RI untuk Malaysia, Hermono, lewat keterangan tertulis

Apa Itu Acute Inferior Myocardial Infarction?

Pada dasarnya, acute inferior myocardial infarction atau yang disebut juga sebagai infark miokard akut adalah istilah medis untuk serangan jantung. Tetapi, pada kasus Azyumardi, serangan jantung yang dialaminya melibatkan sisi dinding inferior jantung.

Menurut NCBI, kondisi tersebut terjadi karena iskemia alias kekurangan aliran darah ke jaringan, organ tubuh atau infark di inferior jantung.

Lihat Juga: 6 Gejala Serangan Jantung Pada Wanita Yang Sering Terjadi

Kondisi medis ini terjadi pada 8,6 juta orang di dunia. Diperkirakan, sekitar 40%-50% kasusnya terjadi pada dinding inferior, seperti yang dialami Azyumardi.

Acute inferior myocardial infarction pada dinding inferior biasanya mempunyai prognosis yang lebih baik dibanding infark miokard lainnya. Dengan tingkat kematiannya hanya 2%-9%.

Tapi, terdapat beberapa faktor yang dapat memicu komplikasi dan menaikkan angka kematian akibat infark miokard jenis ini. Seperti keterlibatan hipotensi, ventrikel kanan dan bradikardia.

Sayangnya, hampir 40% kasus infark miokard jenis ini melibatkan area ventrikel kanan yang membuat hasil lebih buruk.

Faktor Risiko

Kondisi medis ini bisa dialami oleh siapapun. Namun, terdapat sejumlah faktor risiko yang dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terserang acute inferior myocardial infarctioni. Berikut di antaranya:

Lihat Juga: 2 Jenis Minyak Sehat, Baik Bagi Jantung hingga Bisa Bikin Umur Panjang Loh!

  • Usia lanjut
  • Keluarga dengan riwayat infark miokard
  • Mengidap tekanan darah tinggi
  • Mengidap kelebihan kolesterol
  • Mengidap diabetes
  • Memiliki berat badan berlebih
  • Sering mengonsumsi makanan berlemak dan kalori
  • Merokok
  • Kurang aktivitas fisik

Itulah beberapa informasi terkait acute inferior myocardial infarction yang dialami oleh Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra sebelum meninggal dunia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top