Health

Tentang Fase Manik Bipolar yang Disebut Dialami Marshanda Sebelum Hilang dan Ditemukan

Fase Manik Bipolar

Sebelum dikabarkan menghilang di Los Angeles, Amerika Serikat, Marshanda disebut tengah mengalami fase manik bipolar. Kini ia sudah ditemukan dan telah dikonfirmasi oleh pihak keluarga. Terkait kabar tersebut, sang adik, Alyssa, mengatakan bahwa kondisi sang kakak baik-baik saja dan sebetulnya tidak menghilang.

“Pernyataan klarifikasi, terkait dengan adanya pemberitaan soal hilangnya anak/kakak/keluarga kami, Marshanda yang hilang di Amerika Serikat, yang beredar di media sosial pada hari ini, Senin, 27 Juni 2022. Kami selaku keluarga ingin mengklarifikasi dan menginformasikan bahwa saat ini Marshanda baik-baik saja dan tidak menghilang,” tulis Alyssa, di Instagram Stories miliknya.

Lihat Juga: Marshanda Dikabarkan Sempat Hilang di AS, Keluarga Minta Segera Dipulangkan ke RI

Tentang Fase Manik Bipolar

Gangguan bipolar (bipolar disorder) atau yang disebut juga dengan ‘manik-depresi’adalah kondisi kesehatan mental yang mengakibatkan perubahan suasana hati ekstrem. Ini mencakup emosi yang rendah (depresi) dan tertinggi (mania/hipomania).

Saat mengalami depresi, seseorang dapat merasa putus asa, sedih dan kehilangan kesenangan yang bisa menganggu aktivitas. Begitu juga, jika emosinya sedang tinggi, pengidap biasanya mudah tersinggung dan merasa penuh energi. Perubahan suasana hati ini dapat mempengaruhi perilaku, tidur, aktivitas dan kemampuan berpikir jernih.

Lihat Juga: Mood Swing Bukan Bipolar, Ketahui Beda dan Cara Mengatasinya

Terdapat dua fase dalam gangguan bipolar, yakni fase mania alias manik dan fase depresi. Pada fase manik bipolar, pengidap tampak lebih bersemangat, enerjik dan berbicara lebih cepat. Sementara pada fase depresi, pengidapnya terlihat lesu, sedih dan kehilangan minat terhadap aktivitasnya.

Meski begitu, pengidap bipolar tidak selalau dalam kondisi fase manik atau depresif. Dalam periode tertu dengan bantuan terapi atau pengobatan, mereka juga memiliki fase normal.Gejala dan ciri-ciri fase manik bipolar yaitu:

  • Merasa sangat gembira atau senang
  • Berbicara cepat
  • Merasa penih energi
  • Merasa dirinya penting
  • Merasa memiliki ide-ide baru yang hebat
  • Mudang terganggu
  • Gelisah dan mudah tersinggung
  • Memiliki pemikiran yang tidak logis, delusi dan halusinasi
  • Merasa tidak ingin tidur
  • Tidak makan

Apakah Bisa Sembuh?

Lihat Juga: Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini 4 Jenis Gangguan Mental Yang Harus Dikenali

Hingga kini, bipolar belum dapat disembuhkan secara total. Tetapi, gejalanya masih bisa dikontrol. Terapi bagi pasien bipolar yakni kombinasi dari obat-obatan dan terapi perilaku. Penting bagi mereka untuk disiplin dalam terapinya agar dapat mengelola gejala dan mencegah fase serius, termasuk fase manik bipolar.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top