Health

Tips Aman Menggunakan Toilet Umum

Tips Aman Menggunakan Toilet Umum

Aktivitas di luar rumah hampir setiap hari yang kamu lakukan setidaknya mengharuskanmu menggunakan toilet umum sewaktu-waktu. Misalnya toilet di mall, toilet di kantor, toilet di terminal dan di tempat-tempat lain. Meski tampaknya bersih, ternyata toilet umum penuh dengan bakteri penyebab penyakit lho!

Kita tak pernah bisa membatasi siapa saja yang menggunakan toilet umum. Ada yang memang suka menjaga kebersihan, ada pula yang mengabaikannya. Beberapa contoh kuman yang sering ditemukan di toilet umum adalah E.Coli, Salmonella, Streptococcus dan beberapa kuman lain yang tak sengaja terkena tubuh kita karena bersentuhan dengan benda-benda dalam toilet umum.

Nah, untuk menghindarinya, ada beberapa cara agar kamu tetap aman menggunakan toilet umum. Yuk, simak tips berikut ini :

1. Jangan letakkan barang sembarangan

Seringkali karena tergesa-gesa, kamu pun meletakkan barang sembarangan di dalam toilet. Padahal itu adalah salah satu penyebab berpindahnya kuman dari lantai ke barang-barangmu. Untuk amannya, lebih baik gantung tas pada tempat gantungan, dan taruh barang-barang ke dalam tasmu itu.

2. Flush dulu sebelum dipakai

Biasanya karena toilet terlihat bersih, kamu akan langsung menggunakan tanpa meragukannya lagi. Padahal kita tahu bahwa urine atau kotoran dalam skala kecil pun adalah sarang kuman dan bakteri. Lebih baik flush dulu toilet dalam keadaan tertutup sebelum digunakan. Ini untuk menghindari sisa-sisa kotoran dari pemakaian sebelumnya.

3. Lap dudukan dengan tisu

Tips selanjutnya untuk tetap aman menggunakan toilet umum adalah lap dudukan dulu dengan tisu sebelum dipakai. Ini diutamakan bagi kamu yang menggunakan kloset duduk di toilet umum. Tisu akan membantu membersihkan sisa kotoran dan air yang mungkin masih menempel disana.

4. Gunakan pelapis dudukan

Hindari menggunakan kloset duduk tanpa pelapis dudukan. Selain itu, lapisi pelapis dudukan dengan tisu sebelum kamu gunakan. Ini dimaksudkan agar tubuhmu tidak terkontak langsung dengan dudukan kloset yang ada.

5. Hindari kontak dengan benda yang tak perlu

Jika tidak terlalu penting atau tidak harus digunakan, hindari kontak dengan benda-benda yang ada dalam toilet agar kuman dan bakteri tidak berpindah ke telapak tanganmu.

6. Tekan flush setelah digunakan

Setelah kamu menggunakan toilet, jangan lupa menekan flush untuk membersihkannya lagi. Sebaiknya tekan flush dalam keadaan kloset tertutup untuk menghindari kuman terlontar keluar dari kloset tersebut.

7. Cuci tangan dengan bersih

Tips berikut agar terhindar dari virus dan kuman adalah cuci tanganmu dengan bersih setelah menggunakan toilet. Cara mencuci tangan yang baik adalah 20 – 30 detik menggunakan sabun antiseptik di bawah air mengalir. Sebaiknya selalu bawa cairan pencuci tangan tanpa bilas di dalam tas, untuk berjaga-jaga seandainya tidak disediakan sabun antiseptik di dalam toilet.

8. Keringkan tangan dengan tisu

Setelah tangan dicuci dengan sabun antiseptik hingga bersih, keringkan tangan menggunakan tisu. Hindari menggunakan lap gantung yang disediakan di dalam toilet, agar kuman tidak berpindah ke tanganmu.

Itulah beberapa tips agar kamu tetap aman menggunakan toilet umum. Memang terkesan merepotkan, tapi setidaknya kesehatan jauh lebih berharga daripada waktu singkatmu di dalam toilet, bukan?

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top