Health

Tips Memiliki Rumah yang Sehat untuk Keluarga Sehat

Rumah yang sehat adalah awal dari keluarga yang sehat. Oleh karena itu pastikan rumah Anda harus selalu dalam keadaan bersih. Namun ketika Anda merasa sudah sangat berusaha keras untuk membersihkan rumah tapi tetap saja keluarga Anda sering sakit, mungkin ada yang salah dengan cara Anda membersihkan rumah dimana terdapat beberapa bagian rumah yang walaupun terlihat sepele tapi sangat berpengaruh penting untuk kesehatan keluarga Anda. Berikut adalah 12 poin penting yang harus paling Anda perhatikan ketika membersihkan rumah.

  1. Membersihkan Debu di Lemari dan Rak

Ketika membersihkan rumah yang menjadi fokus utama hanya menyapu lantai dan mengepel lanti. Sekarang sisihkan waktu Anda untuk membersihkan debu-debu yang menempel di lemari dan rak-rak setidaknya satu minggu sekali.

  1. Gosok Bath Tubs Sampai Bersih

Jika Anda tidak menggunakan bath tubs, pasti setidaknya Anda menggunakan bak mandi untuk menampung air. Pastikan untuk menggosok bath tubs atau bak mandi Anda setidaknya seminggu sekali sampai bersih untuk menghindari lumut-lumut yang menempel yang nantinya dapat mengkontaminasi air mandi Anda dan keluarga.

  1. Gosok Toilet Setiap Hari

Toilet adalah sarang kuman jadi pastikan bahwa toilet selalu dalam keadaan bersih setiap saat. Oleh karena itu sangat disarankan untuk menggosok toilet setiap hari sampai benar-benar bersih.

  1. Membersihkan Kompor Secara Rutin

Kompor adalah alat yang paling sering digunakan dan paling sering bersentuhan dengan makanan yang Anda sajikan untuk keluarga. Kerak akibat tetesan minyak dan tumpahan makanan juga dapat menjadi sarang kuman jadi pastikan kompor harus selalu bersih.

  1. Mencuci Seprai dan Sarung Bantal Guling Sekali Seminggu

Sangat penting untuk mengganti seprai dan serung bantal dan guling secara reguler setidaknya satu minggu sekali. Kemudian sperai yang sudah dipakai harus segeran dicuci, disetrika dan disimpan.

  1. Selalu Cuci dan Setrika Pakaian Sebelum Dikenakan

Sebaiknya menggunakan pakaian satu kali saja, setelah dikenakan harus segera dicuci dan kemudian disetrika. Menyetrika pakaian membantu membunuh kuman dan bakteri yang menempel di kain agar keluarga terhindar dari penyakit.

 

  1. Cucilah Peralatan Makan dan Memasak Sampai Benar-benar Bersih

Kebiasaan menumpuk piring dan peralatan masak kotor sangatlah tidak baik untuk kesehatan. Setelah digunakan segeralah mencuci peralatan makan dan memasak untuk kemudian dikeringkan.

  1. Membersihkan Sofa Secara Rutin

Berapa kali Anda membersihkan sofa atau kursi di rumah Anda? Mungkin malah tidak pernah sama sekali. Karena sering digunakan, jangan heran jika Anda menemukan berbagai macam jenis sampah di sofa, mulai dari debu, remah-remah makanan, mainan kecil-kecil yang tersembunyi dan masih banyak lagi.

  1. Bersihkan Langit-langit Rumah

Debu juga sangat senang menempel di rumah dan kalau tidak segera dibersihkan maka akan membentuk sarang laba-laba tempat banyak kuman bersarang.

  1. Selalu Meletakkan Barang-barang di Tempatnya

Kebiasaan meletakkan barang-barang pada tempatnya harus diterapkan oleh seluruh keluarga karena selain membuat rumah lebih rapi, mudah dibersihkan, ketika membutuhkan barang tertentu Anda tahu dimana harus mencarinya.

  1. Mencuci Tempat Sampah

Tempat sampah juga merupakan sarang kuman penyakit tapi orang kadang tidak menyadari bahwa mencuci tempat sampah secara rutin setelah digunakan berhari-hari dan dihinggapi banyak kuman dari sampah-sampah rumah tangga yang Anda buang.

  1. Gunakan Pengharum Ruangan di Seluruh Rumah

Penggunaan pengharum ruangan akan membuat rumah Anda wangi dan segar serta membuat para penghuninya nyaman.

Kesimpulannya, tak perduli seberapa besar atau seberapa kecil rumah Anda, asalkan selalu dalam keadaan bersih, rapi dan sehat maka rumah tersebut akan menjadi tempat yang nyaman untuk Anda dan keluarga menghabiskan waktu bersama. Karena rumah yang sehat adalah awal keluarga yang selalu sehat dan bahagia.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top