Health

Tips Menjaga Berat Badan ala Masyarakat Jepang

Aneka makanan

Mayoritas orang Jepang berpostur tubuh mungil yang membuat mereka terlihat super gesit. Namun tahukan Anda bahwa rahasia masyarakat orang Jepang dalam menjaga berat badan mereka agar tetap stabil dan ideal ternyata tidak hanya berasal dari keinginan pribadi tapi sudah menjadi bagian dari kehidupan mereka sehari-hari, selain itu yang uniknya lagi, masyarakat sekitar juga memiliki kontribusi lebih tentang bagaimana seseorang harus menjaga berat badan mereka. Bagaimana bisa? Tips menjaga berat badan ala masyarakat Jepang berikut mungkin bisa membuka mata Anda bahwa kebiasan baik ternyata dapat bertahan turun temurun dan menjadi bagian dari kehidupan masyarakat luas.

Porsi Makanan

Ketika berbicara soal porsi makanan terdapat dua prinsip yang selalu di anut oleh masyarakat Jepang yaitu kualitas dan kesenangan. Jadi letak kesenangan dalam menikmati makanan bukan terletak pada kuantitas tapi pada kualitas. Oleh karena itu tidak heran masyarakat Jepang cenderung mengkonsumsi makanan dalam porsi yang relatif lebih sedikit dari masyarakat negara lain.

Snack Sehat

Masyarakat Jepang jarang ‘ngemil’ dan kalaupun mereka ingin menikmati cemilan, mereka hanya memiliki jenis cemilan sehat seperti ikan kering, rumput laut kering, onigiri dan kue beras. Semuanya sehat dan terbuat dari bahan-bahan alami.

Snack Sehat

Makanan Manis

Orang Jepang cenderung menghindari makanan, kue-kue atau cemilan manis. Kalaupun ada rasa manis tersebut tidak berasal dari gula tapi justru merupakan rasa asli makanan tertentu seperti olahan cemilan dari kacang merah. Walaupun manis tapi tetap sehat.

Mengkonsumsi Aneka Makanan

Ketika berbicara soal jenis makanan, orang Jepang tidak mengenal yang namanya pantangan. Mereka mengkonsumsi hampir semua jenis makanan. Jadi jangan heran kalau dalam sekali makan, menu yang disajikan di atas meja bermacam-macam walaupun tidak tersedia dalam porsi besar.

Aneka makanan

Aneka makanan

Hara Hachi Bu

Hara Hachi Bu adalah prinsi dasar yang dianut oleh setiap orang Jepang yang artinya ‘makanlah sampai merasa puas’. Tapi jangan disalah artikan karena arti kata ‘puas’ disini berbeda dengan ‘kenyang’. Dengan kata lain, makanlah hanya sampai perut terisi 80% tidak lebih dari itu.

Kebiasaan Minum Teh

Tahukan kamu kebanyakan restoran di Jepang tidak memiliki menu untuk pilihan minuman. Sebagai gantinya mereka hanya menyediakan air putih atau air mineral kemasan serta teh tanpa gula yang biasanya mareka tawarkan kepada pelanggan secara gratis. Kebiasaan ini juga menjadi kebiasaan sehari-hari masyarakat Jepang di rumah mereka.

Gym dan Fitness Kurang Populer di Jepang

Kebanyakan masyarakat modern saat ini menyisahkan waktu khusus untuk pergi ke gym atau fitness namun tidak orang Jepang. Lalu apakah orang Jepang tidak berolah raga? Well, mereka berolah raga di hampir setiap kegiatan mereka sehari-hari seperti menghindari mobil dan lebih memilih berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk melakukan kegiatan mereka sehari-hari. Selain itu kebiasaan orang Jepang yang suka mengkonsumsi makan segar jadi mereka memilih untuk berjalan ke pasar setiap hari untuk berbelanja dan bukannya berbelanja setiap minggu atau sebulan sekali seperti kebanyakan orang.

Jalan Kaki

Jalan Kaki

Tekanan Sosial

Tak hanya dari diri sendiri, masyarakat luas juga memiliki caranya sendiri untuk menyebarkan budaya hidup sehat. Di Jepang sangat sulit menemukan pakaian berukuran besar sehingga solusinya dari pada mengimpor pakaian dari luar lebih baik menjaga berat badan tetap ideal. Selain itu orang Jepang juga tidak segan-segan untuk mengatakan bahwa seseorang memiliki berat badan yang berlebihan.

Jadi orang Jepang bukannya tidak berusaha tapi kunci dari tips menjaga berat badan ala masyarakat Jepang adalah tradisi yang sudah dilakukan dari generasi ke generasi.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top