Health

Tips Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab

Tips Merawat Rambut untuk Wanita Berhijab

Setiap wanita pastilah mendambakan rambut yang sehat dan terawat. Perawatan rambut yang rutin perlu dilakukan, terlebih untuk wanita yang berhijab. Karena lebih sering tertutup, kulit kepala dan rambut menjadi lembab yang bisa memicu kerusakan rambut seperti rontok, ketombean maupun rambut bercabang. Akan tetapi, jangan khawatir. Anda bisa melakukan hal-hal berikut untuk mencegah ataupun merawat rambut yang sering tertutup jilbab.

  • Menyisir Rambut Sebelum memakai Hijab

Sebelum memakai hijab, alangkah baiknya Anda menyisir rambut dengan rapi. Tetap menjaga kerapian rambut akan mengurangi masalah rambut seperti kusut dan kerontokan. Bukan hanya ketika akan memakai hijab, melainkan setelah melepasnya pun dianjurkan untuk menyisir rambut.

  • Keramas dengan Rutin

Rambut yang tertutup hijab akan cepat lepek karena kulit kepala yang lembab. Anda bisa mengatasi hal tersebut dengan keramas secara rutin. Gunakan Conditioner agar rambut lebih sehat dan lembut.

  • Menggunakan Tali Rambut yang Longgar

Hindari mengikat rambut dengan tali yang kencang. Selain bisa berdampak rambut akan lepek, hal tersebut juga membuat Anda cepat pusing. Pilih tali yang longgar, untuk menjaga kesehatan rambut dan kenyamanan Anda ketika beraktivitas.

  • Hindari Rambut Basah ketika Berhijab

Usahakan ketika akan memakai hijab rambut Anda dalam keadaan kering. Karena jika mengenakan hijab dengan keadaan rambut yang basah, akan menimbulkan masalah rambut yaitu ketombe dan menimbulkan bakteri yang membuat rambut Anda bau.

  • Pilih Bahan Hijab yang Mampu Menyerap Keringat

Perhatikan juga bahan hijab yang Anda kenakan. Bahan hijab juga dapat mempengaruhi kesehatan rambut. Gunakan bahan hijab yang mudah menyerap keringat dan bahan yang halus atau lembut untuk menghindari gesekan yang menyebabkan kerontokan pada rambut. Bahan-bahan yang dingin dan nyaman seperti; rayon, sifon, katun, sutra, kaos, voile.

  • Gunakan Vitamin Rambut

Selain keramas dengan rutin, Anda bisa menggunakan vitamin rambut untuk menambahkan nutrisi pada rambut agar tetap sehat. Pilih vitamin rambut yang tepat dan sesuai dengan kondisi rambut.

  • Lepaskan Tali Rambut

Anda perlu mengistirahatkan rambut dengan melepas tali rambut. Ketika tidak berhijab atau ketika tidur, mengurai rambut dapat menyegarkan kembali rambut Anda. Hal tersebut juga bermanfaat untuk mengurangi kerontokan dan ketombe pada rambut.

  • Berhijab dengan Model yang Simple

Di era ini banyak sekali tutorial hijab yang gencar di sosial media. Sebernarnya berhijab bukanlah style, akan tetapi banyak yang menggunakan hijab untuk mengikuti trend. Memakai hijab yang ribet dan melilitkan kain terlalu banyak akan mengurangi ruang buat rambut Anda sehingga rambut Anda mudah lepek dan berketombe. Sebaiknya pakailah hijab yang simple dan nyaman sesuai dengan kebutuhan.

Meskipun Anda berhijab, bukan berarti Anda tidak bisa memiliki rambut sehat dan indah. Cobalah tips-tips di atas dalam merawat rambut yang berhijab. Satu lagi, gunakanlah jari untuk menyisir rambut yang masih basah. Selamat mencoba girls!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top