Health

Tips Simple Melancarkan ASI

Bagi ibu rumah tangga yang menyusui bayi, kelancaran asi sangat penting untuk memenuhi kebutuhan bayi. Asi eksklusif tanpa pendamping ASI disarankan diberikan sampai dengan usia bayi menginjak usia enam bulan. Tetapi tidak sedikit ibu yang kecewa karena ternyata ASI tidak selancar seperti yang diharapkan.

Untuk mengatasi kurang lancarnya ASI sebenarnya dapat diatasi dengan cara yang sederhana dan tidak memerlukan biaya mahal.

Berikut adalah tips yang dapat dilakukan ibu agar ASI tetap lancar, sehingga kebutuhan bagi bayi dapat terus terpenuhi :

  • Perbanyaklah makan sayur sayuran hijau, seperti daun pepaya, bayam, dan kacang-kacangan. Daun katuk juga dipercaya dapat memperlancar ASI, bahkan saat ini sudah banyak tersedia tablet ekstrak daun katuk untuk mempermudah dalam mengkonsumsinya.
  • Minum susu untuk ibu menyusui, karena ibu menyusui memerlukan kalsium yang terkadung dalam susu untuk memproduksi ASI.
  • Jika ibu sering menyusi bayi, maka akan merangsang keluarnya ASI. Untuk itu sampai bayi berusia 6 bulan sebaiknya terus berikan ASI.
  • Perbanyaklah minum air putih selama menyusui. Banyak minum air putih cukup membantu untuk memperbanyak ASI.

Jika anda memiliki pengalaman lain untuk Melancarkan ASI, sampaikan untuk disharing dengan teman-teman yang lain. Semoga bermanfaat.

Loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top