Health

8 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat Saat Travelling

Hal yang paling menyebalkan yang dapat terjadi saat travelling adalah jatuh sakit. Penyebabnya bisa apa saja, mulai dari kepala pusing karena kurang tidur akibat jet lag, sakit perut karena perut tidak cocok dengan makanan aneh yang Anda konsumsi di negara asing, bahkan sakit pinggang atau kaki bengkak akibat terlalu lama duduk di pesawat dapat mengganggu rencana perjalanan yang sudah Anda susun dengan baik. Beberapa tips agar tetap sehat saat travelling berikut mungkin berguna bagi Anda, terutama bagi Anda yang punya rencana untuk bepergian jauh dalam waktu dekat.

  1. Minum Aspirin Sebelum Naik Pesawat

Tidak banyak orang yang tau bahwa aspirin tidak hanya berfungsi untuk meredakan sakit kepala tapi juga berfungsi mengencerkan darah sehingga sirkulasi darah tetap lancar walaupun harus duduk lama di dalam pesawat. Sehingga ketika tiba di tempat tujuan, risiko kaki keram dan bengkak dapat diturunkan.

  1. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C adalah salah satu komponen penting yang dibutuhkan tubuh untuk menjaga kondisi tetap bugar. Vitamin C juga memberikan perlindungan tambahan selama di negara asing agar tubuh Anda tidak mudah terserang virus terutama ketika Anda berkunjung ke negara asing saat musim dingin.

Vitamin C

  1. Selalu Membawa Probiotic

Saat travelling tentunya tidak lengkap kalau tidak mencicipi aneka makanan yang ditawarkan terutama street food. Namun namanya juga makanan pinggiran pasti kadang kehigienisannya dipertanyakan, jika perut Anda tidak kuat maka sakit perut, muntah-muntah dan diare dapat mengganggu rencana perjalanan Anda, selalu sediakan probiotic untuk mengatasi hal ini.

  1. Bawalah Penutup Telinga dan Penutup Mata

Kedua hal ini sangat penting terutama bagi Anda yang susah tidur ketika berada di tempat asing. Penutup telinga dan penutup mata juga akan membantu Anda tidur lebih nyenyak ketika berada di pesawat. Jadi walaupun di tempat asing Anda tetap bisa tidur dengan nyaman. Cukup tidur adalah kunci utama agar tetap sehat selama travelling.

  1. Cukup Minum

Tubuh yang terhidrasi dengan baik akan memaksimalkan fungsi tubuh yang lain. Oleh karena itu semakin Anda banyak minum maka semakin baik walaupun tentunya frekuensi Anda ke kamar kecil juga akan semakin sering tapi hal ini sepadan dengan apa yang Anda rasakan selama travelling.

Cukup Minum

Cukup Minum

  1. Perbanyaklah Jalan Kaki

Jika memungkinkan bagi Anda untuk berjalan kaki menjelajahi sebuah tempat sebaiknya jalan kaki, jika tidak mungkin barulah Anda bisa menggunakan kendaraan. Jalan kaki tidak hanya membuat tubuh Anda lebih bugar dan jantung Anda sehat tapi juga memberikan keleluasaan pada Anda selama travelling karena Anda tidak terikat pada jadwal angkutan umum dan lebih ekonomis juga tentunya.

  1. Bawalah Selalu Hand-Sanitizer

Di tempat asing, bisa saja segala sesuatunya menjadi asing bagi tubuh Anda. Walaupun Anda sudah tervaksinasi dengan baik tapi siapa yang menyangka virus asing justru dapat membuat Anda jatuh sakit. Oleh karena itu hand-sanitizer dapat membantu meminimalisir situasi seperti ini terjadi.

Hand Sanitizer

Hand Sanitizer

  1. Makan Makanan Sehat

Travelling tidak hanya memberikan Anda kesempatan untuk menjelajah sebuah kota asing tapi juga mencicipi kuliner yang tentunya juga asing di lidah Anda. Walaupun banyak pilihan kuliner tapi sebaiknya tetap pilih jenis makanan yang sehat untuk tubuh Anda, hindari makanan yang berminyak atau mengandung pemanis buatan karena akan membuat tenggorokan Anda tidak nyaman.

Untuk menjaga tubuh tetah sehat saat travelling tidaklah sulit asalnya Anda tahu apa yang harus dilakukan dan apa yang harus dihindari dan delapan tips tetap sehat saat travelling di atas tentunya akan sangat membantu Anda. Namun demikian mendaftarkan diri Anda dalam sebuah asuransi perjalanan juga penting karena Anda tidak akan pernah tahu bahwa penyakit bisa datang kapan saja dan biaya rumah sakit untuk orang asing bisa sangat mahal.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top