Health

Tips Tidur Nyenyak Ala Pengobatan Tradisional Cina

Tidur Sesuai Jadwal

Tidak cukup tidur ternyata dapat berpengaruh buruk pada suasana hati, konsentrasi dan tentunya kesehatan. Pengobatan tradisional Cina ternyata sudah terbukti efektif untuk mengatasi masalah insomnia Anda hanya saja kebanyakan orang masih ragu untuk menerapkannya. Jika sampai detik ini Anda masih bermasalah dengan tidur Anda, mungkin tidak ada ruginya bagi Anda untuk mencoba menerapkan tips ala pengobatan tradisional Cina ini agar Anda dapat tidur nyenyak.

Penyebab Sulit Tidur

Menurut ahli pengobatan tradisional Cina, penyebab utama sulit tidur adalah karena adanya ketidakseimbangan qi atau energi. Hal ini dikarenakan qi bersikulasi di seluruh tubuh dan melewati titik-titik kunci seperti paru-paru, jantung, liver, ginjal, lambung, kantung kemih dan sebagainya. Dalam prinspnya terdapat dua belas titik kunci dimana enam diantaranya adalah yin dan enam sisanya adalah yang. Kedua energi itu harus seimbang jika tidak salah satu akibatnya adalah menjadi sulit tidur karena saat malam hari energi yin akan mengambil alih sehingga tubuh menjadi tenang sementara pada siang hari energi yang-lah yang mendominasi.

Insomnia

Insomnia

Rekomendasi Konsumsi Makanan: Makanlah Lebih Banyak Yin dan Hindari Yang

Lalu apa yang dimaksud dengan makanan Yin dan makanan Yang. Yang erat kaitannya dengan panas, jadi hindarilah makanan-makanan yang mengandung heat atau panas seperti alkohol, kafein, semua yang manis-manis dan makanan pedas adalah beberapa contoh makanan tergolong Yang. Sebagai gantinya lebih banyaklah mengkonsumsi Yin yaitu jenis-jenis makanan berwarna lebih kalem seperti hijau (sayur-sayuran) dan makanan-makanan berwarna pucat seperti tahu. Sementara ikan termasuk dalam jenis makanan yang tergolong netral, jadi boleh dikonsumsi baik siang ataupun malam.

Resep Kunci Bagi Anda Yang Memiliki Masalah Tidur

Para ahli pengobatan tradisional Cina percaya bahwa masalah tidur berasal dari energi pada liver yang tidak seimbang.

  • Chrysanthemum Tea

Mengkonsumi chrysanthemum tea sangatlah direkomendasikan, karena teh ini dianggap berkhasiat untuk mengontrol energi panas (yang) pada liver.

Chrysanthemum Tea

Chrysanthemum Tea

  • Buah Kelengkeng

Selain itu adalah buah kelengkeng juga dianggap mampu meningkatkan sirkulasi pada tubuh, selain itu buah kelengkeng bisa dijadikan snack sehat dan bisa dikonsumsi dalam keadaan segar ataupun sudah dikeringkan.

  • Biji Jujube

Satu lagi yang paling mujarab adalah biji Jujube atau suan zao ren. Biji ini sangat efektif membantu Anda mengatasi masalah insomnia, tak hanya untuk jangka pendek tapi juga jangka panjang.

Tips Tambahan Agar Tidur Anda Lebih Berkualitas

Siapapun ingin memiliki waktu tidur yang berkualitas, karena tidur nyenyak di malam hari akan membuat Anda terbangun dengan fikiran lebih segar dan tubuh lebih bugar di pagi hari. Dengan kata lain, tidur nyenyak merupakan suntikan energi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

  • Pijat Titik Anmian

Anmian bila diartikan adalah “Tidur Nyenyak”. Titik ini terletak di sekitar bagian belakang telinga di bagian bawah tulang tengkorak. Lakukan pemijatan dengan lembut membentuk lingkaran kecil disekitar titik anmian maka Anda akan dapat tidur dengan lebih nyenyak. Sangat efektif dilakukan jika Anda merasa mulai sulit tidur.

  • Merendam Kaki dengan Air Panas

Ternyata cara sederhana ini mampu membuat Anda tidur lebih pulas, karena air panas dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah dengan merendam kaki di air panas, diharapkan darah akan mengalir sampai keujung-ujung kaki. Jadi ubahlah ritual mencuci kaki di malam hari sebelum tidur menjadi merendam kaki dengan air panas agar dapat tidur nyenyak.

  • Tidurlah Sesuai Jadwal

Tidur sesuai jadwal terdengar mudah tapi pengaplikasiannya tidak pernah mudah. Sebenarnya dengan selalu tidur sesuai jadwal yaitu tidur diantara jam 9 – 11 kemudian bangun di pagi hari pada waktu yang sama setiap hari dapat membantu mengatasi insomnia dengan alami karena dengan begitu tubuh terbiasa dengan rutinitas tersebut sehingga masalah sulit tidur tidak akan pernah lagi menghampiri.

Tidur Sesuai Jadwal

Tidur Sesuai Jadwal

Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa mereka sebenarnya mengalami masalah tidur sampai akhirnya tubuh selalu merasa kelelahan dan akhirnya beralih dengan cara-cara instan seperti mengkonsumsi suplemen dan vitamin padahal terdapat banyak sekali cara mudah  dan lebih alami agar bisa tidur nyenyak.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top