Health

Ubi Jalar, Kandungan dan Manfaat Bagi Kesehatan

Berbagai Manfaat Ubi Jalar Bagi Kesehatan

Ubi jalar adalah salah satu makanan pokok  dengan kadar karbohidrat yang tinggi. Bagian yang dimanfaatkan adalah akarnya yang berbentuk umbi. Selain itu daunnya juga bisa dimanfaatkan untuk berbagai olahan makanan.  Berikut macam macam ubi jalar yang perlu anda ketahui.

Ubi Jalar Ungu

Selain sumber karbohidrat dan kalori, ubi jalar ungu juga mengandung protein dan lemak. Terdapat kandungan pigmen warna ungu atau antosianin yang bervariasi pada setiap tanaman ubi jalar. Manfaat ubi jalar ungu adalah sebagai antioksidan yang dapat memperlancar aliran darah dalam tubuh . Selain itu kandungan betakaroten ,vitamin E dan C dalam ubi jalar ungu dapat mencegah penyakit kanker.

Ubi Jalar Kuning

Kandungan Ubi jalar kuning ini berupa karbohidrat dan vitamin A. Menurut penelitian tanaman ubi jalar kuning ini dapat menyembuhkan penyakit mata pada anak balita. Vitamin A dalam ubi jalar kuning sangat berperan dalam proses pertumbuhan, reproduksi, penglihatan, serta pemeliharaan sel-sel epitel pada mata.

Ubi-Jalar-dan-manfaatnya
Ubi Jalar

Ubi jalar merupakan salah satu jenis umbi – umbian yang dijadikan makanan pokok selain nasi. Ubi jalar ini biasanya berwarna ungu dan jika dimasak rasanya manis sekali. Kandungan gizi ubi jalar berupa vitamin C dan E yang baik untuk kecantikan kulit.

Manfaat ubi jalar

Selain itu banyak sekali manfaat ubi jalar bagi kesehatan diantaranya adalah untuk menghambat pertumbuhan kanker payudara. Di dalam ubi terkandung asam retionat, turunan vitamin A yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan berfungsi sebagai antikanker.

  • Melindungi kulit

Ubi jalar mengandung beta karoten yang berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari memperbaiki kerusakan sel akibat paparan sinar UV berlebihan

  • Peradangan

Ubi jalar juga mengandung anti peradangan . Dengan Vitamin C dan magnesium ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan .

  • Keseimbangan cairan

Kalium memainkan peran penting dalam menurunkan tekanan darah dengan cara membersihkan tubuh kelebihan natrium dan mengatur keseimbangan cairan.

  • Diabetes

Ubi jalar sangat efektif dalam meregulasi kadar gula darah dengan membantu sekresi dan fungsi insulin.
Untuk pengidap diabetes dapat mengganti asupan nasi atau karbohidrat dengan ubi jalar . Tetapi harus dengan aturan tertentu

  • Bronchitis

Vitamin C dan zat besi yang terdapat pada ubi jalar membantu menyembuhkan bronchitis

  • Lambung

Vitamin B kompleks, vitamin C, betakaroten, kalium, dan kalsium membuat nyaman lambung dan usus halus. Kandungan vitamin ini dapat mengurangi resiko terjadinya radang lambung .Selain itu ubi jalar juga dapat meredakan nyeri dan rasa sakit pada lambung.

Tidak semua makanan pokok harus dengan berupa nasi. Cobalah dengan alternatif lain yaitu dengan mengkonsumsi ubi jalar.

Kandungan Pada Ubi Jalar

Umbi-umbian yang kerap ditemui di sejumlah wilayah di Indonesia ini banyak memiliki manfaat untuk kesehatan. Dan yang penting bisa membantu Anda dalam mengontrol berat badan Anda.

Karbohidrat

Ubi jalar memiliki kandungan karbohidrat yang rendah dari umbi-umbian lain. Jika satu buah kentang mengandung 26 gram karbohidrat, ubi jalar hanya mengandung 23 gram karbohidrat. Ini menunjukkan bahwa ubi jalar merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Serat

Ubi jalar mengandung serat hamper dua kali lipat dari jenis umbi-umbian lain. Ubi jalar menyumbang 7 gram serat per porsinya. Seratnya yang tinggi membantu lambatnya proses pembakaran kalori. Itu artinya kalori digunakan lebih lambat dan efisien.

Vitamin dan Kalium

Seain bisa menjadi sumber karbohidrat yang baik, ubi jalar merupakan sumber vitamin yang baik, misalnya vitamin A, vitamin C, B6, kalium, riboflavin, tembaga, asam panthothetic dan asam folat. Satu buah ubi jalar memiliki 28 % kalium, lebih banyak dari pada yang diperoleh dari pisang.

Kandungan Air

Jumlah air yang tinggi ditemukan pada ubi jalar. Ini membantu Anda menurunkan berat badan. Layaknya serat, air memakan banyak ruang di perut Anda. Oleh karena itu, makan makanan yang mengandung kadar air yang tinggi membuat Anda merasa cepat kenyang. Ini membantu Anda untuk makan berlebihan dan ngemil di waktu senggang.

Pilih Ubi Jalar yang Tepat

Pilih ubi jalar yang tidak pecah dan memar. Simpan di tempat sejuk dan gelap, berventilasi dan simpan lah ubi jalar itu dengan baik. Ubi jalar akan bertahan kurang lebih 1 hingga 2 minggu. Setelah matang, ubi jalar dapat disimpan di kulkas selama 1 minggu.

Olahan Ubi Jalar

Ubi jalar dapat diolah dalam berbagai hidangan, mulai dari yang gurih atau manis. Ubi jalar sangat pas bila dicampur dengan kayu manis, jeruk, jahe, kelapa dan buah pala. Bisa Anda nikmati sebagai pencuci mulut bersama muffin dan roti, pudding, custard dan casserole.

Baca Juga : Macam Macam Makanan dari Ubi Jalar

Di India, ubi jalar di masak bersama sayuran lain sebagai hidangan pelangkap.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top