Health

Ibu-ibu Curi Cokelat di Alfamart Diduga Idap Kleptomania, Apa Itu?

Wanita Curi Cokelat di Alfamart, Mungkinkah Idap Kleptomania

Viral karyawan Alfamart diminta untuk meminta maaf usai menyebarkan video pencurian cokelat yang dilakukan oleh seorang bernama Mariana di Cisauk, Tangerang. Wanita itu disebut tidak sadar ketika memasukkan cokelat ke dalam tasnya.

Lewat pengakuan yang disampaikan oleh kuasa hukumnya, Mariana mengatakan aksi pencurian tersebut tak disadarinya. Ia bahkan tidak ingat kenapa cokelat tersebut bisa berada di dalam tasnya.

Biasanya, aksi pencurian dilakukan karena kebutuhan. Namun, tidak jarang ada juga aksi pencurian hanya karena hasrat untuk mengambil barang tertentu. Hal ini dikenal dengan kleptomania.

Lihat Juga: Hari Kesehatan Mental Sedunia, Ini 4 Jenis Gangguan Mental Yang Harus Dikenali

Wanita Curi Cokelat di Alfamart Diduga Kleptomania, Apa Itu?

Kleptomania merupakan ketidakmampuan berulang untuk menahan hasrat mencuri barang yang biasanya tidak begitu diperlukan. Barang curian tersebut biasanya juga bernilai kecil.

Kondisi ini disebut sebagai gangguan kesehatan mental langka tapi serius dan termasuk gangguan kontrol impuls. Yaitu gangguan untuk mengontrol emosi atau perilaku. Tak sedikit orang yang mengidapnya merasa takut untuk mencari bantuan perawatan kesehatan mental.

Gejala Kleptomania

Ada beberapa gejala dari gangguan kesehatan mental satu ini, beberapa gejala tentu dapat disadari. Berikut ini daftarnya:

  1. Tidak mampu menahan hasrat untuk mencuri barang yang tak dibutuhkan
  2. Merasa adanya peningkatan kecemasan, ketegangan atau keinginan yang mengarah ke pencurian
  3. Merasa senang, lega atau puas saat mencuri
  4. Merasa sangat bersalah, menyesal, malu, takut dan membenci diri sendiri setelah tertangkap akibat mencuri
  5. Berbeda dengan pengutil pada umumnya, penderita gangguan kesehatan mental ini tak mencuri secara impulsif untuk mencari keuntungan. Mereka melakukan hal ini hanya karena dorongan tersebut sangat kuat sehingga mereka tak bisa menahannya
  6. Kebanyakan penderita mencuri dari tempat-tempat umum, seperti supermarket dan toko. Beberapa mungkin juga bisa mencuri dari kenalan atau teman, seperti saat berada di pesta
  7. Biasanya, barang-barang yang dicuri tidak digunakan, melainkan hanya disimpan

Lihat Juga: Mengenal OCD Ekstrem Seperti yang Dialami Aliando Syarief, Ini Penyebab dan Gejalanya

Itulah pengertian dan gejala kleptomania yang diduga diidap oleh wanita pencuri cokelat di Alfamart yang kini tengah viral.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top