Health

Viral Soal Rumput Fatimah Yang Dikaitkan Dengan Keguguran

Viral Soal Rumput Fatimah Yang Dikaitkan Dengan Keguguran

Rumput fatimah kini sedang menjadi sorotan, dipercaya dapat membantu memperlancar persalinan, tapi belakangan ini malah dikaitkan dengan janin yang meninggal. Sebagian orang meyakini bahwa meminum air rendaman rumput fatimah dapat melancarkan proses melahirkan.

Namun dokter mengatakan, rumput ini mendandung zat aktif yang dapat memicu kontraksi hebat hingga menimbulkan resiko berbahaya bagi janin dan ibu. Rumput ini dijual di pasaran dengan banyak varian bentuk, seperti serbuk, kapsul, hingga yang masih dalam bentuk tumbuhan.

Setiap variannya pun memiliki fungsi yang berbeda. Berdasarkan informasi di sejumlah toko online, varian serbuk dan kapsul disebut bermanfaat untuk mengobati keputihan dan memperlancar menstrusi.

Sementara yang masih berbentuk tumbuhan diklaim dapat memperlancar proses melahirkan. Seperti dilansir dari laman health.detik.com, salah satu penjual di kawasan ‘Kampung Arab’ Empang, Bogor, Jawa Barat bernama Syafiq menjelaskan kegunaan rumput ini.

“Ini rumput fatimah untuk yang melahirkan, nanti direndam umumnya,” tutur Syafiq di tokonya, Kamis (1/4/2021).

“Dapat dipakai berulang kali, karena hanya direndam saja pakai air panas semalam nanti mekar. Jika sudah nanti dijemur rumputnya. Lalu disimpan saja itu kalau tahun depan pun masih bisa dipakai,” jelasnya.

Terkait harga dipasaran pun beragam, untuk rumput fatimah dalam varian tumbuhan kering, menurut Syafiq harganya sekitar Rp 15.000 sampai Rp 40.000 tergantung ukurannya. Sementara untuk varian kapsul dan serbuk dijual mulai dari harga Rp 10.000 per satuannya di online shop.

Walau begitu, sejumlah dokter kandungan mengatakan bahwa sebaiknya tidak mengonsumsi rumput fatimah secara sembarangan. Sebab dapat membahayakan janin.

Lihat Juga: Kandungan dan Manfaat Tumbuhan Lidah Buaya

“Sejumlah pasien yang pernah saya temui yaitu bidannya sudah melakukan dengan prosedur medis yang benar. Tetapi lalu karena ada keluarga atau kerabatnya yang mengantar botol berisi minuman ada rumput fatimahnya. Lalu dia minum dengan diam-diam dan dampaknya cukup fatal,” ungkap dr Boy kepada detikcom, Rabu (31/3/2021).

“Artinya, karena tenaga medis tidak mengetahui, kemudian ibunya minum pun tidak bilang-bilang, lalu terjadi hal yang sangat fatal. Ini sangat merugikan bagi sang ibu,” sambungnya.

Rumput Fatimah sendiri kaya akan antioksidan asam askorbat, beta karoten, flavonoid, antosianin, dan vitamin C. Peneliti juga mengatakan rumput ini memiliki kandungan fitoestrogen yang efeknya serupa dengan hormon estrogen.

To Top