Health

Vitamin D, Sumber dan Fungsi Beserta Manfaatnya

Vitamin D, Sumber dan Fungsi Beserta Manfaatnya

Pada umumnya orang awam akan mengenal Vitamin D ini adalah Vitamin untuk tulang, bagi orang yang mengalami kekurangan kalsium tentu sangat membutuhkan Vitamin yang satu ini yaitu adalah D. Kalsiferol adalah satu-satunya jenis Vitamin yang mampu memproduksi sendiri oleh tubuh kita.

Vitamin D adalah sekelompok sekosteroid yang larut dalam lemak yang bertanggung jawab untuk meningkatkan penyerapan kalsium, magnesium, dan fosfat usus, dan banyak efek biologis lainnya. Pada manusia, senyawa terpenting dalam kelompok ini adalah vitamin D₃ dan vitamin D₂

Prosesnya yaitu senyawa senyawa precursor -7 dejidrokolesterol dengan bantuan sinar matahari akan di ubah menjadi senyawakolelsiferol. Selanjutnya senyawa kolekalsiferol di ubah lagi menjadi senyawa kalsiferol dalam tubuh.

Vitamin D dihasilkan dalam tubuh melalui proses paparan sinar matahari di bawah wajah, lengan tangan, maupun punggung selama kurang lebih 10-15 menit dalam kurun waktu 2 kali dalam seminggu.

Selain dengan cara berjemur di bawah sinarv matahari vitamin D juga bisa kita proleh dari makanan tertentu seperti minyak ikan, mentega, margarine, jamur tiram, maupun telur.

Vitamin ini mempunyai peran utama dalam proses pertumbuhan tulang. Tidak hanya itu Vitamin D juga bisa memperkuat sistim imun dalam tubuh kita. Berperan penting dalam proses penyerapan serta metabolisme kalsium dan phosphorus.

Dengan demikian orang-orang yang kekurangan Vitamin D akan mengalami gangguan pada jaringan tulang,. Hal tersebut dikarenakan asupan mineral dalam tubuh tidak memadai akibat jumlah kalsium yang tersedia hanya sedikit ,sehingga tulang tidak dapat di bangun secara kuat. Akhirnya tulang rangka yang terbentuk tidak kokoh, pada kasus anak-anak, kekurangan kalsium ini sering di sebut dengan penyakit Rakhitis, sedangkan pada orang dewasa disebut dengan osteomalsia atau tulang lunak.

Baca Juga : Sumber Vitamin D, Selain Sinar Matahari

Mungkin disinilah perlunya kita untuk melakukan kegiatan atau berolah raga walaupun hanya selama 10 menit sampai 15 menit stiap harinya, agar kita selalu mendapat suplai Vitamin yang cukup dengan bantuan sinar matahari  pagi . Dengan demikian tubuh kita akan menjalankan kinerja organ-organ nya dengan optimal, sehingga kita akan selalu sehat dan bugar.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top