Health

Wajah Bebas Jerawat Saat Menstruasi

bebas jerawat saat haid

Saat menstruasi, hormon dalam tubuh wanita mengalami perubahan yang menyebabkan masalah pada keadaan psikis maupun fisik. Seperti perasaan yang lebih sensitif, lebih mudah stres dan munculnya jerawat di hari-hari menstruasi. Jerawat membuat penampilan tidak enak dilihat, bahkan munculnya jerawat pada titik-titik tertentu pun bisa menjadi indikasi gangguan kesehatan. Seperti contohnya, jerawat di dagu, bisa jadi itu pertanda tubuhmu sedang mengalami masalah hormon. Sebelum jerawat muncul, sebenarnya tubuh kita selalu bisa mencegahnya. Simak cara-cara mencegah jerawat saat menstruasi di bawah ini.

Mengontrol Emosi dan Stres.

Bila menstruasi, perasaan akan cenderung sensitif. Emosi dan stres yang datang pada hari-hari menjelang menstruasi pun berpeluang besar menyebabkan jerawat. Daripada jerawat kepalang muncul dan mengganggu penampilan, tidak ada salahnya mencegah jerawat itu timbul. Kurangi kebiasaan memendam perasaan bila memiliki unek-unek terhadap seseorang atau suatu masalah. Memendam perasaan hanya akan membuat pikiran negatif yang tidak baik untuk kesehatan jiwa dan fisik. Biasakan pula untuk melihat masalah dari porsinya. Perempuan cenderung membesar-besarkan masalah yang pada akhirnya akan menyiksa emosi mereka sendiri. Cobalah untuk tenang dan berpikir logis.

Meditasi, pijat, atau sekadar berjalan-jalan sore di taman cukup membuat tubuhmu rileks. Tidur yang cukup untuk tetap menjaga emosi keesokan harinya. Sediakan waktu untuk memanjakan diri sendiri bila masalah terasa semakin mengganggu pikiran.

Mengonsumsi Air Putih Lebih Banyak.

Meminum air putih saat perut masih kosong, seperti setelah bangun tidur dan sebelum sarapan bisa membantu proses detoksifikasi atau pembuangan racun dalam tubuh. Meminum air putih delapan gelas sehari pun membantu kulit untuk menjaga kelembaban alami sehingga kulit lebih sehat dan tidak kering. Proses penyembuhan jerawat juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi air putih. Daripada menutupi jerawat menggunakan kosmetik yang belum tentu cocok, lebih baik rutin menjaga kadar mineral dalam tubuh yang lebih murah dan tanpa efek samping.

Pola Makan Sehat.

Perhatikan lebih benar jenis makanan yang kita konsumsi menjelang dan saat menstruasi. Kurangi makanan yang mengandung lemak jenuh. Perbanyak sayur dan buah yang vitamin dan antioxidant seperti sayuran hijau demi menjaga kesehatan kulit dan mencegah jerawat. Daging tanpa lemak dan kacang-kacangan pun baik dikonsumsi ketika  menstruasi. Jamu-jamu herbal seperti kunyit asam juga direkomendasikan untuk dikonsumsi menjelang, saat dan sesudah menstruasi. Selain menjaga kesehatan kulit, kunyit asam juga bisa membantu mengurangi nyeri perut pada saat menstruasi. Untuk lebih alami tanpa bahan pengawet dan agar lebih higienis, cobalah buat ramuan kunyit asam sendiri.

Menjaga Kebersihan.

Selain pencegahan dari dalam tubuh, pencegahan dari luar seperti menjaga kebersihan wajah pun disarankan demi mencegah timbulnya jerawat. Bersihkan makeup menjelang tidur, jangan sampai debu dan sisa makeup bercampur di kulit dan terbawa tidur. Pilih produk wajah yang cocok untuk kulitmu. Biasanya demi memaksimalkan pembersihan wajah dari makeup berat, menggunakan face wash saja tidak cukup. Aplikasikan face toner dan astrigent pada wajah, angkat sisa makeup dan kotoran menggunakan kapas. Rutin merawat kulit seperti memasker wajah minimal 2 minggu sekali. Tentu, pastikan pula produk masker cocok untuk kulitmu. Masker alami seperti timun, lemon, dan madu pun bisa mencegah timbulnya jerawat.

Menjaga kebersihan benda-benda yang biasanya bersentuhan langsung dengan wajahmu seperti sarung bantal dan layar ponsel pun patut diperhatikan. Jangan sampai kuman mengendap di benda-benda tersebut kemudian berpindah ke kulitmu dan menyebabkan jerawat. Semoga menstruasi tidak membuat mood-mu buruk karena jerawat lagi ya, Ladies!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top