Health

Waspada Ini Pengaruh Covid-19 Terhadap Sperma!

Waspada Ini Pengaruh Covid-19 Terhadap Sperma!

Covid-19 dapat berpengaruh pada kesuburan serta kualitas sperma pria? Tentu mencengangkan, namun bagaimana jika fakta ini benar? Hasil penelitian yang diterbitkan pada jurnal Reproduction menunjukan bahwa, penyakit Covid-19 yang parah dapat berdampak pada sistem reproduksi. Salah satunya adalah kesuburan serta kualitas sperma pria.

Penelitian Professor Andrologi dari The University of Sheffield di South Yorkshire Inggris

Penelitian Professor Andrologi dari The University of Sheffield di South Yorkshire Inggris
Penelitian Professor Andrologi dari The University of Sheffield di South Yorkshire Inggris

Meski sudah masuk di dalam jurnal, namun para ahli yang terlibat dalam penelitian tersebut masih meragukan hasil penelitian tersebut. Professor andrologi dari The University of Sheffield di South Yorkshire Inggris bernama Allan Pacey juga ikut memberikan pendapat. Melalui email yang dikirimkannya pada pihak CNN, Allan mengatakan jika dirinya perlu hati-hati saat memberikan pendapat terhadap data tersebut.

Untuk membuktikan kebenaran hasil penelitian tersebut, para ahli melakukan penelitian kecil terhadap 84 pria terpenyakit Covid-19 dan 105 pria sehat. Hasil dari penelitian tersebut menunjukan, sel sperma pria yang terpenyakit Covid-19 mengalami peningkatan peradangan dan stres oksidatif yang lebih signifikan dari pada pria sehat.

Efek pada sel sperma tersebut dikaitkan dengan kualitas sperma yang lebih rendah dan berpotensi memiliki tingkat kesuburan yang kurang. Meski efek ini akan meningkat setiap waktu, namun efek tersebut tetap signifikan dan abnormal lebih tinggi ditemukan pada pasien Covid-19.

Secara negatif, konsentrasi, mobilitas, dan bentuk sperma dipengaruhi oleh virus. Pada penelitian tersebut juga ditemukan perbedaan antara tumbuh dengan tingkat parah penyakit yang diderita.

Hasil penelitian tersebut diungkapkan oleh Behzad Hajizadeh Maleki, selaku peneliti utama sekaligus mahasiswa doktoral dari Universitas Justus Liebig Giessen, Jerman.

Kekhawatiran Para Ahli Tentang Penyakit Covid-19

Dengan penelitian yang dilakukan, para peneliti mulai khawatir dengan peningkatan yang akan terjadi dari waktu ke waktu. Namun kumpulan data tersebut, Prof. Allan Pacey mengatakan jika ada faktor lain yang dapat menyebabkan perbedaan kualitas sperma antara pria sehat dan pria yang sakit.

Seorang professor emeritus dari Queen’s University Belfast di Irlandia bernama Sheena Lewis mengatakan jika dirinya khawatir jika pria pernderita Covid-19 akan mengalami kenaikan berat badan dan menjalani beberapa perawatan teraupeutik.

Stress dan berat badan yang berlebih atau obesitas dapat menyebabkan kurangnya kualitas sperma. Murdoch mengatakan, penelitian jangka panjang masih diperlukan testis dianggap memiliki resiko tinggi akibat terpenyakit Covid-19.

Cara Meningkatkan Kesuburan Pria Saat Pandemi Covid-19

Cara Meningkatkan Kesuburan Pria Saat Pandemi Covid-19

Selain karena Covid-19 ternyata tingkat kesuburan pria sangat berkaitan dengan gaya hidup yang seseorang jalani. Seperti pola makan dan olahraga. Anda perlu memperbaiki gaya hidup. Hal ini sangat penting supaya Anda terhidar dari penyakit Covid-19 yang dapat berpengaruh pada kesuburan.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk meningkatkan kesuburan bagi Anda kaum pria. Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah mengurangi berat badan. Berat badan tentu akan sangat berpengaruh. Pria yang memiliki berat badan berlebih akan memiliki jumlah sperma yang lebih sedikit. Hal ini karena tubuh pria yang berat badannya berlebih akan cenderung panas yang dapat membuat sperma terbunuh.

Banyaknya lemak tubuh pada sekitar testis yang dapat mengisolasi sperma. Perubahan hormon pria juga berpengaruh pada sperma yang terproduksi. Rutin berolahraga dapat mengurangi peradangan yang serta membuat testis berfungsi lebih baik sehingga dapat meningkatkan jumlah dan fungsi sperma yang akan .

Mengonsumsi alkohol serta merokok juga berpengaruh pada kesuburan. Hal ini dapat merusak DNA sperma serta menurunkan 19 persen konsentrasi sperma serta menurunkan kualitas sperma serta produksi testosteron. Mulailah mengurangi kebiasaan mengonsumsi alkohol dan merokok.

Beristirahatlah dengan cukup dan kurangi stres. Kurang istirahat dan stres dapat berpengaruh pada kesuburan. Hal ini terjadi karena tubuh akan banyak melepas hormon kortisol yang berpengaruh negatif pada hormon testosteron.

Selain beberapa cara tersebut, Anda juga perlu menghindari paparan zat kimia tertentu. Beberapa zat tersebut seperti: tembaga, aseton, dan juga uap merkuri. Zat-zat ini biasanya terdapat pada cat, kemasan plastik dan juga debu logam. Zat-zat tersebut dapat berdampak buruk pada kesuburan.

Suplemen Obat untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

Suplemen Obat untuk Meningkatkan Kualitas Sperma
Suplemen Obat untuk Meningkatkan Kualitas Sperma

Penyakit Covid-19 dapat menyebabkan kesehatan tubuh terganggu serta memunculkan banyak penyakit. Batuk, sesak nafas, demam dan pilek adalah contoh penyakit yang dapat muncul karena Covid-19.

Namun ternyata penyakit Covid-19 juga berpengaruh pada infertilitas pada pria. Salah satunya adalah menurunnya kualitas serta jumlah sperma yang tubuh produksi. Semakin parah pria karena virus Covid-19, maka semakin parah juga akibat pada sistem reproduksi yang muncul.

Selain menjalankan pola hidup sehat, Anda juga mengonsumsi ramuan dan suplemen obat untuk meningkatkan kualitas sperma serta kesuburan pria. mari simak jenis-jenis ramuan dan suplemen obatnya berikut ini:

Suplemen asam aspartat, akar macca, zinc dan fenugreek dapat Anda konsumsi untuk meningkatkan libido, kinerja seksual, hormon testosteron serta kesuburan pria.

Hasil penelitian menunjukan jika ramuan atau suplemen obat ashwagandha juga dapat meningkatkan hormon testosteron yang dapat meningkatkan kesuburan pria. Selain itu, ashwagandha juga dapat meningkatkan jumlah sperma, status antioksidan, serta mobilitas sperma.

Anda juga bisa mengonsumsi tribulus terrestris atau puncturevine. Puncturevine merupakan ramuan obat yang dapat meningkatkan fungsi ereksi, libido, serta kesuburan.

Selain mengonsumsi suplemen dan ramuan obat, Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat. Makanan sehat ini haruslah mengandung vitamin C, vitamin D, vitamin B, antioksidan, dan asam lemak omega-3 dapat meningkatkan kesuburan Anda. Misalnya ikan, alpukat, tiram, telur, sayur bayam, dan kacang-kacangan.

Demikianlah informasi tentang dampak penyakit Covid-19 terhadap kesuburan pria dan cara mengatasinya. Jangan lupa lakukan vaksin Covid-19 agar pandemi segera berakhir. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top