Health

Waspada Terhadap Hoax Produk Kesehatan

Waspada Hoax Produk Kesehatan

Saat ini masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya hidup sehat namun kesadaran tanpa diikuti oleh pengetahuan kadang justru bisa jauh lebih menyesatkan. Pernahkah Anda memperhatikan iklan-iklan di televisi, media cetak ataupun internet terutama yang mengiklankan produk-produk kesehatan? Kebanyakan iklan-iklan tersebut tidak hanya sekedar mengiklankan produk kesehatan namun menekankan bahwa produk-produk tersebut mampu mengatasi atau mencegah berbagai jenis penyakit dan sudah diuji di laboratorium terkemuka serta direkomendasikan oleh para dokter dan sebagainya. Ini adalah salah satu dampak negatif sistem komunikasi yang semakin maju dimana semakin banyak pula celah untuk berita-berita hoax beredar oleh karena itu Anda juga harus waspada terhadap berita hoax produk kesehatan.

Pernahkah Anda mendengar istilah halo effect? Tanpa Anda sadari inilah yang dimanfaatkan oleh beberapa produsen produk kesehatan untuk mengikat para konsumennya. Halo effect sendiri adalah sebuah kondisi dimana konsumen terlalu mudah percaya dengan informasi yang didapat lewat iklan produk-produk kesehatan apalagi ketika informasi tersebut mengklaim mampu mengatasi penyakit-penyakit yang kebetulan diderita dan kadang tanpa berfikir panjang langsung mengkonsumsi produk kesehatan tanpa mencari tahu lebih jauh tentang khasiat produk tersebut.

Supplement vs Makanan Sehat

Supplement vs Makanan Sehat

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya apakah waspada terhadap berita hoax produk kesehatan saja sudah cukup lalu bagaimana solusinya? Beberapa langkah berikut mungkin bisa membantu Anda sedikit memahami bahwa sebagai konsumen produk kesehatan kita harus pro aktif dalam mencari tahu.

Cari Informasi Lewar Lembaga Resmi

Di Indonesia lembaga resmi yang mengatur tentang perederan produk kesehatan adalah BPOM atau Badan Pengawas Obat dan Makanan. Pertama-tama adalah cek apakah produk kesehatan tersebut sudah lulus uji dan memiliki ijin beredar oleh BPOM yang biasanya tertera dalam kemasan produk dalam bentuk nomor seri. Saat ini hal tersebut sangat mudah sekali dipalsukan oleh karena itu Anda harus selangkah lebih maju dengan cara melakukan cek ulang apakah nomer seri tersebut asli atau palsu dengan cara mengunjungi website BPOM (cekbpom.pom.go.id) dengan cara memasukkan nomer seri yang tertera.

Konsultasikan Masalah Kesehatan dengan Ahlinya

Memiliki dokter kenalan sangat penting saat ini sehingga jika ada masalah kesehatan dapat langsung berkonsultasi namun dengan kemajuan teknologi segala sesuatunya bisa juga dilakukan secara online bahkan berkonsultasi dengan dokter ahli semudah curhat di halaman facebook. Namun Anda juga harus waspada bahwa selain produk kesehatan palsu banyak juga dokter palsu. Sebagai antisipasi bisa Anda kunjungi halaman website KKI atau Konsil Kedokteran Indonesia untuk mengecek apakah dokter tersebut diakui statusnya atau tidak. Jangan bergantung dan mudah percaya pada label produk kesehatan.

Penting bagi masyarakat atau konsumen produk kesehatan untuk cerdas dalam memilih karena sadar akan hidup sehat saja tidak cukup. Produk kesehatan yang banyak beredar dan mengklaim mampu mengatasi atau mencegah beberapa penyakit tentu saja tidak akan sebanding dengan pola hidup sehat yang anda terapkan. Tentu Anda akan sangat tertarik mengkonsumsi suplemen kesehatan karena kesannya lebih praktis, jika Anda butuh vitamin C tinggal konsumsi tablet vitamin C jika ingin terlihat awet muda tinggal mengkonsumsi kapsul vitamin E dan seterusnya. Namun tentu Anda tahu bahwa tidak ada makanan alami yang tidak dapat memenuhi kebutuhan Anda terhadap zat tertentu sementara produk-produk kesehatan sudah melalui berbagai macam proses kimia yang tentunya tidak tanpa efek samping sementara mengkonsumsi makanan sehat dan alami selain mampu memenuhi kebutuhan gizi juga tidak memiliki efek samping apapun jika dikonsumsi secara tepat dan tidak berlebihan. Jadi waspada terhadap hoax produk kesehatan dan terapkanlah pola hidup sehat mulai saat ini.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top