Health

Yoghurt Boleh Dikonsumsi Oleh Para Penderita Diabetes, Benarkah?

Yoghurt Boleh Dikonsumsi Oleh Para Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes menjaga pola makan merupakan suatu hal yang penting. Mereka harus memilih makanan yang bebas gula, tinggi asupan nutrisinya, dan termasuk jenis makanan yang baik bagi penderita diabetes. Salah satu jenis makanan yang mengandung asupan nutrisi seperti makanan utama yang bisa menjadi pilihan adalah yogurt. Namun, apa boleh penderita diabetes mengkonsumsi yoghurt? Untuk itu, berikut ini ulasannya.

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang berhubungan dengan kadar gula darah dalam tubuh. Semakin tinggi kadar gula darah dalam tubuh, semakin cepat pula terserang penyakit diabetes. Apabila kadar gula semakin tinggi dan mengakibatkan penyakit diabetes semakin parah sehingga mereka diwajibkan untuk rutin cuci darah.

Bolehkah penderita diabetes mengkonsumsi yogurt?

Yoghurt memiliki kandungan  kalsium, protein dan karbohidrat yang tinggi dan menjadi kombinasi sempurna untuk menahan rasa lapar. Selain ketiga nutrisi tersebut,  yogurt mengandung beberapa nutrisi yang penting bagi kesehatan penderita diabetes seperti vitamin D, magnesium, vitamin C, dan asam lemak lainnya. Maka dari itu, yoghurt termasuk salah satu camilan sangat diperbolehkan untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes khususnya diabetes melitus.

Meskipun ada beberapa yoghurt yang mengandung sedikit gula dan rasa buah-buahan, namun itu tidak menjadi masalah yang serius. Penderita diabetes tetap diperbolehkan untuk mengkonsumsi yogurt karena makanan ini dipercaya dapat membantu mencegah terserangnya penyakit diabetes. Khususnya diabetes tipe 2 dan mengkonsumsi yoghurt dapat membantu menurunkan kadar gula dalam darah. 

Selain itu, yoghurt juga memiliki kandungan probiotik yang tinggi dimana probiotik ini merupakan suatu bakteri yang baik bagi kesehatan terutama bagi penderita diabetes. Jenis probiotik yang terkandung dalam yogurt seperti Lactobacillus Casei, Lactobacillus acidophilus, Streprococcus thermophilu, Bifidobacterium lactis Lactobacillus bulgaricus, dan Lactobacillus Reuteri. Probiotik tersebut terbukti sangat bermanfaat untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Mekanisme kerja probiotik mempengaruhi kinerja metabolisme gula darah dan menjaga kadar gula darah normal. Sehingga hal tersebut tidak akan memperparah diabetes yang sedang diderita.

Baca Juga : Penderita Diabetes Dilarang Menikmati Buah-Buahan ini

Menurut hasil penelitian, mengkonsumsi satu porsi yoghurt setiap hari secara rutin dapat menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2 atau diabetes melitus. Meskipun mengandung karbohidrat, camilan ini tetap bisa dikonsumsi penderita diabetes khususnya diabetes melitus. Asal yoghurt yang kalian konsumsi merupakan yogurt biasa atau yoghurt murni yang tidak mengandung gula sama sekali.

Manfaat Mengkonsumsi Yoghurt Bagi Penderita Diabetes

  1. Yogurt  bermanfaat untuk menyeimbangkan kembali kesehatan tubuh seperti semula akibat dari pola makan yang buruk. Seperti terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula secara berlebihan.
  2. Yoghurt yang rendah karbohidrat mampu menjaga berat badan dan tidak menyebabkan lonjakan gula darah.
  3. Yoghurt dapat menjadi penetralisir dari makanan yang dikonsumsi karena yogurt dapat menyerap gula yang dihasilkan dari makanan sehari-hari.
  4. Yogurt mengandung serat yang terdiri dari kombinasi antara serat dan flora positif, protein dalam susu yang bermanfaat untuk membantu mengontrol produksi dari insulin, gula darah, dan risiko terkenanya diabetes militus.
  5. Mengonsumsi yoghurt yang rendah lemak dapat menurunkan risiko diabetes hingga 28 %
  6. Yoghurt dapat membantu menstabilkan sistem daya tubuh atau imun, apabila kita memiliki sistem imun yang rendah dan menyembuhkan penyakit dengan cepat.

Cara Mengkonsumsi Yoghurt

Yoghurt Boleh Dikonsumsi Oleh Para Penderita Diabetes
Yogurt Buah
  1. Mengkonsumsi yoghurt dapat kalian kombinasikan dengan menambahkan berbagai buah berry untuk memperkaya rasa karena buah berry termasuk buah menaikkan kadar gula, seperti strawberry, blueberry, raspberry dan blackberry mengandung gula cukup rendah, indeks glikemik yang rendah dan membantu dalam kestabilan gula dalam darah.
  2. Mengkombinasikan yoghurt dengan jali karena perpaduan tersebut mampu membantu mengontrol kadar gula darah. Cara mengolahnya yaitu jali direbus sampai lunak, kemudian campurkan dengan yoghurt.
  3. Konsumsi yoghut secara teratur setiap hari sekitar 400 ml atau dua gelas karena hal itu sangat dianjurkan, terutama bagi wanita.

Nah, itulah ulasan mengenai yoghurt ternyata boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes. Sebelum kalian mengkonsumsi camilan seperti yoghurt, alangkah baiknya konsultasikan dulu ke dokter yang ahli dibidangnya agar kalian mendapatkan informasi yang jelas.

Baca Juga : Tips Menjaga Kadar Gula Darah Agar Tetap Normal Di Usia 50 Tahun Ke Atas

Jika memang diperbolehkan, kalian harus dapat  memilih produk yogurt yang baik. Tepat dan sehat untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes karena yoghurt yang berkualitas harus berasal dari susu segar dan memiliki beberapa nutrisi, bakteri-bakteri baik yang masih hidup, dan mengandung serat pangan. Semoga bermanfaat bagi kalian!

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top