Inspirasi

9 Inspirasi Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Untuk Merayakan Natal Di Tengah Pandemi Covid-19

Kegiatan Yang Dapat Dilakukan Untuk Merayakan Natal

Natal di tahun 2020 ini sangat berbeda dibandingkan perayaan Natal di tahun sebelumnya. Hal ini dikarenakan, seluruh dunia masih di tengah pandemi Covid-19 yang mengharuskan seluruh warganya untuk tetap dirumah jikalau bisa. Dalam natal tahun ini, semua kegiatan yang seharusnya dilakukan di luar harus ditiadakan dulu agar menghindari penyebaran Covid-19 termasuk Natalan.

Meskipun demikian, bukan berarti kita tidak bisa merayakan, kita masih bisa Natalan di rumah yang tentunya diisi dengan kegiatan-kegiatan khas Natal yang mungkin sedikit berbeda dari biasanya. Kira-kira inspirasi kegiatan apa yang bisa dilakukan saat Natalan di rumah dan tentunya perayaan ini tidak perlu membahayakan diri dan keluarga besar? Untuk itu, simak ya.

1. Tetap memprioritaskan tradisi keluarga saat Natal

Ide inspirasi pertama yang dapat dilakukan saat Natalan di rumah yaitu dengan tetap memprioritaskan tradisi yang biasanya dilakukan keluarga saat Natal. Jika tradisi dalam keluarga kalian saat Natal seperti menghias pohon Natal, tukar kado, dan berkumpul bersama, maka lakukan itu. Akan tetapi, untuk kali ini rayakan hanya dengan keluarga inti saja.

Nah, jika tradisi Natal di dalam keluarga kalian adalah liburan, maka jangan dilakukan untuk sekarang ini. Kalian bisa menggantinya dengan menghias rumah ala suasana liburan. Hal ini dilakukan untuk menyenangkan keluarga meskipun hanya Natalan di rumah saja.

2. Belanja hadiah dan mengirimkannya lebih awal

Biasanya menjelang Natal, akan ada Christmas Dinner yang juga diisi dengan tukar kado. Kado yang diberikan untuk hadiah Natal pun sesuai dengan keinginan pemberi. Jika kalian bingung ingin memberikan apa terutama orang terdekat, kalian bisa searching mengenai ide kado Natal untuk orang terdekat.

Di tahun ini, kegiatan tukar kado harus ditunda dulu. Meskipun demikian, kalian tetap bisa memberikan hadiah kepada teman, sahabat maupun keluarga terdekat dengan cara mengirimkannya melalui ekspedisi.

Nah untuk itu,  kalian harus belanja hadiah untuk Natal jauh-jauh sebelum perayaan tiba. Hal ini dilakukan agar saat mengirimkan hadiah ke teman, sahabat, pacar, maupun keluarga yang ada di luar kota atau negeri bisa sampai tepat waktu yaitu saat Natal tiba maupun sehari sebelumnya.

Jika kalian tidak ada waktu untuk berbelanja meskipun belanja online, kalian bisa buat kartu ucapan natal digital sebagai hadiah Natal untuk orang-orang terdekat.

3. Membuat pohon Natal dan menghias rumah bersama keluarga

Dengan adanya perayaan Natal di tengah pandemi ini tentunya kalian bisa membuat pohon Natal dan menghias rumah sendiri bersama dengan keluarga. Biasanya saat kalian menghias pohon Natal, kalian harus membeli ornamen-ornamennya di toko offline maupun online. Nah, untuk Natal di rumah tahun 2020 ini, kalian bisa menghias pohon Natal dengan konsep DIY dibagian ornamennya. Saat menghias rumah pun, kalian bisa menggunakan konsep DIY yang cocok untuk Natal. Dengan hal ini, perayaan Natal kalian akan lebih personal.

4. Ibadah secara virtual

Natal identik dengan ibadah di Gereja. Di tengah pandemi ini, kegiatan tersebut masih belum boleh dilakukan agar terhindar dari tertularnya virus Covid-19. Nah untuk itu, kalian bisa cari Gereja yang mengadakan ibadah secara virtual atau bisa juga beribadah hanya dengan keluarga inti di rumah.

5. Membuat acara pesta Natal online

Biasanya setelah Ibadah Natal, akan ada pesta Natal yang dirayakan oleh seluruh keluarga besar, bahkan dengan teman maupun sahabat sekalipun. Nah untuk itu, kalian wajib menjadwalkan rangkaian acara yang akan dilakukan saat pesta online. Dengan hal ini, silaturahmi akan tetap terjaga dan kebersamaan pun akan tetap ada.

6. Membuat hidangan khas Natal bersama

Setelah menghias rumah dan membuat pohon Natal selesai, kalian bisa membuat hidangan khas Natal yang dilakukan bersama dengan keluarga. Hidangan khas Natal yang bisa kalian buat seperti kue jahe, kue poffertjes, roasted chicken, apple pie, puding, klappertaart, dan lainnya. Setelah hidangan selesai dibuat, kalian bisa menatanya dengan cara yang spesial.

7. Bernyanyi dan karaoke bersama

Untuk merayakan Natal di rumah, kalian bisa menambahkan kegiatan dengan bernyanyi dan karaoke bersama dengan keluarga. Kalian bisa menyanyikan lagu-lagu Natal yang diiringi dengan alat musik yang ada di rumah kalian. Selain itu, kalian bisa melakukan karaoke dengan menyambungkan TV ke YouTube. Agar lebih seru lagi, saat bernyanyi kalian bisa menggunakan aksesoris Natal yang lucu. Dengan ini, Natal kalian bersama dengan keluarga dijamin akan jauh lebih menyenangkan.

8. Melakukan maraton film

Selesai bernyanyi dan berkaraoke, kalian bisa melanjutkannya ke maraton film yang berhubungan dengan Natal. Biasanya saat Natal, film yang sering ditonton adalah Home Alone. Jika kalian memiliki rekomendasi film-film yang akan ditonton, sebaiknya tanya terlebih dahulu kepada keluarga apakah mereka mau menonton film yang sudah di list. Hal itu dilakukan agar keluarga tetap nyaman dan menikmati tontonan yang dipertontonkan. Sembari menonton, kalian bisa mempersiapkan cemilan sebagai pendamping saat menonton.

9. Gunakan kostum terbaik untuk rayakan Natal

Meskipun merayakan Natal di rumah, kalian bersama dengan keluarga harus tetap menggunakan kostum terbaik untuk merayakan Natal bersama. Jika memang ingin menggunakan kostum senada, sebaiknya rundingkan dulu ingin memakai dresscode apa saat Natal. Kalian juga bisa menggunakan kostum-kostum unik seperti kostum yang berkarakter santa claus, rusa, dan snow man. Hal ini dilakukan agar dapat menghidupkan suasana Natal meski merayakannya di rumah.

Nah itulah beberapa ide yang dapat dilakukan saat merayakan Natal di rumah di tengah pandemi seperti sekarang ini. Meskipun tidak bisa merayakannya di luar rumah, kalian bisa merayakannya di rumah yang tentunya semakin membuat kebersamaan tetap terjaga dan mempererat tali kekeluargaan.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top