Inspirasi

Ayo Belajar Grafologi, Ilmu Membaca Tulisan Tangan

Ayo Belajar Grafologi, Ilmu Membaca Tulisan Tangan

Tulisan tangan bisa menjadi gambaran mengenai bagaimana kepribadian seseorang tersebut. Hal ini jelas berkaitan dengan ilmu grafologi. Ilmu grafologi sendiri merupakan sebuah konsentrasi ilmu tentang tulisan tangan.

Ilmu Grafologi dan Tulisan Tangan

Menjadi sebuah cara lain mengungkap kepribadian, ilmu grafologi merupakan bagian dari penelitian panjang. Bahkan ini menjadi bahan materi membaca karakter seseorang berdasarkan gaya tulisannya. Grafologi sendiri terbagi 2 bagian. Yaitu grafologi yang bernaung pada psikologi (yang lebih khusus) dan grafologi yang ada pada bidang linguistik.

Ilmu yang merupakan cabang dari psikologi tersebut  dapat memberikan gambaran mengenai karakter seseorang dengan cukup akurat hanya melalui tulisan tangan saja. Selain itu, banyak juga yang menjadikan ilmu satu ini untuk acuan sebagai mengecek keadaan mental.

Tulisan Tangan dan Riset John Beck

John Beck, yang merupakan founder dari British Institute of Graphologist, mengatakan bahwa ilmu grafologi ini berusaha menginterpretasikan simbol yang muncul dalam tulisan tangan untuk menggambarkan kondisi psikologis seseorang yang menulisnya itu.

Beliau mengatakan: Ada perbedaan dari setiap gaya tulisan tangan yang menjadi pembeda atau keunikan tersendiri pada pola kepribadian seseorang. Terang praktisi yang berpengalaman selama lebih dari 40 tahun ini. Meski dinyatakan demikian, ternyata gaya tulisan tangan ini hanya dapat dinilai dari alfabet latin dan serta tulisan Romawi.

Penentu Karakter Seseorang Melalui Tulisan Tangan

John Beck menyatakan ada lima hal yang bisa dijadikan indikator sebagai penentu karakter seseorang dari tulisan tangannya, ini dia lima hal tersebut:

Font Menentukan Seberapa Banyak Pengakuan yang Anda Inginkan

Ukuran Menentukan Seberapa Banyak Pengakuan yang Anda Inginkan
Ukuran Menentukan Seberapa Banyak Pengakuan yang Anda Inginkan

Ukuran huruf berkaitan dengan pengakuan atau apresiasi yang didambakan oleh seseorang. Orang yang cenderung menulis dengan huruf besar-besar memiliki kecenderungan senang diperhatikan dan capaian status sosial.

Bahkan saat orang-orang ini melakukan sesuatu, mereka memerlukan apresiasi yang besar untuk membuatnya lebih percaya diri dan senang. Biasanya orang-orang dengan tipe seperti ini lebih cocok bekerja di luar ruangan, yang jelas dalam pekerjaannya tersebut memerlukan banyak interaksi di depan orang banyak. Contohnya publik figur, artis, aktor, penyanyi, dan guru, serta masih banyak lainnya.

Sedangkan tipe orang yang memiliki tulisan tangan dengan huruf-huruf kecil biasanya lebih suka diam dan mengamati. Mereka, sebagian besar, tidak terlalu senang diperhatikan. Bahkan mungkin akan merasa risih dan terganggu apabila kedapatan diperhatikan terlalu lama apalagi jadi pusat perhatian banyak orang.

Beberapa pekerjaan yang cocok dengan orang seperti ini adalah pekerjaan yang di dalamnya tidak memerlukan banyak berinteraksi atau bersosialisasi dengan sangat banyak orang. Misalnya adalah penulis yang identitasnya sengaja disamarkan, pelukis, pegawai, freelancer, dan lain-lain.

Spasi Menggambarkan Pandangan Anda Terhadap Dunia

John Beck juga menyebutkan bahwa jarak antar huruf dapat menggambarkan pandangan si penulis tentang dunia serta kecenderungan sikap yang mereka ambil dalam kegiatan sehari-harinya.

Huruf yang saling atau terlalu berdekatan menandakan bahwa orang yang menulis itu memiliki wawasan luas dan rata-rata berotak cerdas serta rapi. Beberapa pendapat juga mengatakan bahwa orang-orang dengan tipe tulisan seperti ini cenderung memiliki sifat perfeksionis.

Di lain pihak, orang yang menggunakan spasi dengan jarak agak jauh menandakan bahwa orang tersebut memiliki karakter yang cenderung lebih berhati-hati, logis, namun suka dengan tantangan baru.

Tanda Tangan Berbeda dari Tulisan Asli Menunjukkan Tipe Kepribadian

Huruf Tertentu Ciri Khas Tulisan Belum Jadi Penentu Kepribadian
Huruf Tertentu Ciri Khas Tulisan Belum Jadi Penentu Kepribadian

Tanda tangan sangat penting terutama untuk menandai atau mengecap secara resmi sebuah dokumen dan sebagainya. Namun tahukah Anda bahwa tanda tangan ini ternyata dapat menggambarkan karakter?

Tanda tangan sendiri sebenarnya bisa menunjukkan bagaimana kita ingin dipandang oleh orang lain, baik sebagian kecil orang maupun khalayak ramai. John Beck menjelaskan hal ini pulalah yang menyebabkan tanda tangan kerap berbeda dengan gaya tulisan yang asli. Khususnya untuk para pria.

Kombinasi tanda tangan lebih unik yang berbeda dengan gaya tulisan biasa bisa menunjukkan karakter di dalam dan di luar yang berbeda pula pada satu orang yang sama. Contohnya tulisan tangannya kecil dengan tanda tangan besar. Ini menunjukkan pribadi tenang dan logis namun dengan kepribadian yang condong ke arah ekstrovert. Ekstrovert sendiri cenderung dimiliki oleh orang-orang ceria yang bisa membawa efek positif pada diri sendiri serta orang lain.

Kemiringan Tulisan Menggambarkan Kemiripan pada Orang Tua

Gaya tulisan yang miring ke kiri menunjukkan karakter seseorang bertipe introvert yang sifatnya lebih terpengaruh oleh sifat ibunya. Sementara itu, tulisan yang cenderung lebih miring ke kanan menandakan seseorang yang mempunyai tipe ekstrovert dengan pengaruh ayah yang lebih besar dan dominan.

Di lain pihak, gaya tulisan yang tegak lurus memiliki makna bahwa seseorang tersebut memiliki orang tua dengan kepribadian yang sangat kontras dan sama sekali berbeda satu dengan yang lainnya.

Huruf Tertentu Ciri Khas Tulisan Belum Jadi Penentu Kepribadian

Huruf Tertentu Ciri Khas Tulisan Belum Jadi Penentu Kepribadian
Huruf Tertentu Ciri Khas Tulisan Belum Jadi Penentu Kepribadian

Pada metode yang lebih lama, huruf tertentu dapat memberi  penekanan tentang adanya kecenderungan tertentu pada seseorang tersebut, sama seperti bahasan artikel yang ada. Meski demikian, John Beck mengatakan kalau hal ini tidak sepenuhnya benar meski tidak bisa terabaikan juga. Jadi masih belum bisa tepat berapa persen benar atau salahnya.

Karena John Beck memiliki opini bahwa setiap huruf memiliki penekanannya masing-masing. Hingga bisa saja berbeda dengan alfabet yang umumnya kita temukan dan sudah pelajari sejak TK. Itulah beberapa hal mengenai tulisan tangan yang dapat menggambarkan karakter seseorang. Tertarik untuk belajar grafologi?

To Top