Inspirasi

Apa Alasan Dibalik Gaya Hidup Minimalis Para Orang Sukses?

Dalam kehidupan sehari-hari sangat mudah bagi kita untuk membuat pilihan-pilihan yang sebenarnya tidak ada artinya sama sekali dan bahkan tidak memiliki dampak positif apapun terhadap kehidupan Anda dan orang lain. Pasti Anda pernah mengalami kejadian terlambat bertemu dengan seseorang hanya karena ada hal-hal yang sebenarnya tidak penting terjadi di rumah atau ketika Anda tiba-tiba menghentikan pekerjaan Anda yang sebenarnya sangat penting dan menyangkut kepentingan orang banyak hanya untuk melakukan hal-hal remeh yang bahkan tidak sepadan dengan waktu berharga Anda. Mungkin ada baiknya Anda belajar tentang alasan dibalik gaya hidup minimalis para orang sukses khususnya dalam hal mengurangi melakukan hal-hal yang tidak penting dan fokus hanya pada hal-hal yang paling penting dan krusial atau yang paling membutuhkan perhatian.

Apa Alasan Dibalik Gaya Hidup Minimalis Para Orang Sukses

Gaya Hidup Minimalis Mengurangi Porsi Dalam Pengambilan Keputusan

Tahu tidak pengambilan keputusan itu adalah proses yang melelahkan tidak perduli seberapa tidak pentingnya keputusan yang Anda ambil. Tentunya Anda kenal dengan Mark Zuckerbergs dan Steve Jobs, sang pendiri Facebook selalu terlihat mengenakan pakaian yang sama setiap harinya begitu juga Steve Jobs. Hal tersebut ternyata merupakan usaha mereka untuk mengurangi porsi dalam pengambilan keputusan. Coba Anda bandingkan dengan kehidupan Anda, berapa waktu yang Anda gunakan hanya untuk memutuskan mengenakan baju apa setiap harinya padahal Anda hanya perlu pergi ke pasar bukan seorang CEO sebuah perusahaan besar? Sebenarnya ini bukan masalah tidak punya waktu tapi lebih kepada bagaimana memanfaatkan waktu yang ada untuk melakukan hal-hal yang paling berharga. Masalah pakaian itu hanyalah contoh kecil bagaimana para orang sukses itu begitu menghargai waktu yang mereka miliki.

Berikut adalah contoh gaya hidup minimalis ala Mark Zukerbergs yaitu deretan bajunya di dalam lemari yang pernah diposting di halaman facebooknya.

Apa Alasan Dibalik Gaya Hidup Minimalis Para Orang Sukses

Mungkin Anda berfikir bahwa gaya hidup seperti agak aneh cenderung gila, tapi terbukti gaya hidup seperti sangatlah efektif dalam hal mengurangi porsi pengambilan keputusan harian dan akibatnya stress dan tekanan juga berkurang.

Mengurangi Perhatian Pada Hal Tidak Penting Membuat Anda Memiliki Banyak Kesempatan Untuk Memberi Lebih

Mark Manson yang merupakan seorang penulis buku The Subtle Art of Not Giving a Fuck pernah penulis dengan gaya bahasanya yang memang agak kasar tapi hal tersebut merupakan salah satu caranya untuk berkata secara jujur, menurutnya “Kunci dalam hidup bukan tentang memberikan perhatian lebih tapi tentang bagaimana mengurangi perhatian itu dan hanya fokus pada hal-hal yang penting dan perlu perhatian segera”.

Dengan memilih gaya hidup minimalis maka Anda akan dapat menyelamatkan hidup Anda dari hal-hal sepele dan tidak penting yang banyak menguras perhatian dan energi Anda dan justru mengabiskan waktu berharga Anda. Selain itu ketika Anda hanya fokus pada hal yang benar-benar penting dan mengurangi perhatian pada hal yang sepele juga akan menurunkan risiko stress. Tapi jangan menyalah artikan bahwa mengurangi perhatian Anda membuat Anda menjadi orang yang tidak peduli. Seperti yang sudah dikatakan oleh Manson, “Tidak perhatian bukan berarti tidak peduli, tapi Anda merasa nyaman dengan diri Anda sendiri karena Anda memang berbeda”.

Dengan kata lain jangan hiraukan apa kata orang lain terhadap Anda, komentar orang terhadap gaya hidup Anda dan jangan pula merasa stress terhadap hal-hal yang tidak penting karena itu hanya akan membuang-buang waktu dan tenaga saja. Percaya saja bahwa hal-hal baik akan selalu datang kepada Anda pada waktunya.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top