Inspirasi

Ingin Sukses? Contoh 8 Kebiasaan Orang Jepang Ini

Ingin Sukses? Contoh 8 Kebiasaan Orang Jepang Ini

Jepang tidak hanya menjadi negara tujuan untuk berlibur. Akan tetapi di balik keindahaan negerinya, tersimpan begitu kearifan budaya masyarakat. Budaya masyarakat yang dapat kita jadikan teladan agar menjadi orang sukses. Bukan hanya meniru cara berpakaian dan mempelajari bahasanya saja. Dengan menerapkan kebiasaan-kebiasan sederhana ini, dijamin ada energy positif yang akan timbul dalam jiwa Anda. Berikut 8 kebiasaan orang jepang yang pantas untuk Anda tiru;

Rajin Membaca Dimanapun Berada

Orang jepang lebih suka membaca buku dibandingkan dengan menonton televisi ataupun bermain ponsel. Mereka menjadikan budaya membaca yang bisa dilakukan berjam-jam dalam sehari. Bukan berarti mereka tidak memiliki pekerjaan. Akan tetapi, dimanapun mereka berada mereka lebih memilih meluangkan waktu untuk membaca. Semisal sedang perjalanan menuju kantor menggunakan kereta. Disela waktu tersebut digunakan untuk membaca.

Sepanjang Apapun tetap Budayakan Mengantri

Jangan ditanya lagi tentang budaya mengantri. Orang Jepang sangat patuh pada peraturan. Antri merupakan salah satu bentuk kedisiplinan mereka. Jangan bandingkan dengan negara kita, jelas kalah telak mengenai kedisiplinan yang satu ini. Perlu diperhatikan jika Anda berlibur kesana, jangan sampai kewalahan untuk beradaptasi.

Hidup Hemat dan Rajin Menabung

Manajemen keuangan orang Jepang juga sangat baik. Hidup hemat dan rajin menabung sudah melekat pada diri mereka. Bahkan, ada kebiasaan dimana sebagian dari orang Jepang akan berbelanja setelah jam delapan malam. Kenapa demikian? Dikarenakan pada jam tersebut ada diskon sebelum tokonya tutup. Asik ya.

Kerja Keras

Warga Jepang dinilai sebagai warga yang memiliki sifat kerja keras yang tinggi. Menurut penelitian, jam kerja orang jepang lebih tinggi dibandingkan dengan negara Amerika, Inggris, Jerman dan Perancis. Sudah hemat, bekerja keras pula. Pasti warganya kaya-kaya.

Budaya Malu

8 Kebiasaan Orang JepangKonon, budaya malu menjadi budaya turun menurun pada masyarakat Jepang. Kalian wajib menirunya nih. Salah satu budaya malu yang diterapkan yaitu ketika di jalan raya. Orang jepang lebih memilih jalan memutar daripada mengganggu pengguna jalan yang ada di belakangnya. Selain itu, mereka juga akan merasa malu jika melanggar peraturan. Beda ya dengan di negara kita, melakukan kesalahan malah menjadi viral.

Bekerja Banyak Sedikit Bicara

Bagi orang jepang waktu adalah uang dan digunakan dengan sebaik mungkin. Tidak disangkal lagi, ketika bekerja mereka banyak diam. Jangan tanya di negara kita, gosip, main ponsel atau maen game menjadi selingan terbaik. Sedikit meniru budaya Jepang, pasti SDM di negara ini berkualitas.

Orang Jepang Bukan Maniak Gadget

Yang satu ini juga menjadi masalah pelin di negara kita. Jika dilihat dari kebiasaan sebelumnya yaitu suka membaca buku, pastinya dapat disimpulkan bahwa mereka bukan maniak gadget. Karena di waktu senggang mereka lebih memilih membaca buku maupun koran dibandingkan dengan bermain gadget. Beda sekali kan dengan negara kita, jangankan waktu luang, waktu bekerja saja mereka mencuri kesempatn untuk bermain gadget.

Terdapat Budaya Tidur Siang di Perusahaan Jepang

Terakhir, ada perusahaan di Jepang yang memberikan waktu istirahat khusus untuk tidur. Waktu tidur sekitar 30 menit. Dengan waktu istirahat yang digunakan untuk tidur tersebut dinilai akan membantu produktivias karyawan. Tidur sejenak mampu merefresh segala kepenata dan akan semangat kembali setelah bangun. Asal nggak molor aja semua pasti beres.

Anda bisa menerapkan dari kedelapan budaya tersebut. Meskipun di Indonesia tidak memiliki budaya tersebut, namun mencoba untuk menjadi lebih baik itu juga perlu. Siapa tahu kebiasaan yang Anda tiru bisa menjadikan diri Anda lebih berkualitas dalam menjalani kehidupan. Selamat mencoba!

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top