Inspirasi

Intip Kata Kata Bijak Para Tokoh Penting yang Inspiratif

Intip Kata Kata Bijak Para Tokoh Penting yang Inspiratif

Kata kata bijak dari tokoh-tokoh pengubah dunia di berbagai bidang sering enjadi kebutuhan psikologis untuk menyemangati hidup seseorang. Menjalani hidup selalu ada saja lika-likunya. Susah dan senang pasti dilewati oleh siapapun yang menjalani hidup di dunia. Berikut ini kalimat bijak yang didapatkan dari beberapa tokoh dunia.

Kata Kata Bijak dari Wolfgang Amadeus Mozart

Mozart dilahirkan di Australia yang merupakan anak dari pendidik musik terkenal. Mozart berhasil menulis komposisi musik dalam jumlah yang sangat banyak yakni sebanyak 600. Itu semua dicapai olehnya karena motivasi yang dimilikinya.

Mozart beranggapan bahwa “banyak orang beranggapan bahwa intelegensi dan imajinasi yang tinggi akan mempengaruhi kecerdasan seseorang. Padahal hal ini tidak dibenarkan karena sesungguhnya kecerdasan berasal dari cinta, cinta, dan cinta”. Ada pula kalimat bijak yang dikeluarkannya “seni yang hebat tidak sekedar bisa berbicara yang baik dan fasih saja, namun berhenti berbicara pada saat yang tepat juga perihal yang sama-sama hebatnya”.

Kalimat Bijak dari Galileo Galilei

Seorang filsuf dan pakar matematika asal Italia mengatakan bahwa “seseorang tidak bisa diajari untuk menjadi yang diinginkan. Potensi itu bukan keinginan, akan tetapi suatu hal yang dimiliki diri sendiri yang mungkin tidak sama persis dengan orang lain. Namun, hal yang bisa dilakukan adalah menggali potensi dirinya dengan cara membantunya menemukan siapa dirinya”.  

Kata Kata Bijak dari Bung Tomo

Salah satu pahlawan nasional Indonesia, Bung Tomo ini mempunyai semangat kemerdekaan yang tinggi. Semangatnya mempengaruhi masyarakat sekitarnya. Adapun motivasi kemerdekaan dari Bung Tomo seperti “Keinginan merdeka tidak hanya diucapkan melalui lisan saja.

Keinginan merdeka harus direalisasikan melalui tindakan nyata. Selama darah mengalir dalam tubuh, selama itulah terdapat kesempatan untuk merdeka. Selama darah masih mengalir, selama itu mempunyai tenaga untuk tidak menyerah mewujudkan kemerdekaan Indonesia yang ditandai dengan berkibarnya sang merah putih”.

Kalimat Bijak dari Mahatma Gandhi

Seorang yang kerap dikenal dengan sebutan Mahatma Gandhi ini merupakan filsuf India. Kalimat bijaknya ini seputar sikap manusia. Setiap manusia harus bersikap sesuai dengan norma masyarakat dan tidak merugikan orang lain. “Berperilaku jujur merupakan suatu keharusan. Kejujuran itu tidak akan merusak kehidupan. Jujur sulit dilakukan. Namun, setiap orang bisa bersikap jujur dalam setiap tindakannya jika memang berniat baik dan membiasakannya. Dalam artian, bukan berarti jujur yang sulit dilakukan itu tidak bisa mungkin dilakukan”.

Kata Kata Bijak dari Akio Morita

Setiap orang tentu pernah melakukan kesalahan baik itu disengaja, maupun tidak disengaja. Walaupun seseorang sudah menghindari melakukan kesalahan, namun tak bisa dipungkiri bahwa manusia itu tempat salah dan dosa. Bahkan, dalam mencapai keberhasilan terkadang haus melalui kesalahan terlebih dahulu sebagai pengalamannya.

Mengenai kesalahan, Akio Morita memberikan sebuah kalimat bijak yaitu “Setiap orang wajar melakukan kesalahan. Janganlah merasa takut melakukan kesalahan karena tidak akan berani mencoba. Bukan berarti kesalahan itu wajar dilakukan secara berulang. Namun, tetap harus disikapi dengan berkomitmen untuk tidak mengulang kesalahan yang sama”.

Kalimat Bijak dari Martin Luther King Jr

Menjalani hidup akan bermakna jika terdapat hal yang harus diperjuangkan karena akan menjadi tujuan dalam berkehidupan. Jika tidak mempunyai sesuatu yang harus diperjuangkan, maka hidup bisa dikatakan tidak berharga”. Menanggapi kalimat bijak tersebut, dapat dimaknai bahwa tujuan adalah semangat hidup. Tanpa adanya tujuan yang harus diperjuangkan, maka semangat menjalankan kehidupan yang bermakna akan mustahil dilakukan.

Kata Kata Bijak dari Michelangelo

Michelangelo ini memberikan kalimat bijak yang sangat masuk akal. Sebelumnya, telah terjadi anggapan masyarakat mengenai peran cita-cita. Michelangelo beranggapan bahwa “hidup memang harus mempunyai cita-cita untuk dijadikan sebagai tujuan mencapai keberhasilan. Namun, bukan berarti keberhasilan itu tergantung dari cita-cita setinggi langit.

Memiliki cita-cita yang terlalu tinggi, namun tidak bisa mencapainya secara penuh itu tidak bisa dikatakan berhasil. Melainkan, sebaiknya mempunyai cita-cita yang datar dan mampu mencapainya secara penuh dan memberikan hasil terbaik. Dengan demikian hasil dari tujuan yang ingin dicapai akan secara maksimal dan memberikan kepuasan”.

Kata Kata Bijak dari Zig Ziglar

Zig Ziglar adalah seorang motivator yang berasal dari Amerika Serikat. Motivator ini telah memberikan semangat dalam melakukan sebuah usaha. Menurut Zig Ziglar bahwa “akhir dari segalanya itu bukan persoalan menang. Hal terpenting dari segalanya adalah proses dalam mencapai kemenangan”.

Setiap usaha pasti ada menang dan kalah. Menang bukan akhir dari segalanya dan puas dengan apa yang dicapainya. Justru harus tetap berproses mempertahankan kemenangannya. Sebaliknya, bukan berarti kalah akhir dari segalanya. Melalui pengalaman dalam mencapai usaha tersebut akan mengantarkan pada kemenangan”.

Kata Kata Bijak dari John Gay

John Gay merupakan seorang pujangga dan dramawan yang berasal dari negara Inggris. John Gay ini mempunyai sebuah motivasi yang didapatkan berdasarkan pengalaman yang dipetiknya. Kalimat bijak tersebut adalah “Manusia tidak bisa bergantung pada suatu hal tertentu untuk selamanya.

Ketergantungan tersebut tidak bisa menjamin kehidupan yang dijalani akan berjalan dengan lancar. Bergantung pada orang lain tidak bisa dilakukan secara terus menerus. Sebaliknya, bergantung yang bisa diandalkan sebenarnya adalah bergantung pada diri sendiri”.

Kalimat Bijak dari Nido Qubein

Seorang motivator asal Amerika Serikat ini sangat benar perkataannya. Apa yang dikatakan benar adanya dan masuk akal. Motivator tersebut adalah Nido Qubein. Bagi sang motivator tersebut “seorang pemenang itu dalam mencapai tujuannya berdasarkan standar tujuan yang harus dicapainya. Sedangkan, bagi seorang pecundang beranggapan bahwa menang itu bukan berdasarkan targetnya melainkan berdasarkan perbandingan yang dicapai orang lain.

Kata Kata Bijak dari Anton Chekhov

Kata Kata Bijak dari Anton Chekhov
Kata Kata Bijak dari Anton Chekhov

Seorang dramawan Rusia yang bernama Anton Chekhov yang lahir pada tahun 1860 hingga wafat pada tahun 1904 ini juga turut menyumbangkan motivasinya pada masyarakat. Motivasinya tersebut menyangkut dengan kehidupan sekitar yang seringkali orang melupakan.

Banyak orang yang memiliki ilmu pengetahuan yang luas, namun hanya sebuah teori dan kurang dalam mempraktikkannya. Seorang Anton Chekhov ini seakan mengingatkan melalui motivasi yang dibagikannya yakni pengetahuan tidak akan bermakna jika tidak dipraktikkan”.

Kata Bijak dari Jalaluddin Rumi

Serang penyair asal Persia yang bernama Jalaluddin Rumi ini telah memberikan motivasi untuk bisa diterapkan umat manusia. Motivasinya tersebut sangat bijak. Kalimat bijak yang dikeluarkan tersebut adalah “setiap orang mempunyai potensi diri yang bisa dikembangkan. Jadi hal yang harus dilakukan adalah mencari apa yang ada dalam diri dan janganlah melihat apa yang ada di luar. Potensi yang di luar diri bisa jadi tidak sama dengan potensi diri”.

Kalimat Bijak dari Larry Elder

Setiap orang tentu menginginkan tujuannya bisa tercapai secara keseluruhan. Namun, tidak semua orang sadar harus mempunyai strategi untuk mencapai tujuannya tersebut. Larry Elder, seorang pembicara radio dan televisi yang berasal dari negara Amerika Serikat ini seakan mengingatkan kepada masyarakat agar tidak hanya tujuan saja yang harus dimiliki. Bagi Larry Elder menyatakan bahwa “Tujuan tanpa strategi atau perencanaan yang optimal juga tidak akan menghasilkan ketercapaian yang sesuai harapan. Tujuan tanpa perencanaan hanya akan menghasilkan angan-angan belaka”.  

Kata Kata Bijak dari Percy Bysshe Shelley

Hidup itu terus berjalan. Waktu berjalan mengarah ke depan, bukan berjalan mundur. Masa lalu tidak akan bisa diputar kembali. Seindah apapun tidak bisa diputar. Sebaliknya, seburuk apapun juga tidak bisa diperbaiki. Hal yang bisa dilakukan adalah memperbaiki keburukan di masa lalu untuk menjadikan keindahan dan kebahagiaan di masa depan. Menurut Percy Bysshe Shelley menyatakan bahwa “masa depan tidak perlu ditakuti akibat masa lalu yang penuh dengan tangisan”.

Kalimat Bijak dari Confucius

Kalimat Bijak dari Confucius
Kalimat Bijak dari Confucius

Confucius, seorang filsuf yang terkemuka dari Cina memberikan kalimat bijaknya bahwa “manusia yang unggul akan selalu bersikap rendah hati ketika berbicara. Manusia unggul tidak akan merasa dirinya unggul, namun merasa dalam dirinya masih ada yang perlu diperbaiki lagi untuk menjadi unggul. Manusia unggul tidak mengandalkan pembicaraannya yang menandakan keunggulannya tersebut. Melainkan, akan bertindak secara optimal memberikan hal yang luar biasa”.

Kata Kata Bijak dari Harold Stephens

Mungkin kata “cemas” dan “gelisah” ini seringkali diartikan sama oleh kebanyakan orang. Namun, bagi Harold Stephens tidak demikian. Gelisah dan cemas itu maknanya berbeda baginya. Harold Stephens mengatakan bahwa “orang yang cemas itu dikarenakan sedang dihadapkan suatu masalah.

Sedangkan, orang yang gelisah itu yang berkeinginan untuk segera memecahkan masalahnya agar terselesaikan”. Harold Stephens ini merupakan seorang petualang dan penulis yang berasal dari Amerika Serikat. Pemikirannya banyak yang sudah terabadikan melalui tulisan.

Kata Kata Bijak dari CS Lewis

Siapa sih penyuka dongeng yang tak mengenal tokoh satu ini? Ya, CS. Lewis adalah tokoh yang mengarang sekuel Narnia. Kadang, melalui dongeng yang serba imajinatiflah kita bisa termotifasi. Nah, kalimat bijak yang dikeluarkan oleh CS Lewis ini sangat bermanfaat untuk semua orang.

Mungkin banyak orang yang merasa terlambat untuk mencapai sebuah tujuan. Dengan semangat dari CS Lewis akan mengubah pemikiran tersebut. CS Lewis berpandangan yang berbeda mengenai mencapai sebuah tujuan.

Tujuan itu tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang berumur muda saja. Seberapa pun umur orang akan masih memiliki harapan untuk mencapai sebuah tujuan, sekalipun sudah tua. Lewis beranggapan bahwa “Tidak ada kata terlambat untuk menggapai cita-cita. Bukan hanya pemuda saja yang berhak memiliki mimpi. Akan tetapi, semua orang dan semua kalangan berhak mewujudkan mimpinya”.

Kata Kata Bijak dari Samuel Johnson

Suatu peluang adanya keberhasilan itu berasal dari usaha keras. Tidak ada keberhasilan yang datang secara instan. Semuanya melalui prosesnya yang dijalankan dengan optimal. Apabila menemui ketidakberhasilan, janganlah menyalahkan keadaan karena hal yang berperan dalam hal ini adalah proses atau usaha maksimal setiap orang”.

Kata Kata Bijak dari Bill Cosby

Menurut Bill Cosby “humor itu juga penting dilakukan karena dapat memperlunak hati yang sedang dalam kondisi terpuruk. Membangkitkan hati terkadang membutuhkan sebuah pelunak melalui situasi candaan. Walau berada dalam situasi yang sangat menyakitkan, dengan adanya humor bisa mengubah situasi tersebut menjadi lebih hangat”.

Kata Kata Bijak dari Kirsten Dunst

Kata Kata Bijak dari Kirsten Dunst
Kata Kata Bijak dari Kirsten Dunst

Menurut sang artis asal Amerika Serikat yang bernama Kirsten Dunst menyatakan bahwa “keindahan itu berasal dari sikap percaya diri. Tanpa sikap percaya diri sama saja menyiksa diri sendiri untuk takut menghadapi tantangan. Dengan rasa percaya diri, semua yang dijalankan akan terasa lebih ringan. Disamping itu, nyaman dalam berpikir dan mengambil keputusan ini juga merupakan rahasia dari keindahan”. Motivasinya tersebut terabadikan dalam sebuah tuangan pikiran kedalam tulisan.

Artikel ini telah menyajikan kata kata bijak yang pernah ditulis tokoh-tokoh tersebut. Kalimat bijak tersebut berasal dari pemikiran parah tokoh yang telah tertulis. Semoga bermanfaat dan terpengaruh untuk selalu semangat menjalani hitam putih kehidupan ini.

To Top