Inspirasi

Suka Kata Kata Mutiara? Yuk Baca dan Resapi!

Suka Kata Kata Mutiara Yuk Baca dan Resapi!

Kata kata mutiara seringkali membangkitkan semangat dan menyadarkan diri seseorang untuk bertindak yang seharusnya dilakukan. Kata “mutiara” ini sebagai persyaratan sesuatu yang indah.

Telah diketahui bahwa mutiara itu berupa perhiasan yang mengkilap dan berwarna putih yang didapatkan dari laut. Oleh sebab itulah, dijadikan sebagai perumpamaan kalimat yang dirangkai seperti indahnya mutiara. Berikut ini kalimat mutiara yang memberikan muatan positif.

Kata Kata Mutiara Tentang Bangkit dari Keterpurukan

“Kegagalan bisa menjadi titik penyemangat baru yang bisa mencapai keberhasilan lain di rencana lain. Masa depan itu tidak ditentukan oleh masa lalu yang kurang beruntung. Masa depan ditentukan bagaimana diri sendiri menanggapi kegagalan yang pernah terjadi”.

Yakinlah setiap orang berpotensi mengalami kegagalan dan keberhasilan. Mungkin tidak ada satu pun orang di dunia ini yang bidak pernah merasakan pahitnya gagal. Semua orang pasti merasakannya walaupun itu dalam hal yang sepele.

Kata Kata Mutiara Tentang Mengikhlaskan

“Tanpa disadari terkadang seseorang tidak merasa menyakiti orang lain yang ternyata memberikan rasa yang pahit. Tidak ada orang yang ingin terluka hatinya.

Namun, apapun yang terjadi itu diluar kendali. Sebagai sesama manusia tidak perlu membalas keburukan yang dilakukan oleh orang lain dengan cara yang sama. Justru bersama dengan kondisi menerima merupakan cara terhebat untuk mengatasi hati yang sakit.

Kata Kata Mutiara Tentang Keluarga (Orang Tua)

“Berbeda pendapat dengan orang lain itu adalah hal yang wajar, termasuk dengan orang tua. Apa yang dianggap baik bagi seorang anak belum tentu dianggap baik pula di mata orang tua. Janganlah gegabah untuk saling menyalahkan pendapat antar anggota keluarga karena setiap pendapat itu mempunyai sisi baik dan keindahan dari sudut pandang yang berbeda”. Menjaga kenyamanan keluarga itu sangat penting diatas segalanya. Keluarga adalah utama dan prioritas setiap orang seharusnya.

Kata Kata Mutiara Tentang Pujian dan Celaan

“Jiwa yang kuat itu yang tahan dengan apapun yang membuat dirinya goyah. Apabila jiwa tidak tergoyah disitulah keistimewaannya berada. Jangan pula mudah terhanyut dengan datangnya pujian. Ingatlah tidak selamanya pujian itu bagus untuk diri ini. Pujian bisa menghanyutkan diri menjadi lalai. Sesuatu yang indah di dunia ini tidak selalu terbaik. Sebaliknya datangnya sesuatu yang buruk juga belum tentu mendatangkan keburukan”.

Ketahuilah kekuatan seseorang tidak hanya dari fisik saja, melainkan bisa dengan ketahanannya terhadap celaan dan juga pujian”. Pujian dan celaan itu pasti menghampiri setiap orang yang hidup di dunia tanpa terkecuali.

Kalimat Mutiara Bidang Komunikasi

“Setiap orang itu memiliki cara berpikir yang berbeda. Perbedaan itu berasal dari latar belakang kehidupannya. Ucapan yang dilontarkan kepada orang lain akan langsung didengar dan tidak bisa ditarik ulang seperti pesan media sosial. Berhati-hatilah dalam berucap karena setiap ucapan itu bisa memasuki relung hati yang membuat orang lain tidak nyaman. Jadi pikirkan terlebih dahulu sebelum membuat kalimat yang dilontarkan dalam bentuk lisan. Ingat lisan itu sangat berbahaya”. Komunikasi tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang membutuhkan hal ini.

Kata Kata Mutiara Tentang Kesabaran

“Bersabarlah dalam setiap masalah yang datang. Ingatlah setiap masalah yang ada di dunia ini pasti ada jalan keluarnya. Sabar adalah cara terhebat dalam menghadapi masalah. Sebaliknya, emosi hanya akan mendatangkan keburukan yang sulit dipecahkan. Menuntaskan masalah bisa diselesaikan dengan hati yang damai. Jadi modal sabar bisa menciptakan kedamaian”.

Kata Kata Mutiara Tentang Cinta

“Cinta itu memang bersifat sebagai penyemangat hidup. Segala hal akan bersemangat karena hadirnya cinta. Tanpa cinta kehidupan di dunia ini akan hampa. Dibalik itu semua, perlu diingat bahwa hadirnya cinta juga bisa merusak segalanya. Cinta yang hadir perjalanannya tidak selalu sesuai harapan. Sewajarnya saja jika memberikan cinta pada dunia karena pada dasarnya segala hal yang ada di alam semesta ini tidak akan abadi dan tidak pasti”.

Kalimat Mutiara Bidang Kesehatan

“Jagalah kesehatan sejak dini. Ingat kesehatan itu sangat berharga di atas segalanya. Tanpa memiliki jiwa raga yang sehat, kehidupan tidak akan berjalan mulus. Apapun yang ingin dikejar tidak akan tersampaikan jika tidak memiliki tenaga yang kuat. Kecerdasan dan kesehatan jiwa memang sangat penting. Namun, itu semua tidak akan terkendali jika fisik lemah”.

Kata Kata Mutiara Tentang Syukur

“Bersyukur bisa dimaknai dengan saling berbagi terhadap sesama. Bersyukur akan terasa jika menang direalisasikan dalam bentuk yang nyata. Berbagi kebahagiaan salah satu wujud dari syukur. Berbagi kebahagiaan itu tidak akan mengurangi rasa bahagia. Justru dengan berbagi bahagia, diri ini menjadi lebih berarti ketika melihat orang lain bahagia. Baik bentuk kesuksesan, harta, kepandaian bisa dibagi kepada orang lain”.

Kata Kata Mutiara Bidang Pendidikan

Kata Kata Mutiara Bidang Pendidikan
Kata Kata Mutiara Bidang Pendidikan

“Ilmu didapatkan dari proses pendidikan. Nilai itu hanya berupa goresan yang ada di atas permukaan kertas. Sejatinya, ilmu itu sangatlah luas. Jika telah merasa ilmu yang diperoleh sudah maksimal, maka keoptimalan hidup berarti belum tercapai. Sejatinya dalam hidup harus selalu mengarah ke atas untuk memiliki semangat optimis mendapatkan mendapatkan apa yang belum tercapai. Ilmu itu tidak terbatas. Sifatnya itu sangat luas”.

Kata Kata Mutiara Bidang Pekerjaan

“Semua pekerjaan itu baik. Semua pekerjaan itu bisa mendatangkan kesuksesan. Tergantung dari diri sendiri menekuni suatu pekerjaan tersebut. Segala hal yang ditekuni akan mengawali kesuksesan. Tekun adalah modal dari segalanya. Akan tapi, tidak bisa dipungkiri bahwa tekun berasal dari cinta. Jadi cintalah yang perlu ditumbuhkan dalam diri untuk memulai sebuah pekerjaan. Tanpa mencintai pekerjaan yang digeluti, maka rasa tekun juga tidak bisa ditumbuhkan”.

Kata Kata Mutiara Tentang Kebutuhan Hidup

“Jangankan manusia, binatang pun memiliki rezeki untuk bisa bertahan hidup. Jika manusia memiliki akal, seharusnya bisa memanfaatkan potensi yang dimilikinya untuk lebih sanggup bertahan hidup. Tuhan itu sudah menganugerahkan akal sehat sebagai modal yang harus dipunyai manusia untuk masa depannya. Jadi dunia ini tersedia untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia, bukan untuk memenuhi keserakahan. Semua makhluk pasti memiliki rezeki, tak terkecuali binatang”.

Kata Kata Mutiara Tentang Tanggung Jawab

“Tanggung jawab tetaplah sebuah tanggung jawab. Tanggung jawab tetap harus dipenuhi karena jika tidak akan ada pihak lain yang membutuhkan pengabdian Anda. Segala hal yang Anda lakukan itu menjadi suatu bentuk tanggung jawab terhadap orang lain. Seberat apapun tanggung jawabnya, tetap harus diselesaikan. Lari dari tanggung jawab itu bukanlah solusi terbaik dari sebuah masalah. Justru akan menimbulkan masalah besar yang lebih merugikan orang lain. Janganlah pergi dari kewajiban Anda! Selesaikan terlebih dahulu jika ingin tidak menciptakan masalah baru.

Kata Kata Mutiara Tentang Kesuksesan

“Sukses itu tidak berasal dari hal instan. Sukses berawal dari kegagalan. Percayalah kegagalan bisa diambil hikmahnya untuk dipelajari untuk menjadi sukses. Orang yang bijak dan luar biasa tidak akan terpuruk dengan kegagalan. Justru memaknai suatu kegagalan menjadi hal luar biasa. Dari kegagalan, seseorang bisa mengambil keuntungan dan mencoba lagi dengan cara yang berbeda”.

Kata Kata Mutiara Tentang Bakat

”Percayalah bahwa orang yang berbakat akan kalah dengan orang yang tekun. Orang yang memiliki jiwa pekerja keras akan mempunyai kualitas lebih baik dari orang yang sekedar memiliki bakat tanpa berusaha keras. Semua itu dapat terkalahkan jika tidak diimbangi dengan ketekunan. Jadi bakat bukan menjadi alasan mutlak untuk menjadi mampu dan sukses. Memang beruntung orang yang memiliki bakat, tapi sangatlah rugi jika tidak mempunyai ketekunan dan keseriusan hidup. Jadi antara bakat dan tekun haruslah seimbang”. Walaupun orang yang memiliki bakat itu lebih mudah mempelajari daripada yang tidak mempunyai bakat, namun itu semua bisa disaingi dengan modal tekun.  

Kata Kata Mutiara Tentang Jodoh

Kata Kata Mutiara Tentang Jodoh
Kata Kata Mutiara Tentang Jodoh

“Pertahankanlah laki-laki yang bisa mendekatkan dirimu dengan surga. Hidup bukan hanya persoalan mengenai bahagia. Hidup itu memiliki tujuan. Tujuan berumah tangga bukanlah hanya bahagia bersama teman hidup. Ketahuilah bahwa tujuan hidup itu untuk beribadah dan berujung pada dunia akhirat yakni mencapai surga. Pencapaian tujuan hidup akan terealisasikan dengan jodoh yang bisa mengantarkan kesana”.

Kalimat Mutiara Bidang Ekonomi

“Bekerjalah sesuai dengan bidang yang Anda miliki. Galilah semua potensi yang Anda miliki. Percayalah Tuhan memberikan potensi pada setiap umat manusia. Setiap potensi yang dimiliki pasti mendatangkan keberkahan dan kebahagiaan sebagai bekal untuk bertahan hidup. Optimalkanlah segala potensi yang dipunyai. Kerja keras tidak akan menghianati setiap proses yang dilalui. Tidak perlu khawatir akan kekurangan harta selama mau berusaha dan menekuni kemampuannya.

Kata Kata Mutiara Bidang Sosial

“Tak hanya bidang ekonomi saja, manusia butuh bersosialisasi. Mempererat kerabat tentu akan mendatangkan kebahagiaan. Suasana tenteram akan tercipta dengan adanya kekerabatan yang begitu erat. Betapa indahnya dunia ini jika terjalinnya hubungan sosial yang erat antar sesama. Betapa indahnya cerita dunia ini jika diwarnai dengan beragamnya suku, bangsa, dan budaya Indonesia”.

Setiap manusia memiliki karakter masing-masing yang tidak bisa disamakan. Setiap manusia memiliki latar belakang yang berbeda antar satu dengan lainnya. Jangankan dari sebuah negara. Sebuah keluarga yang terlahir beberapa saudara kandung pun memiliki banyak perbedaan. Entah itu dari wajah, fisik, maupun sifat masing-masing. Perbedaan setiap individu itu sangat wajar terjadi. Tugas dari setiap orang kini hanya berkewajiban untuk mentoleransi semua perbedaan yang ada. Selain itu, mengambil hikmah dari setiap perbedaan.

Kata Kata Mutiara Bidang Nasihat

“Dalam berkehidupan, manusia tentu mengalami masalah. Setiap masalah yang terjadi pasti membutuhkan sebuah solusi sebagai pemecahannya. Dunia ini tempat ujian, jadi sangat wajar jika akan menemui badai kehidupan di depan mata. Nasihat adalah obat dan modal untuk melakukan yang terbaik untuk memecahkan suatu masalah. Orang yang bijak sekali pun seringkali membutuhkan nasehat dan pendapat orang lain. Ibarat seorang dokter yang sakit itu tidak bisa mengobati dirinya sendiri, melainkan membutuhkan bantuan orang lain”.

Kata Kata Mutiara Bidang Agama

Kata Kata Mutiara Bidang Agama
Kata Kata Mutiara Bidang Agama

Manusia membutuhkan sebuah pedoman dan panduan untuk dijadikan pegangan hidup. Manusia akan menemui sebuah masalah dan ujian. Semua hal itu bisa diatasi dengan panduan yang benar. “Menguasai agama memiliki arti yang sangat berharga untuk berkehidupan di dunia dan akhirat”.

Urusan akhirat merupakan hal terpenting karena bagian dari tujuan hidup itu sebenarnya. Manusia bisa menyelesaikan masalah hidupnya jika memiliki pedoman hidup yakni agama yang kuat.   

Semua bidang yang telah disebutkan satu per satu mengandung kata kata mutiara yang berkesan. Seluruh kalimat mengandung muatan positif untuk kehidupan yang lebih baik. Setiap orang harus selalu mengubah perilakunya menjadi lebih baik jika ingin berkehidupan yang tenteram. Bisa melalui nasihat atau meresapi kata mutiara.

To Top