Inspirasi

Kebaikan Akan Berbalas Dengan Kebaikan Pula

Kebaikan – Berikut ini kami akan menceritakan sebuah kisah inspiratif yang mungkin dapat memberi inspirasi dan motivasi bagi sobat-sobat sekalian. Sebuah kisah tentang seorang ayah yang bijaksana dalam mengajar dan membimbing anaknya. Seorang ayah yang dapat dijadikan teladan dalam mendidik anak-anak kita.

Alkisah, sang ayah bersama anaknya pergi kesebuah hutan untuk berjalan-jalan. Ketika mereka telah sampai dihutan, sang ayah membiarkan anaknya sendiri tanpa pengawalan dari darinya. 

Ketika sang anak sedang berjalan, tiba-tiba ia terjatuh dan berkata, “tolooooooong yah…..” , sang ayah diam saja dan tidak mau menolong anaknya tersebut. Sang anak akhirnya berusaha berdiri sendiri dan mengerang kesakitan, “aduuuh, saaakit” sambil bangun dari posisi jatuhnya. Tanpa disangka-sangka terdengar sahutan entah dari mana, “aduuuh saaakit” , persis seperti yang ia teriakan tadi.

Sang anak menjadi penasaran, dia lalu berteriak lagi : “heeeeiiii…kau siapaaaaa?”, lalu terdengar balasan suara lagi persis seperti yang ia teriakan tadi. Sang anak semakin marah dan berteriak semakin lantang :” hei..jika berani, datanglah kesini”, balasan dengan dengan suara yang sama  datang lagi. Anak itu kesal dan berteriak : “bodoh kau..!!!!”, dan suara itu kembali membalasnya.

Sang ayah lantas datang menghampiri anaknya dan berteriak :”hai orang baik….”, balasan yang sama datang membalas ucapan sang ayah. Sang anak bingung, lalu sang ayah kembali berteriak, “engkau orang shaleh….!!”. Dan suara itu kembali membalasnya demikian juga.

kebaikan akan berbalas kebaikan

Sang anak akhirnya bertanya kepada sang ayah. “Ayah, siapa orang itu?, dia mengejekku tapi malah memuji ayah?, aku berkata kasar, dia juga membalasnya dengan kasar”.

Sang ayah tersenyum dan berkata :”itu bukanlah orang nak, itu adalah gema”.  “Gema? apa itu gema?”, sahut sang anak. Sang ayah menerangkan bahwa gema adalah pantulan suara yang diucapkan. Apa yang diucapkan akan dipantulkan kembali persis seperti yang diucapkan.

” Sebenarnya inilah tujuan kita datang kemari nak”, kata sang ayah. “Ayah ingin dirimu memahami tentang nilai kehidupan. Dalam kehidupan ini, kita harus memahami bahwa setiap kebaikan akan berbalas dengan kebaikan pula. Dan setiap keburukan akan mendapat keburukan pula”. 

“Layaknya seperti bunyi gema tadi, bila engkau meneriakkan perkataan kasar, maka balasan yang kasar pula yang engkau terima, dan bila engkau ucapkan kata-kata yang baik, balasan yang baik pula yang engkau dapatkan, maka tebarkanlah kebaikan jika engkau ingin mendapatkan kebaikan pula”, kata sang ayah sambil tersenyum.

Alam telah memberi pelajaran bahwa yang baik kita berikan maka yang baik pula akan kita terima sebagai balasannya

Loading...
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kebaikan Adalah Investasi - LoperOnline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top