Inspirasi

Ide untuk Memanfaatkan Waktu Luang Sempit di Kantor Agar Lebih Produktif

Ketika punya waktu luang di kantor biasanya apa yang Anda lakukan? Waktu luang di sini bukan waktu luang yang memungkinkan Anda untuk nonton film favorit di tablet Anda atau pergi keluar kantor, tapi waktu luang yang hanya berkisar sekitar 10 – 20 menit saja yang tentunya tidak sempat untuk dibuat melakukan sesuatu yang menyenangkan tapi juga rasanya sayang kalau hanya dihabiskan untuk duduk melamun tanpa melakukan apapun. Waktu ini biasanya tersedia saat sebelum meeting atau saat sebelum jam pulang kantor, atau saat sebelum janjian bertemu dengan atasan. Beberapa ide berikut mungkin bisa meninspirasi Anda bagaimana sebaiknya memanfaatkan waktu luang sempit di kantor agar lebih produktif.

  1. Membaca File yang Ingin Anda Baca

Tentunya Anda memiliki beberapa artikel atau file yang Anda simpan di gadget atau komputer Anda yang belum sempat terbaca. Waktu yang hanya 10 menit itu bisa Anda manfaatkan untuk membaca artikel-artikel tersebut selain dapat menambah pengetahuan, juga dapat membuat otak Anda lebih produktif.

  1. Membersihkan Inbox

Bingung mau ngapain di waktu yang hanya 20 menit sebelum meeting di mulai sementara tidak cukup untuk memulai pekerjaan baru, coba manfaatkan waktu Anda untuk membersihkan inbox email Anda, mensortis email-email yang tak lagi penting dan memberikan banyak ruang untuk email-email yang akan masuk.

  1. Menelpon

Waktu 10 menit bisa Anda manfaatkan untuk menelpon orang tua atau teman yang memang sudah lama ingin Anda hubungi. Waktu yang sesingkat itu ternyata dapat membuat senyum di wajah ayah dan ibu Anda atau mempererat tali silahturahmi dengan teman lama.

  1. Menambah Penghasilan

jika Anda seorang blogger, tentunya Anda tahu bahwa waktu sesingkat 20 menit bisa Anda manfaatkan untuk menulis artikel singkat sekitar 300 – 500 kata dan kalau diposting di beberapa media online, Anda bisa mendapat bayaran yang walaupun tidak banyak tapi cukup lumayan untuk menambah penghasilan.

  1. Merapikan Meja Kerja

Selalu tidak punya waktu untuk merapikan meja kerja? Well, mengapa Anda tidak memanfaatkan waktu luang sempit di kantor yang tak seberapa itu untuk mulai merapikan meja kerja Anda selain lebih enak dipandang, ketika Anda kembali ke meja kerja Anda lagi, Anda dapat lebih leluasa bekerja.

  1. Waktunya Mencapai Target

Target yang dibuat tidak muluk-muluk cukup sesuatu yang bisa Anda lakukan dalam waktu singkat. Misalnya Anda sedang belajar sebuah bahasa baru, gunakan waktu singkat itu untuk menghapalkan setidaknya lima kata baru.

  1. Berolahraga Ringan

Tidak perlu olah raga yang aneh-anek, cukup dengan berdiri di samping meja Anda dan gerakkan tubuh Anda. Setidaknya hal ini dapat membantu tubuh dan fikiran Anda menjadi sediikit lebih relax, apalagi ketika Anda hendak menemui bos besar.

  1. Meditasi

Siapa bilang meditasi itu ribet? Yang perlu Anda lakukan hanyalah duduk di kursi Anda dan lakukan meditasi sederhana seperti menahan nafas dan menghebuskan nafas dengan pola tertentu.

  1. Membuat Daftar Pekerjaan

Dari pada bingung tidak tahu harus berbuat apa, coba buat daftar pekerjaan yang harus Anda lakukan hari itu, sehingga ketika Anda selesai meeting, Anda sudah tidak perlu bingung lagi harus memulai pekerjaan dari mana.

  1. Menghadiri Meeting Lebih Awal

Waktu yang hanya 10 menit itu bisa juga Anda manfaatkan untuk datang ke ruang meeting lebih awal, selain memberikan nilai plus di mata atasan Anda juga punya sedikit waktu untuk menenangkan fikiran sebelum meeting di mulai.

Tentunya hal ini tergantung dari jenis pekerjaan Anda masing-masing, ide di atas hanya sekedar inspirasi saja bahwa waktu luang yang sedikit itu ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan hal-hal yang produktif yang ternyata tak hanya dapat meningkatkan image Anda tapi juga dapat memaksimalkan potensi Anda di kantor.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top