Inspirasi

Pelacur, pembunuh masuk surga, ahli ibadah masuk neraka ?

Pelacur, pembunuh masuk surga, ahli ibadah masuk neraka ?

Masih ingatkah anda kepada kisah seorang pelacur pada zaman Rasulullah Saw, seperti yang di riwayatkan:

Ketika ada seorang pelacur yang sedang bertobat memohon ampun menyesali perbuatannya di masa lampau, ketika ia berjalan di tengah padang pasir yang tandus tampaklah ada sebuah sumur dan di sebelahnya ada seekor anjing yang sedang kehausan, rupanya anjing tersebut ingin minum air yang ada di dalam sumur tersebut tapi apa daya ia tak bisa berbuat apa-apa. Melihat hal itu wanita tadi rupanya bersusah payah mengambil air di dalam sumur tersebut dan segera di minumkan ke anjing tadi dan selamatlah anjing itu. Akibat perbuatannya tersebut Allah Swt telah mengampuni dosanya dan di masukkan ke surga.

Pelacur, pembunuh masuk surga, ahli ibadah masuk neraka

Ada lagi kisah seorang pembunuh yang sudah membunuh 99 jiwa kemudian ia bertobat dan datang ke seorang pendeta, ia berkata,” apakah dosaku bisa diampuni, apakah ada tempat jalan untuk bertobat?” jawab pendeta tersebut “Tidak ada”. Karena tidak mendapatkan jawaban yang memuaskan dirinya maka di bunuhlah pendeta itu sehingga bertambahlah 100 jiwa yang telah dibunuhnya.

Kemudian ia berjalan lagi menanyakan keinginannya untuk bertobat kepada orang alim, orang alim itupun berkata” pergilah kamu ke negeri dimana disana insha Allah dosamu di ampuni. Maka segeralah ia pergi ke tempat yang dimaksud orang alim tadi. Berhari-hari ia berjalan menyusuri padang pasir yang tandus dan kering hanya ingin menjumpai suatu negeri yang dapat menerima dan mengampuni semua dosa-dosanya. Pada akhirnya belum sampai di tempat tujuan ia meninggal di tengah jalan.

Tatkala ruhnya akan diangkat oleh malaikat, berdebatlah dua malaikat yaitu malaikat pencatat kebaikan dan malaikat pencatat keburukan, kata malaikat pencatat kebaikan, ” bukankah ia sudah bertobat bersusah payah mencari ampunan Allah?”, sedang malaikat pencatat keburukan berkata,” bukankah dosa-dosanya amat besar setinggi gunung?”. Kemudian Allah Swt mengutus malaikat penengah dan mengatakan kepada kedua malaikat tersebut” hitunglah jarak yang sudah ditempuh oleh pembunuh tadi, jika tempat dimana ia meninggal lebih dekat ke negeri asalnya daripada negeri tujuan maka ia masuk neraka begitu pula sebaliknya”. Ketika dua malaikat mengukur jarak tempat ia meninggal di dapatinya bahwa tempat ia meninggal lebih dekat ke negeri tujuan daripada negeri asalnya, sehingga ia dimasukkan ke dalam surga.

Yang dimaksud ahli ibadah tapi dimasukkan ke dalam neraka adalah mereka orang yang putus asa dari rahmat Allah Swt, orang yang ada sifat sombong di dalam hatinya walau sebiji sawi, tidak berbuat baik kepada ibu bapak, menelantarkan istri dan anak-anak dan menunda-nunda untuk bertaubat.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan dan tuntunan Allah Swt. Amin.

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top