Inspirasi

Referensi Kaligrafi Untuk Hiasan Dinding Penuh Makna

Referensi Kaligrafi Untuk Hiasan Dinding

Bagi umat muslim, Anda pasti sudah tak asing lagi dengan karya seni kaligrafi yang dibuat seindah mungkin oleh seniman sebagai hiasan. Biasanya karya seni tulisan arab ini bertuliskan potongan ayat, hadits, dan sebagainya.

Kepopuleran karya seni ini dimulai sejak abad ke-11. Dahulu, karya seni ini dapat ditemukan di atas batu nisan, stempel, hingga pada permukaan uang logam. Dalam proses pembuatannya, diperlukan tingkat kesabaran dan keuletan yang tinggi. Jika Anda tengah mencari referensi karya seni tulisan arab, simak beberapa rekomendasinya berikut.

Kaligrafi Lafadz Allah

Salah satu karya seni artistik adalah tulisan asma Allah. Jenis ini sangat populer dan banyak digemari oleh kolektor karya seni islami. Karya seni dengan konteks keagamaan ini adalah bentuk ekspresi seni yang diizinkan. Hal ini disebabkan penggambarannya berbentuk abstrak.

Dalam agama, penggambaran figuratif Tuhan tidak diizinkan. Namun, karya seni tulisan satu ini boleh Anda jadikan koleksi dan Anda jadikan sebagai hiasan dinding. Biasanya seni tulisan lafadz Allah sering ditemui di masjid atau musholla, atau di dalam rumah seorang muslim.

Kaligrafi Alhamdulillah

Karya seni tulisan Alhamdulillah umumnya digunakan untuk mengungkapkan rasa syukur. Khususnya rasa syukur atas karunia yang telah Allah berikan.

Kata Alhamdulillah sendiri memiliki makna segala puji bagi Allah. Kata mutiara ini terbilang istimewa karena disebut berulang kali dalam kitab suci Al-Quran. Anda dapat menemukan kata Alhamdulillah pada surat Al-Fatihah, Al-Kahfi, Al-An’am, dan Al-Yunus.

Kaligrafi Asmaul Husna

Kaligrafi Asmaul Husna
Kaligrafi Asmaul Husna

Asmaul Husna adalah kumpulan 99 nama Allah yang indah. Karena keistimewaan Asmaul Husna tersebut, maka banyak sekali seniman yang mengabadikannya dalam wujud tulisan. Karya seni tulisan Asmaul Husna ini selain menampilkan keindahan, juga memberikan kesan keagungan Allah SWT.

Selain bersifat sebagai pajangan, karya seni tulisan Asmaul Husna dapat membuat muslim lebih memahami nama-nama Allah. Diyakini Asmaul Husna dapat mendatangkan keberkahan dan manfaat ketika kita membacanya.

Kaligrafi Assalamualaikum

Karya seni tulisan Assalamualaikum telah lazim dijumpai terutama pada pintu masuk masjid, rumah, atau tempat-tempat lainnya. Karya seni tulisan Assalamualaikum selain sebagai dekorasi juga berfungsi sebagai pengingat untuk selalu mengucapkan salam. Di dalam kalimat Assalamualaikum terkandung doa keselamatan dan keberkahan bagi orang yang diberi salam.

Kaligrafi Ayat Kursi

Salah satu jenis karya seni tulisan Arab yang popular adalah Ayat Kursi. Ayat Kursi adalah salah satu bagian surat Al-Baqarah yang memiliki keistimewaan. Beberapa keistimewaan Ayat Kursi adalah Ayat Kursi mampu menjauhkan manusia dari godaan syaitan. Selain itu, Ayat Kursi diyakini mampu memudahkan datangnya rizki, menurunkan emosi, mendapat penjagaan malaikat, dan sebagainya.

Kaligrafi Bismillah

Kalimat Bismillah adalah kalimat yang sangat familiar bahkan sering dilafalkan oleh muslim sebelum memulai aktivitas jasmani maupun rohani. Bacaan Bismillah dipercaya dapat membuat segala kegiatan menjadi lancar dan bernilai ibadah kepada Allah. Selain itu, ketika membaca basmalah, kita akan mendapatkan berkah dari Allah. Mengucapkan basmalah juga merupakan salah satu bukti kecintaan seorang muslim kepada Allah SWT.

Kaligrafi Subhanallah

Subhanallah biasanya diucapkan ketika seorang muslim mendengar atau melihat hal yang mengguncang hati. Kalimat ini memiliki arti “Maha Suci Allah”. Subhanallah adalah salah satu kalimat tasbih yang disunnahkan untuk dibaca selepas salat.

Terdapat bermacam model dan warna dari karya seni tulisan Subhanallah. Kombinasi rangkaian huruf Arab dengan corak warna yang unik dapat memanjakan mata sekaligus menenangkan hati Anda ketika memandangnya. Anda dapat memasangnya di musholla sebagai pengingat untuk senantiasa mengucapkannya.

Karya Seni Kaligrafi Dua Kalimat Syahadat

Kaligrafi

Dua kalimat syahadat merupakan kalimat yang sakral bagi umat muslim. Syahadat merupakan kalimat pengakuan sekaligus kesaksian terhadap keesaan Allah dan kerasulan

Nabi Muhammad. Hal ini membuat karya seni tulisan dua kalimat syahadat sering dijumpai di tempat-tempat ibadah, seperti masjid dan mushola. Karya seni rohani dengan penampakan visual ini juga dinilai sebagai bentuk kecintaan kepada Allah dan Nabi Muhammad SAW.

Karya Seni Tulisan Arab Kontemporer

Seiring berkembangnya zaman, karya seni tulisan arab kini juga dapat dipadukan dengan ekspresi individu yang lebih bebas. Salah satu bentuknya adalah seni tulisan arab kontemporer. Perbedaan dengan karya seni tulisan arab pada umumnya adalah karya seni ini disajikan dengan tambahan nilai estetika dari karya sebelumnya.

Sebagai contoh, yakni karya seni tulisan Arab dengan tambahan hiasan bulan dan bintang. Karena terdapat hiasan ini, membuat karya seni tulisan arab kontemporer sangat unik dan indah. Cocok sekali untuk dijadikan hiasan dinding rumah maupun gambar latar belakang gadget Anda. Di Indonesia sendiri telah banyak seniman tulisan arab kontemporer.

Kaligrafi Arab Dengan Ornamen Bunga

Kaligrafi Arab Dengan Ornamen Bunga
Kaligrafi Arab Dengan Ornamen Bunga

Bagi Anda pecinta tanaman, karya seni tulisan Arab satu ini cocok untuk Anda pilih. Uniknya, karya seni ini menggabungkan keindahan tulisan Arab dengan bunga mekar yang cantik. Desain karya seni yang sederhana tapi menawan ini pas sekali digunakan untuk menghiasi ruang tamu, ruang keluarga, maupun ruang kerja Anda.

Karya seni tulisan Arab tak hanya dapat dinikmati sebagai karya seni bernilai keindahan saja. Namun, karya seni tulisan Arab juga dijadikan sebagai media ulama mengenalkan kisah agama dan saduran ayat. Oleh sebab itu, karya seni tulisan Arab menjadi bentuk seni yang dihargai umat muslim.

Bagaimana, apakah Anda tertarik untuk membawa pulang salah satu karya seni tulisan Arab di atas? Demikian beberapa referensi karya seni tulisan Arab yang menarik dan indah. Kira-kira karya seni tulisan Arab manakah yang menjadi favorit Anda?

To Top