Inspirasi

Sabar, Lima Huruf Ajaib yang Tidak Ada Batasan Manfaatnya

Sabar, Lima Huruf Ajaib yang Tidak Ada Batasan Manfaatnya

Pernah kesal, setelah curhat panjang lebar namun jawaban pendengar curhatmu adalah hanya menyuruh sabar? Jika kamu tahu artian sabar yang sebenarnya, kamu justru akan berterimakasih karena telah ada yang mengingatkanmu untuk menerapkan satu kata penuh kebaikan itu. Sabar memang maknanya lebih dari satu kata itu sendiri. Sabar memberi banyak manfaat untukmu. Sebelum kamu mencoba mencerna manfaatnya, mari pelajari dulu apa sabar dalam artian sebenarnya.

Sabar Berarti….

Tidak Mudah Marah

Sikap seseorang terhadapmu, kejadian yang tidak sesuai rencana dan hal lainnya yang tidak kamu inginkan memang membuat kesal. Dan seseorang yang sabar tidak akan cepat marah karena hal-hal menyebalkan tersebut. Sabar berarti tenang.

Tidak Gegabah Mengambil Keputusan

Masalah memang harus cepat diselesaikan. Tapi bukan berarti mengambil keputusan tanpa memikirkannya terlebih dahulu. Sabar adalah kondisi di mana kamu tenang, tidak tergesa-gesa yang hanya memikirkan egomu saja, dan setelahnya akan mampu mengambil keputusan yang bijak.

Ikhlas Menerima

Sabar berarti menerima dengan ikhlas apapun hasil dari sebuah masalah yang terjadi. Tidak mengeluh, tidak menyalahkan keadaan apalagi sampai menyalahkan Tuhan dan orang lain. Sabar. Seiring berjalannya waktu kamu akan mengerti, masalah adalah sebentuk ujian untukmu agar semakin kuat.

Bagaimana caranya bersabar

cara bersabar

Menyendiri

Sendiri, menghindari sejenak konflik dan orang-orang yang membuat kesal. Waktu akan membuat perasaan kesal dalam hatimu perlahan memudar. Bisa juga dengan meditasi ringan, seperti menarik nafas dalam-dalam atau meminum air putih.

Diam

Emosi bisa keluar lewat ucapan. Maka saat kesal sudah di pucuk kepala, perintahkan mulutmu untuk rapat. Diam. Setelah perasaan sudah tenang, barulah bicara. Lagipula, biasanya tidak ada kalimat baik yang terlontar saat kamu sedang marah.

Apa manfaat bersabar?

Tidak Cepat Pusing

Sabar membuatmu bisa memilah mana yang merupakan masalah berat dan perlu kamu cepat temukan jalan keluarnya, mana yang sebenarnya hanya masalah kecil. Banyak, lo, orang yang kemudian jiwanya menjadi stres hanya karena terlalu berlebihan, terlalu pusing menyikapi masalah kecil. Sabar, tidak semua masalah harus kamu pusingkan.

Mencegah Terjadinya Masalah Lain yang Lebih Besar

Sabar berarti tidak gegabah. Gegabah bisa terjadi bila kamu tidak memikirkan dulu akibat yang terjadi setelah kamu mengambil keputusan tersebut. Maka dengan bersabar, kamu sudah sekaligus mencegah terjadinya masalah lain terjadi atau masalah semakin besar.

Petunjuk Tuhan

Sebuah masalah berat yang amat membebani pikiranmu atau sebuah masalah yang semakin kamu pikirkan semakin tidak ada jalan keluarnya, bila kamu lalui dengan sabar sesungguhnya akan ditemukan jalan keluar dengan sendirinya. Sabar, berserah. Biarkan Tuhan Yang Maha Tahu menunjukkan jalan. Sebuah kalimat : orang sabar disayang Tuhan, bukan sekadar kalimat klise, lo. Makna di balik kalimat itu benar adanya. Sabar, berarti membiarkan Tuhan Yang Sangat Menyayangimu menunjukkan jalan terbaik untukmu.

Mengerti Setiap Masalah Akan Ada Hikmahnya

Bila kamu sudah berhasil melewati sebuah masalah dengan sabar, maka kamu akan mudah mencerna hikmahnya. Kamu jadi tahu, bila bersabar akibatnya begini, bila tidak akibatnya pun tidak baik. Kamu akan belajar, betapa tidak ada yang akan kamu sesali bila bersabar.

Percayalah, kesabaran akan membuatmu semakin kuat, semakin tegar. Sabar akan memberikanmu banyak pelajaran tentang kehidupan. Sabar bahkan tidak ada batasnya. Bila ada batasnya, berarti kamu hanya menunda kemarahanmu, bukan bersabar dalam artian sebenarnya. Ikhlaslah dalam bersabar. Lakukan sebagaimana yang telah Tuhan tetapkan, karena memang untuk itulah manusia hidup; menjalani kehidupan (dengan sabar).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top