Life

11 Jenis Minuman Olahan Kopi Yang Populer

Seperti saya, mungkin Anda adalah salah satu dari banyak orang penyuka kopi dan nyaris setiap hari bersentuhan dengan minuman ber-caffein tersebut. Bisa jadi Anda menikmatinya di kantor, membeli biji atau bubuknya kemudian diolah sendiri di rumah atau Anda lebih suka menikmati minuman ini di café atau warung kopi sambil bercengkrama bersama keluarga, sahabat atau rekan bisnis. Diantara Anda tentu saja ada yang sudah mengenal dengan baik berbagai jenis biji kopi, darimana asalnya atau jenis produk minuman yang dihasilkannya. Tetapi bagi Anda yang belum mengetahuinya, atau Anda yang selalu menikmati satu jenis olahan saja dan ingin mengetahui jenis yang lain, berikut ini adalah 11 jenis minuman hasil olahan kopi yang paling dikenal dan sering terdapat pada menu di café-café  kesayangan kita.

ESPRESSO

Espresso adalah murni kopi hitam. Berasal dari kata express yang berarti cepat, maka minuman ini diharapkan dapat tersaji dengan cepat kepada pelanggan. Minuman ini dihasilkan dengan mengekstraksi biji kopi yang telah digiling dengan cara menyemburkan air panas di bawah tekanan yang tinggi. Karena tekanan tersebut maka espresso menghasilkan satu komponen bernama crema, yang merupakan busa keemasan yang mengambang dipermukaan minuman ini dimana didalamnya mengandung protein, minyak dan unsur gula. Espresso juga dapat disebut sebagai bahan dasar dari semua hasil minuman olahan kopi yang lain.

SHORT MACCHIATO

Beberapa orang menganggap Espresso terlalu pahit, namun masih menginginkan minuman yang masih kuat unsur kopinya. Bagi mereka, Short Macchiato adalah pilihan yang tepat. Resep pembuatannya sama dengan Espresso, hanya saja ditambahkan sedikit susu steam dan milk foam yang dihasilkannya untuk mengurangi rasa pahit dari Espresso.

 

 

 

CAFÉ LATTE

Semua jenis minuman Latte basisnya adalah kopi susu dengan milk foam. Karena kuantitas susu yang cukup tinggi, maka rasa kopi pada jenis minuman ini kurang terasa dibandingkan dengan Espresso, dan ini sangat cocok untuk pemula. Pada umumnya latte meliputi : 1 cangkir susu yang dipanaskan, 1 seloki Espresso dan micro foam. Selain itu bisa ditambahkan caramel atau saus coklat sebagai topping.

 

CAFÉ au LAIT

Ini adalah kopi susu dengan proses yang sama dengan pembuatan kopi susu di negara kita, hanya saja Cafe au Lait berasal dari bahasa Perancis. Campurannya bukan dari Espresso tetapi dari kopi hitam murni yang dicampur dengan susu panas dengan perbandingan 1:1. Orang Perancis biasanya mengkonsumsi Café au Lait pada pagi hari. Kopi yang telah digiling disaring bersama chicory yaitu sejenis tanaman yang akarnya dibakar dan dapat digunakan sebagai pengganti kopi. Saringan yang digunakan adalah kain katun yang disebut café chussette.

 

CAPPUCCINO

Diantara semua jenis minuman olahan kopi, Cappuccino adalah yang paling banyak penggemarnya. Minuman ini dibuat dari campuran 1/3 Espresso, 1/3 susu yang dipanaskan, 1/3 milk foam (susu yang dikocok hingga berbusa), tapi ada juga yang berpendapat merupakan campuran 1/3 Espresso dan 2/3 microfoam. Cappuccino dikenal dengan kekayaan rasanya dan bisa disebut sebagai saudara tua dari Latte. Yang membedakan Cappuccino dengan yang lain, dimana sajian kopi kebanyakan disajikan dalam gelas, maka Cappuccino disajikan di dalam sebuah cangkir.

 

MOCHA

Mocha merupakan campuran Espresso, susu dan cokelat bubuk/cair. Ada juga yang mengatakan Mocha adalah campuran Cappuccino dengan coklat plus ditambah whipped cream di atasnya. Penambahan bahan coklat disini membuat rasa coklat menjadi kuat. Mocha dibuat dari perbandingan ¼ Espresso, ¼ coklat, ¼ susu dan ¼ whipped cream. Minuman ini juga terkadang disebut sebagai ‘kopi coklat’.

 

 

 

 

AMERICANO

Minuman ini dibuat dari 1 seloki Espresso dengan air panas sebanyak 6-8 ons sehingga membuat minuman ini tidak sekental Espresso. Nama minuman ini semula ditujukan untuk mengejek orang Amerika yang menginginkan Espresso yang lebih encer.

 

 

 

 

 

PICCOLO LATTE

Minuman kopi jenis ini sangat digemari di negeri Kangguru, Australia. Dari sisi pembuatannya, ada yang mengatakan bahwa komposisi Piccolo Latte adalah 1 seloki Espresso 30 ml dicampur dengan susu steam atau susu yang dipanaskan dan disajikan dalam sebuah cangkir ukuran 80 ml. Namun ada juga yang membuatnya dengan  komposisi double Ristretto 20 ml dengan lebih banyak susu dengan tetap menggunakan cangkir ukuran 80 ml. Ristretto adalah sajian kopi serupa Espresso namun dengan air yang lebih sedikit. Memilih menu Piccolo Latte di café dianggap sama dengan mencoba kopi specialty dengan profil light roast ditambah susu. Rasa asam dari kopi diseimbangkan oleh rasa manis dan gurih yang berasal dari susu.

AFFOGATO

Sajian kopi ini bisa digunakan sebagai hidangan penutup. Ada beberapa variasi Affogato, namun resep dasarnya adalah campuran dari satu sendok vanilla gelato atau es krim vanilla yang disiram dengan Espresso panas.

CARAMEL MACCHIATO

Bagi Anda yang menyukai rasa manis, maka Caramel Macchiato adalah pilihan yang paling tepat. Pada umumnya minuman ini disajikan panas. Minuman ini adalah campuran dari Espresso, susu steam dan saus caramel atau perasa caramel.

 

 

 

 

 

KOPI TUBRUK

Sajian kopi ini adalah yang paling sederhana, khas Indonesia dan tersedia dari mulai warung kopi tradisional hingga ke café. Kopi jenis ini bisa disajikan dengan gula bisa juga tidak. Minuman ini lebih enak menggunakan kopi yang fresh baru digiling halus sehingga menghasilkan keharuman kopi yang maksimal. Minuman ini adalah campuran dari air mendidih 200 ml yang didiamkan selama kurang lebih 2 menit. Siapkan 2 sendok teh bubuk kopi. Tuang sedikit air ke dalam cangkir untuk air yang telah diisi kopi, diamkan 30 detik. Tuang lagi keseluruhan air ke dalam cangkir dan biarkan selama 4 menit. Seteleh itu, kopi siap dihidangkan.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top