Life

11 Misteri Besar Dunia Yang Belum Terpecahkan

11 Misteri Besar Dunia Yang Belum Terpecahkan

Dunia yang kita tinggali ini sarat dengan misteri, dan tampaknya kita manusia menyukainya. Dari mulai legenda urban, cerita yang tampaknya dibuat-buat, novel yang kasusnya seolah nyata, sampai dengan yang lebih jauh daripada itu. Para ahli, sejarawan dan peminat misteri mendedikasikan diri mereka untuk mencari jawab dan memecahkan banyak diantara misteri besar dunia, namun beberapa diantaranya sampai saat ini masih belum dapat dipecahkan.

Berikut ini adalah diantaranya, 11 misteri besar dunia yang tak putus-putusnya membuat para ahli mengernyit, melahirkan teori konspirasi dan menarik bagi para peminatnya :

  1. Nazca Lines.

11 Misteri Besar Dunia Yang Belum Terpecahkan

Nazca Lines atau garis Nazca adalah kumpulan geoglyph yang terdapat pada gurun Nazca di sebelah selatan Peru. Geoglyph adalah desain atau motif raksasa (biasanya ukurannya lebih dari 4 meter) yang ditorehkan pada tanah dan dibentuk khas oleh batuan klastik (batuan endapan dan mineral) atau elemen tahan lama di bentang alam seperti batuan, fragmen batu, pohon hidup, kerikil atau tanah. Masyarakat lokal mempercayai bahwa geoglyph ini dibuat nenek moyang mereka pada sekitar antara 500 SM-500 M. Beberapa diantaranya bermotif sederhana, namun tercatat lebih dari 70 buah diantaranya berbentuk aneka macam hewan seperti burung, kera, ikan atau Llama dengan desain terbesar melintasi wilayah sepanjang 200 meter. Untuk apa masyarakat primitif membuat hasil karya indah ini dalam bentuk raksasa, padahal mereka tidak dapat melihat hasil karyanya dari udara?

  1. Beale Ciphers atau Beale Papers

Beale Ciphers adalah kumpulan 3 ciphertext atau kepingan berisi tulisan yang diyakini menunjukkan lokasi terdapatnya harta karun berupa emas, perak dan permata di Amerika Serikat. Kepingan ini pada mulanya ditemukan oleh seorang bernama Thomas Jefferson Beale di tahun 1818 di Colorado. Beale mempercayakan ketiga ciphertext ini kepada sahabatnya sebelum kemudian ia menghilang secara misterius dan keberadaannya tidak pernah diketahui. Hanya ciphertext kedua yang berhasil terpecahkan, dimana dikatakan disana terdapat karta karun yang berlokasi di Bedfort county, Virginia. Lokasi tepatnya harta karun tersebut belum diketahui dan diperkirakan tercantum pada dua ciphertext lainnya yang belum terpecahkan.

  1. Mary Celeste

Pada tanggal 5 Desember 1872, kapal dagang Inggris bernama Mary Celeste ditemukan terapung di Samudra Atlantik dalam kondisi tak berawak. Seluruh penumpang dan awak di dalamnya raib entah kemana. Tidak ada tanda-tanda kekerasan yang terjadi sebelumnya. Kapal tersebut selama sebulan terapung dalam kondisi penuh dengan persediaan makanan dan air untuk kurun waktu 6 bulan. Muatan tak tersentuh sementara barang-barang pribadi milik penumpang dan awak kapal masih berada di tempatnya, termasuk barang-barang berharga. Yang menjadi anomali adalah terdapat satu kapal penyelamat yang hilang, sementara tidak terdengar kabar dari penumpang atau awaknya. Mary Celeste disebut sebagai misteri maritime terbesar sepanjang masa.

  1. Jack the Ripper

Pada tahun 1888 pada daerah kumuh di wilayah Whitechapel, London terjadi pembuhan berantai sadis, dimana korbannya adalah pekerja prostitusi. Meskipun bukan hal yang aneh bahwa orang di wilayah ini ‘menghilang’ begitu saja, namun peristiwa mutilasi disertai surat-surat yang dikirim kepada media setempat tertanda ‘Jack the Ripper’ tak pelak membuat kepanikan di seluruh penjuru kota. Peristiwa yang belum terpecahkan ini memunculkan berbagai teori konspirasi terhadap siapa sebenarnya pelaku pembunuhan ini, dimana beberapa yang sempat dicurigai adalah seorang pengacara, seorang terhukum pembunuh istrinya, seorang dokter dan polisi rahasia berkebangsaan Rusia. Namun identitas asli si pembunuh berantai belum diketahui sampai saat ini.

  1. Segitiga Bermuda

Segitiga Bermuda merupakan wilayah perairan di sebelah barat Atlantic Utara dimana kapal laut dan pesawat terbang yang melintas di atas wilayahnya menghilang secara misterius. Wilayah ini memiliki daftar panjang korban diantaranya adalah 5 pesawat pembom Amerika Serikat bernama Penerbangan 19 atau Flight 19 yang hilang saat melakukan latihan rutin. Bahkan pesawat pencari dan penyelamat nya pun hilang di hari yang sama. Juga ada USSCyclops, kapal milik angkatan laut Amerika Serikat berawak 309 orang, hilang di tahun 1918 sementara itu kapal pesiar bernama Connemara IV hilang pada tahun 1955.

  1. Monster Loch Ness

Pada tanggal 6 Desember 1933, koran Daily Express memuat foto makhluk yang disebut memunculkan diri di danau Ness (Loch Ness) di Scotlandia. Semenjak itu dibentuklah tim investigasi oleh polisi setempat, kabar-kabar hoax, dan tak terhitung banyaknya laporan penampakan sang makhluk danau yang dipanggil Nessi ini. Digambarkan memiliki leher yang panjang, makhluk ini diperkirakan merupakan garis keturunan terakhir dari Plesiosaurus, makhluk yang hidup di awal periode Jurasik. Namun sampai saat belum ada bukti otentik terkait keberadaannya.

  1. Zodiac Killer

Salah satu misteri pembunuhan yang terkenal adalah yang satu ini. Pelakunya menamakan dirinya Zodiac, sehingga kasusnya disebut Zodiac Killer. Pembunuhan berantai ini terjadi dalam kurun waktu tahun 1960-an hingga 1970-an di California. Si pembunuh mengirimkan surat bernada ejekan yang dikirim ke media setempat disertai 4 sandi. Sampai bertahun-tahun kemudian, hanya satu dari keempat sandi tersebut yang berhasil diterjemahkan. Berbilang tersangka telah diinvestigasi, namun misteri pembunuhan dan surat bersandi itu belum terpecahkan hingga kini.

  1. Kryptos

Pada tanggal 3 November 1990, sebuah monumen didedikasikan kepada markas besar CIA di Langley, Virginia. Monumen ini berbentuk kumpulan empat sandi rahasia. Monumen tersebut diberi nama ‘Kryptos’ oleh kreatornya yaitu Jim Sanborn. Sampai 25 tahun kemudian, tiga diantara sandi rahasia itu telah berhasil dipecahkan, namun sandi keempat masih menjadi misteri.

  1. Taos Hum/dengungan Taos

Di awal tahun 1990, di wilayah Taos, New Mexico, beberapa warga mengklaim telah mendengar suara dengungan berfrekuensi rendah. Sebenarnya dengungan ini pernah didengar di beberapa tempat di dunia terutama Eropa, namun laporan yang cukup dikenal adalah yang muncul dari Taos ini, karenanya dengungan ini dikenal dengan nama Taos Hum. Alat super sensitive terhadap suara pernah dipasang di wilayah Taos namun tidak pernah menangkap suara dengungan seperti yang diceritakan warga. Sampai saat ini Taos Hum masih menjadi misteri.

  1. Area 51

Area 51 merupakan daerah terisolasi di Nevada, yang dimiliki oleh pihak Angkatan Udara Amerika Serikat dan digunakan sebagai pusat pembangunan rahasi serta percobaan pesawat tempur terbaru. Area ini memicu teori konspirasi yang sebagian besarnya terkait dengan keberadaan UFO. Dikarenakan area ini adalah area Top Secret disertai bahwa di sekitar wilayah tersebut seringkali ditemui laporan penampakan UFO, maka kombinasi ini yang memunculkan spekulasi mengenai apa yang sesungguhnya terjadi dibalik pagar Area 51.

  1. Big Foot

Big Foot atau arti harfiahnya berarti ‘kaki besar’ juga dikenal dengan nama ‘Sasquatch’. Big Foot adalah makhluk setengah kera setengah manusia (hominoid) yang dikabarkan hidup di hutan di Barat Daya Pasifik, Amerika Utara. Digambarkan memiliki tubuh yang besar dengan tinggi badan lebih dari 2 meter, berbulu dengan berat badan diperkirakan lebih dari 200 kg. Ia juga sempat dipanggil dengan nama “Ts’emekwes” oleh suku Indian Lummi pada masa lalu. Meskipun dianggap sebagai makhluk mitos oleh pada ilmuwan, namun terdapat banyak laporan penampakan bekas jejak kaki raksasa, suara auman di malam hari, dan foto-foto yang meskipun terlihat kabur namun menampakkan sosok makhluk hidup raksasa yang mirip gambaran Big Foot.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top