Life

12 Skill yang Wajib Dimiliki Pengusaha, Sudah Punya Belum?

skill yang wajib dimiliki pengusaha

12 Skill yang Wajib Dimiliki Pengusaha, Sudah Punya Belum? – Halo para generasi milenial!! Di zaman digital sekarang, teknologi sudah sangat akrab dengan kita bukan? Banyak yang kini memanfaatkan teknologi untuk berwirausaha. Sebab, sejatinya digitalisasi dengan teknologi sangat dibutuhkan oleh seorang pengusaha. 

Artinya, seorang pengusaha harus mampu beradaptasi dengan teknologi dan perkembangan zaman. Nah selain itu, masih terdapat sejumlah skill yang wajib dimiliki pengusaha. Yuk simak 12 daftar skill pengusaha berikut. 

1. Personal Branding 

Pertama, skill yang wajib dimiliki pengusaha adalah personal branding. Personal branding merupakan citra diri yang dibentuk oleh seseorang. Biasanya skill ini sudah dibangun sejak lama hingga ketika orang lain melihat orang tersebut, kesan yang terlintas adalah personal branding yang telah dibangun. 

Contohnya dalam ranah pengusaha, kamu bisa menampilkan diri kamu dengan pakaian yang rapi, mengenakan jas, dan terlihat berwibawa. Selain itu, sepanjang membangun personal branding, kamu sebaiknya memiliki pengetahuan yang relevan dengan bidang bisnis. 

2. Berani Mengambil risiko adalah skill yang wajib dimiliki pengusaha

Jangan bilang pebisnis kalau kamu tidak berani mengambil risiko. Seorang pebisnis akan selalu dihadapkan dengan banyak tantangan dan risiko yang mesti diambil. Dapat dikatakan, risiko merupakan hal yang sangat akrab dengan para pebisnis. 

Pengusaha yang sukses adalah mereka yang berani mengambil risiko. Sebab sejatinya hal ini tidak mudah dilakukan semua orang. Jatuh bangun itu biasa, tetapi ketika kita telah mampu mengambil berbagai risiko, di masa depan kita dapat memproyeksikan kondisi dengan lebih hati-hati. 

3. Tidak cepat puas 

Apakah kamu termasuk orang yang cepat puas dengan pencapaian yang kamu dapatkan? Merasa bangga dengan dirimu yang sekarang dan enggan meningkatkan kemampuan? Eits, jika iya artinya kamu pernah mengubah sikap tersebut. 

Seorang pebisnis memiliki mental yang tidak cepat puas. Karakter mereka yang senang bekerja menjadikan pencapaian-pencapaian terus diraih hingga bidang usahanya terus berkembang. 

4. Percaya diri 

Skill yang wajib dimiliki pengusaha selanjutnya adalah percaya diri. Sebenarnya soft skill ini wajib dimiliki oleh seluruh kalangan profesi. Apalagi pengusaha, percaya diri menjadi kunci penting dalam kesuksesan bisnisnya. 

Ketika berhubungan dengan klien atau investor, selain dapat meyakinkan pihak ketiga, si pengusaha pasti harus optimis terlebih dahulu dengan konsep yang ia bawakan. Dengan begitu, orang luar akan melihat pengusaha tersebut memiliki optimisme yang tinggi serta visioner. 

5. Sigap hadapi krisis 

Menjadi pengusaha yang sukses tidaklah mudah. Sebenarnya jalan berwirausaha merupakan jalan yang berdarah-darah dibandingkan profesi biasa. Mereka harus siap menghadapi krisis ekonomi yang berpotensi melumpuhkan usahanya bahkan bisa bangkrut dalam sekejap. 

Untuk itu, pengusaha harus sigap dalam menghadapi krisis. Mereka harus mampu beradaptasi dengan keadaan dan mampu menganalisis kondisi serta mencari penyelesaiannya. 

6. Strategi yang matang 

Selain sigap menghadapi krisis, seorang pengusaha juga harus memiliki strategi yang matang. Jangan hanya mengambil keputusan tanpa berpikir panjang. Hal ini disebabkan oleh karena keputusan yang kamu buat akan membawa dampak pada usahamu. 

Apalagi jika kamu telah memiliki banyak karyawan, tentu mengambil keputusan diperlukan strategi yang matang. Jangan asal-asalan, harus tahu ilmunya, dan pandai menganalisis peluang dan kondisi. 

7. Koneksi yang luas 

Di dunia kerja nampaknya koneksi menjadi satu hal yang sangat penting. Ibaratnya banyak iming-iming dengan “orang dalam” kamu dapat lebih mudah diterima dalam suatu pekerjaan. Namun, konsep koneksi tidak demikian. 

Koneksi atau relasi bisa dibangun sejak sekarang. Misalnya saat ini kamu aktif dalam organisasi atau kepanitiaan, nah dari sana kamu banyak mendapat relasi yang mungkin akan membantumu di masa depan. Oleh karenanya kamu harus menjaga hubungan baik dengan mereka ya! 

8. Terus belajar 

Kalau kamu perhatikan, apakah orang-orang yang sudah sukses kemudian mereka berhenti belajar? Apakah mereka akhirnya menikmati kekayaan dan berleha-leha dalam hidup? Sejatinya tidak! Mereka merupakan orang yang senang belajar dan paling inovatif. 

Sebab, tanpa ilmu dan pembelajaran, bagaimana cara kita untuk terus bertumbuh? Nah inilah skill yang wajib dimiliki pengusaha. Jika ilmu bisnis yang satu kurang relevan sekarang, cobalah mencari jalan lain dengan mempelajari ilmu-ilmu terbaru yang terus dikembangkan mengikuti perkembangan zaman. 

9. Saling membantu 

Selain terkenal dengan kemandiriannya, bidang bisnis sebenarnya merupakan bidang paling luas yang dapat menjangkau lebih banyak tenaga kerja. Oleh karenanya jika perusahaanmu ingin terus bertahan, kamu harus memiliki kemampuan berkolaborasi. 

Kemampuan ini sangat berguna untuk memperluas dan meningkatkan brand perusahaan. Jalinlah hubungan yang baik dengan pihak-pihak yang berkepentingan. Oh ya, jangan lupakan masyarakat sekitar, buatlah produk yang juga membantu menyelesaikan masalah mereka. 

10. Wajib Menentukan Visi dan Misi Bisnis

Sudah barang tentu skill yang harus dimiliki pengusaha adalah merumuskan visi dan misi. Tanpa adanya visi misi yang jelas, orang luar akan melihat kamu kurang memiliki niat untuk berbisnis. Hal ini sangat berpengaruh dalam kerja sama dengan pihak lain. 

Sebuah hal krusial untuk menentukan visi misi perusahaan sedari awal. Tetapkan juga budaya atau nilai-nilai yang dianut oleh perusahaan sehingga bidang usahamu memiliki ciri khas dibandingkan yang lainnya. 

11. Kamu Harus Pandai Mengevaluasi Bisnis

Faktor penentu sukses lainnya adalah terus berkembang dan mengevaluasi diri. Untuk itu, pengusaha harus memiliki kemampuan mengevaluasi kondisi perusahaan. Kalau tidak, bagaimana cara usahamu akan berkembang? 

Ibaratnya tanpa evaluasi kamu tidak bisa menilai apakah produk yang kamu tawarkan sudah benar-benar sempurna? Akan lebih baik jika kamu mengevaluasi sehingga bisa meningkatkan kualitas produk atau layanan perusahaan. 

12. Investasi dalam Berbisnis Sangat Penting Lho!

Hal yang tidak kalah penting adalah investasi. Kamu tentu akrab bahwa pengusaha sudah pasti mengerti saham. Mereka yang terjun dalam ranah bisnis cenderung terpicu untuk belajar saham dan investasi. 

Sebab, kedua hal tersebut berpotensi mendongkrak kekayaan seseorang. Nah kalau kamu benar-benar mau menjadi pengusaha, jangan sampai ketinggalan mempelajari skill ini ya! 

Nah itulah 12 skill yang wajib dimiliki pengusaha. Masih banyak skill lain yang sebaiknya dimiliki para pengusaha. Kalau kamu sudah punya skill yang mana? Atau kamu punya rekomendasi skill lain? Bisa tuliskan di kolom komentar ya!!! 

To Top