Life

19 Monster Dunia Dalam Legenda

Jika Anda membuka Wikipedia, maka dapat Anda disana bahwa definisi monster adalah makhluk yang bentuk atau rupanya sangat menyimpang dari biasa atau bisa jadi merupakan makhluk berukuran raksasa. Dalam kebanyakan cerita, monster digambarkan sebagai makhluk yang jahat. Tetapi apakah memang benar makhluk ini selalu jahat?

Cerita mengenai monster dapat kita jumpai di mana saja. Dari mulai dongeng anak-anak, animasi, komik, film, hingga cerita misteri kehidupan nyata. Makhluk jenis ini juga seringkali dikaitkan dengan agama, mitos, cerita rakyat dan legenda. Semua cerita mengenainya masih tersisa hingga kini bahkan setelah ratusan tahun lamanya. Mereka tetap menarik untuk dibicarakan hingga jaman modern seperti sekarang.  Berikut ini, adalah beberapa monster dari seluruh penjuru dunia. Jika komik, dongeng dan film bisa saja hanya sebuah cerita karangan, namun bagaimana dengan cerita rakyat dan legenda? Mungkinkah mereka benar ada atau pernah ada?

RAAKSHAS / RHAKSHASA

Makhluk ini biasa ditemukan di dalam agama Hindu dan Budha. Mereka digambarkan sebagai manusia jahat yang berubah menjadi makhluk jahat serupa iblis dimana mereka memiliki sejumlah kekuatan termasuk kekuatan sihir. Mereka dapat merubah bentuk fisiknya, namun paling sering muncul dalam bentuk fisik yang mengerikan. Makhluk Raakshas yang paling dikenal bernama Raavan, seorang pria yang memiliki 10 buah kepala, beberapa senjata dan pengetahuan yang tiada tertandingi.

HUNDUN

Sebuah kekacauan selalu dipersonifikasi dengan Hundun, dewa tanpa wajah dalam cerita rakyat Tiongkok. Penampilan fisiknya berubah-ubah dari tempat satu ke tempat yang lain, namun semuanya sepakat bahwa ia melahap semua kebaikan dan bertahan hidup dalam kebencian dan kejahatan. Makhluk ini adalah salah satu makhluk yang terbunuh oleh tindak kebajikan yang dilakukan oleh Dewa Shu dan Hu.

DJIN

Jangan bayangkan Djin disini adalah Jin yang muncul dari lampu ajaib Aladdin. Djin hidup dalam dunia paralel dan dikatakan tercipta dari asap dan api. Dalam dunia Islam, Djin dikatakan memiliki sifat seperti manusia, ada yang jahat dan baik atau diantaranya. Juga diketahui bahwa setan sesungguhnya adalah Djin bernama Iblis yang terusir dari surga karena menolak tunduk pada Adam (manusia).

KRAKEN

Monster ini merupakan makhluk mitologi dari masyarakat Skandinavia, berbentuk monster laut menakutkan sebesar pulau. Ia mampu menghancurkan kapal-kapal besar hanya dalam sekali tepuk serta menenggelamkan ratusan anak buah kapal dalam sekejap. Kisah tentang Őrvar-Odd, dongeng saga abad ke-13 dari Islandia adalah kisah dimana makhluk ini disinggung untuk pertama kalinya.

DYBBUK

Dybbuk adalah roh orang-orang berdosa yang tidak terangkat jiwanya menuju ke alam keabadian namun masih tinggal di dunia dan merasuki tubuh orang yang masih hidup. Mereka seringkali disebut dalam cerita rakyat Yahudi, dan merupakan monster yang memiliki nama berbeda-beda pada tiap keyakinan.

NEPHILIM

Nephilim adalah makhluk raksasa hebat yang garang. Yang banyak orang tidak tahu adalah banyak teolog yang bersikeras Goliat adalah sangat mungkin keturunan dari ras Nephilim.

HROTHGAR

Sudah pernah mendengar kisah tentang Beowulf? Nah, Hrothgar pernah disebut disana sebagai raja Denmark. Meski ia bukan monster berbentuk rakasasa, namun kekuatan yang dimilikinya membuatnya masuk ke dalam daftar ini

KAPPA

Monster yang berasal dari cerita rakyat Jepang ini merupakan makhluk berbentuk setan air. Ia bersemanyam pada perairan seperti danau dan sungai, serta diceritakan kerap memangsa anak-anak yang tidak menurut kepada orang tuanya. Makhluk ini memiliki tubuh kura-kura, bertungkai katak dan memiliki paruh burung.

PRETA

Makhluk ini berasal dari kepercayaan Hindu, Budha dan Shikisme. Preta merupakan makhluk supranatural yang pada masa kelahiran sebelumnya merupakan orang yang korup dan jahat. Saat terlahir kembali, mereka berubah menjadi Preta, yang mengalami penderitaan besar karena ketika makhluk ini lapar dan haus, mereka tidak akan pernah terpuaskan.

LOUP GAROU

Loup Garou adalah manusia serigala asal Perancis, yang tidak seperti kisah manusia serigala barat pada umumnya, mereka dapat merubah diri dari serigala ke manusia dan demikian pula sebaliknya sekehendak hati. Kecerdasan manusia yang tetap bertahan pada saat mereka dalam bentuk serigala, membuat mereka lebih berbahaya daripada manusia serigala yang kita kenal pada umumnya.

AZI DAHAKA

Ini adalah makhluk yang tersebut di dalam banyak kitab Zoroaster yang dikabarkan memiliki 6 mata, 3 mulut dan 3 kepala. Ia adalah makhluk yang paling mengetahui segala dosa-dosa manusia. Dikatakan pada saat ia terluka, darahnya adalah serangga, ular dan tikus.

GJENGANGER

Ditemukan pada cerita rakyat Norwegia, Gjengenger adalah makhluk yang kembali dari kematian karena urusan di dunia yang belum selesai. Diceritakan makhluk ini semasa hidupnya adalah korban pembunuhan dan bunuh diri sehingga ia mendendam dan penuh kekejaman saat bebas berkeliaran kembali di dunia. Sebagian masyarakat mengatakan bahwa ia menyebarkan penyakit dengan cara menggigit, sementara pendapat lain mengatakan dengan cara mencubit korbannya.

CIPACTLI

Secara fisik makhluk ini digambarkan dalam beberapa bentuk. Namun terlepas dari bentuk fisiknya, suku Aztec kuno mempercayainya sebagai sumber alam semesta. Namun kemudian ia dihancurkan oleh para dewa karena mereka khawatir akan rasa lapar tak terpuaskan dari Cipactli akan menyebabkan seluruh alam semesta habis dilahapnya.

ABADDON

Makhluk ini tersebut dalam kitab Kristen dan Yudaistik. Beberapa kitab meng-klaim ia menjadi malaikat namun kemudian menjadi setan dan mendapat julukan ‘sang pembinasa’. Duduk di atas singgasana belatung, Abaddon memiliki pasukan belalang berparas seram, yang dapat diperintahnya untuk menebarkan malapetaka pada musuh-musuhnya.

PISHAACH

Pishaach yang disebut-sebut dalam kitab Hindu adalah roh dari pria dan wanita yang bergentayangan di muka bumi sebagai arwah yang tersiksa. Mereka dapat mengubah bentuk dan tampilan fisik mereka sehendak hati serta dapat merasuk dalam jiwa manusia. Mereka adalah monster yang paling jahat.

BLACK SHUCK

Legenda Norfolk (Inggris)menyebutkan keberadaan makhluk yang dinamai Black Shuck berbentuk anjing hitam besar yang memiliki mata mata semerah darah (beberapa kisah legenda lain mengemukakan bahwa makhluk ini hanya memiliki satu buah mata). Jika ada manusia yang menatap matanya, maka dapat dipastikan ia pasti akan mati satu tahun kemudian.

BASILISK

Kita pasti sangat mengenal nama makhluk yang satu ini dari kisah Harry Potter bukan? Makhluk mitos ini diceritakan lahir dari telur yang diinkubasi oleh seekor katak namun diletakkan oleh seekor ayam. Mengenai bentuk fisiknya, ada yang mengatakan ia berbentuk ular raksasa, sementara yang lain mengatakan ia merupakan kombinasi dari kelelawar, ular dan ayam jantan. Bagaimanapun bentuknya, ia sangatlah berbisa hingga bahkan burung yang melintas di atasnya pun akan mati

PIASA

Piasa adalah monster yang dikenal oleh suku Indian asli Amerika. Gambar-gambar mengenai makhluk ini ditemukan pada gua-gua yang berasal dari tahun 1.200 SM. Seorang penerjemah mengatakan bahwa makhluk burung-naga ini kerap memangsa penduduk asli, hingga pada suatu saat ia berhasil dibunuh oleh seorang kepala suku Indian setempat bernama Ouataga.

KELPIE

Makhluk kuda air ini, seperti yang dikenal oleh masyarakat Skotlandia kuno, tinggal di perairan dan dapat berubah bentuk sekehendak hati. Ia kerap kali menangkap manusia, membawa mereka masuk ke dalam air dan kemudian memakannya.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top