Life

3 Fakta Boneka Arwah, Beneran Bisa Bikin Kaya?

3 Fakta Boneka Arwah, Beneran Bisa Bikin Kaya?

Spirit doll alias boneka arwah kini banyak dirawat, layaknya bayi atau anak-anak sungguhan. Boneka ini diperlakukan dan diberi pakaian hingga diberi kasih sayang oleh sang pemilik.

Di Indonesia sendiri, boneka arwah juga dirawat oleh artis-artis dan influencer. Tidak itu saja, ada juga yang membuka lowongan kerja sebagai pengasuh spirit doll ini dengan gaji hingga Rp10 juta. Berikut fakta-fakta terkait spirit doll yang belakangan ini jadi perbincangan.

Bikin Pemiliknya Kaya

Mengutip BBC, disebutkan seorang warga Thailand bernama Mananya Boonmi telah memiliki boneka arwah sejak tahun 2002 lalu. Jauh sebelum boneka ini jadi ramai.

Ia percaya bahwa boneka-boneka ini mendatangkan keberuntungan selama mereka dirawat dengan baik layaknya anak manusia.

Lihat Juga: Boneka-Boneka Terkutuk

Dulunya Mananya Boonmu merupakan penjual souvenir kecil. Namun saat ia memiliki boneka yang diberi Ploy dan ia memperlakukan Ploy layaknya anak manusia, bisnisnya itu berkembang pesat.

Harga Boneka Arwah

Spirit doll dijual dengan harga bervariasi. Sesuai dengan bentuk dan ukurang boneka. Misalkan mengutip dari eBay untuk Luk Thep Doll ukuran 28 inchi ditawarkan dengan harga US$ 475 atau sekitar Rp6,8 juta dengan kurs Rp14.300.

Berdasarkan keterangan penjual pada kolom deskripsi produk, spirit doll ini disebut telah menjalani upacara Luk Thep yang dilakukan Pra ajarn Vinai di Kuil Buakhan yang berada di Bangkok, Thailand.

Selebriti Thailand

Para selebriti di Thailand juga ramai-ramai membeli boneka tersebut. Mereka membawanya ke salon, spa restoran bahkan hingga memesan kursi pesawat untuk boneka tersebut.

Lihat Juga: Cara Mudah Membuat Boneka Angkrok dari Kertas Karton

Salah satu maskapai berbiaya murah Thai Smile kala itu mengizinkan orang tua Luk Thep untuk memesan kursi bagi boneka itu. Bahkan para pramugari juga menawarkan makanan kepada boneka-boneka arwah tersebut.

Dahulu, Luk Thep diceritakan sebagai janin yang meninggal dunia sebelum dilahirkan dan masuk ke dalam boneka. Lalu ada pula yang menyebut Luk Thep ini adalah perpaduan antara Budha yang sangat mendominasi di Thailand dan dipengaruhi oleh Hinduisme, animisme dan tradisi memuja benda.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top