3 Masalah Exhaust Fan Rumah Beserta Solusinya

Date:

Exhaust Fan merupakan piranti di dalam rumah yang mempunyai fungsi cukup penting. penggunaan ceiling Exhaust Fansangat mempengaruhi area kamar mandi, khususnya masalah bau dan kelembaban.

Apabila menggunakan exhaust fan (dalam kondisi pintu tertutup dan kamar mandi baru digunakan) tingkat kelembaban di kamar mandi akan berkurang menjadi 60%, setelah 2 jam. sebagai informasi kelembaban normal di luar kamar mandi adalah 68%. Sementara itu, kamar mandi yang tidak menggunakan exhaust fan, meskipun pintu terbuka, kelembaban akan menjadi normal setelah 15 jam.

Sedangkan tingkat pengurangan bau tidak enak di toilet dengan exhaust fan (dalam kondisi pintu tertutup) akan berkurang dalam waktu 16 menit. sedangkan pada kamar mandi tanpa exhaust fan walaupun pintu terbuka, pengurangan bau akan memakan waktu lebih lama, yakni 26 – 28 menit. Dalam Penggunaan exhaust fan ada 3 (tiga) masalah yang sering terjadi berikut solusi pemecahan masalahnya.

EXHAUST FAN SUARA BISING

Exhaust fan yang mengalami masalah misalnya suara bising, biasanya disebabkan adanya bagian yang kotor, atau bantalan yang aus / kering, atau bisa jadi disebabkan instalasi kurang tepat. yakni jarak exhaust fan dengan atap/genting terlalu dekat, kurang dari 1 m.

Jarak Ideal exhaust fan dengan atap/genting minimal 1 m. lebih dari 1 m lebih baikJika exhaust kotor, maka lakukan pembersihan dengan posisi exhaust fan dalam keadaan off/mati.

Pakailah sarung tangan kemudian lepaskan bagian tutup dan kipas, cuci hingga bersih dengan sabun. untuk bagian dalam exhaust, lap dengan kain kering, kemudian basuh dengan kain basah, kemudian keringkan kembali dengan kain kering. bila seluruh bagian sudah kering, maka pasanglah kembali kipas dan tutup exhaust fan.

EXHAUST FAN KIPAS MACET

Ada banyak kemungkinanpenyebab exhaust fan mengalami macet, beberapa penyebabnya antara lain bantalan motor exhaust fan kotor, pelumas kering, motor putus dan lain-lain. untuk memastikan, kipas anngin harus dilakukan pengecekan secara lebih detail oleh teknisi yang handal misal: service center. bila tidak bisa diperbaiki maka jalan satu-satunya dengan mengganti motor kipas.

EXHAUST FAN MASALAH SAKLAR

Saat proses instalasi exhaust fan, masalah kelistrikan harus diperhatikan. sebaiknya gunakan sakelar terpisah. alasannya, penggunaan akan lebih efisien., bisa dimatikan dan dihidupkan pada saat yang diperlukan saja sehingga bisa menghemat pemakaian listrik. selain itu, menggunakan sakelar yang terpisah dapat mengurangi resiko terjadinya korsleting listrik ataupun panas yang berlebih akibat percikan api (Sparkling).

Ketika menangani masalah dengan perangkat listrik, selalu prioritaskan keselamatan Anda. Pastikan untuk mematikan aliran listrik sebelum memeriksa atau memperbaiki exhaust fan, dan jika Anda merasa tidak yakin atau tidak nyaman melakukannya sendiri, lebih baik memanggil teknisi yang berpengalaman.

Share post:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

More like this
Related