Life

3 Tips Wawancara Untuk Seorang Introvert Tanpa Harus Berpura-pura Menjadi Extrovert

Ketika seorang introver dihadapkan pada sebuah proses wawancara pekerjaan mungkin Anda yang bukan introvert tidak akan pernah tahu bahwa proses tersebut seperti mimpi buruk bagi mereka, sesuatu yang dapat membuat mereka super frustasi, stress bahkan mungkin ruang wawancara yang sebenarnya nyaman dengan para pewawancara yang ramah bisa terkesan seperti ruang penyiksaan bagi para introvert.

Berlebihan? Bagi para extrover mungkin iya tapi hal itu termasuk hal wajar dialami oleh para introvert.

Lalu apa yang harus dilakukan oleh seorang introvert? Haruskan lebih baik mereka menghindar dari memasuki ruang interview tersebut? Well, tentu saja tidak karena mau tidak mau untuk mendapatkan pekerjaan proses wawancara termasuk salah satu proses penting tapi bukan berarti seorang introvert tidak bisa mengatasinya.

Tips Wawancara Untuk Seorang Introvert

Tips Wawancara Untuk Seorang Introvert

Sebenarnya ada cara paling praktis bagi seorang introvert untuk bisa memenangkan hati para pewawancara yaitu dengan berpura-pura menjadi seorang extrovert untuk beberapa saat. Karena dibandingkan dengan para introvert, para extrovert biasanya memang lebih pandai dalam mengambil hati para pewawancara tapi hal itu bukanlah solusi jangka panjang karena dengan begitu Anda tak hanya membohongi para pewawancara tapi juga diri Anda sendiri.

Asal Anda tahu saja bahwa introvert tidak hanya diri Anda saja tapi mungkin salah satu pewawancara juga seorang introvert, hanya saja mereka tahu bagaimana cara mengambil keuntungan dari sifat introvert mereka itu dan 3 cara berikut mungkin bisa membantu Anda untuk menguasai sesi wawancara untuk seorang introvert tanpa harus berpura-pura menjadi seorang extrovert.

  1. Ciptakan Sebuah Koneksi

Yang menjadi masalah utama yang sering dihadapi oleh para introvert ketika proses wawancara adalah mereka berfikir bahwa karena sifat mereka tersebut para pewawancara tidak akan tertarik. Intinya ini adalah masalah mindset saja jadi solusinya cobalah ciptakan sebuah koneksi.

Anggap saja para pewawancara adalah orang yang sudah Anda kenal dan tanamkan pemikiran itu pada diri Anda, hal ini akan memudahkan Anda untuk berbicara sambil mencitapkan kontak mata karena satu lagi masalah para introvert adalah mereka tidak merasa nyaman ketika harus melakukan kontak mata dengan orang yang mereka baru kenal, oleh karena itu kebanyakan orang sering salah paham bahwa sifat introvert mereka merupakan sifat sombong.

  1. Jangan Khawatir Soal Waktu

Berdasarkan penelitian cara fikir seorang introvert dan extrovert sangat berbeda, ketika seorang extrovert bisa merespon pertanyaan dengan cepat, seorang introvert memerlukan waktu yang lebih banyak untuk merespon.

Jika Anda memang membutuhkan waktu untuk berfikir, katakan saja kepada pewawancara bahwa Anda memerlukan sedikit waktu untuk mencerna ide yang ada di fikiran Anda. Kebanyakan orang berfikir bahwa respon cepat adalah cara terbaik untuk menjawab pertanyaan, padahal Anda bisa memanfaatkan waktu yang lebih lama untuk memberikan jawaban yang jauh lebih berkualitas.

  1. Gunakan Sifat Introvert Sebagai Kekuatan

Intinya adalah jadilah dirimu sendiri. Jika ada pertanyaan “Apa yang menjadi kelemahan dan kekuatan Anda?” tentunya Anda tidak memerlukan waktu banyak untuk menjawab hal apa yang merupakan kelemahan Anda, yaitu menjadi seorang introvert, tapi perlu Anda tekankan juga bahwa sifat yang sama juga merupakan kelebihan Anda, karena sebagai seorang introvert membuat Anda menjadi seorang pendengar dan pengamat yang baik.

Walaupun mungkin Anda masih perlu meningkatkan kemampuan komunikasi Anda secara tatap muka tapi Anda adalah adalah seorang ahli dalam bidang komunikasi tertulis.

Tips Wawancara Untuk Seorang Introvert

Jika Anda seorang introvert, selalu percayalah bahwa menjadi seorang introvert membuat Anda berbeda dari orang lain, karena jika Anda sama dengan orang lain maka tidak ada yang spesial tentang diri Anda. Dengan kata lain, sifat introvert itulah kelebihan utama Anda, dunia hanya tidak tahu saja bagaimana caranya menghargai Anda.

Loading...
1 Comment

1 Comment

  1. Pingback: Kenali Ciri-Ciri Orang Introvert di Sekitar Kamu - LoperOnline.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top