Life

5 Cara Mengatasi Maskne Akibat Memakai Masker

5 Cara Mengatasi Maskne Akibat Sering Memakai Masker

Jika Anda tengah timbul jerawat akibat memakai masker, Anda perlu tahu cara mengatasi maskne atau jerawat karena memakai masker. Penggunaan masker sehari-hari di kondisi pandemi memang harus Anda lakukan. Masker sama pentingnya dengan busana yang kita kenakan.

Namun, penggunaan masker ternyata bisa menimbulkan masalah. Salah satunya adalah jerawat atau terkenal dengan istilah maskne. Munculnya jerawat pada wajah dapat membuat kita tidak nyaman dan mengurangi tingkat percaya diri.

Penyebab jerawat ini pun bermacam-macam. Bisa karena gesekan masker dengan kulit wajah atau penumpukan bakteri pada masker. Lalu, bagaimana cara agar jerawat hilang dan tidak bertambah parah, apalagi sampai meninggalkan noda hitam? Berikut adalah 5 cara mengatasi maskne akibat sering menggunakan masker.

Yuk, Terapkan 5 Cara Mengatasi Maskne

Jerawat yang muncul di wajah terkadang malah makin membuat kita stress, ya. Apalagi sejak diharuskan bepergian menggunakan masker. Rasanya jerawat jadi makin mudah muncul, terutama di daerah pipi dan dagu. Hadirnya jerawat di daerah yang tertutup masker cukup meresahkan, ya. Nah, oleh sebab itu, Anda bisa mencoba 5 cara mengatasi maskne berikut ini.

1. Pilih Masker yang Tepat dari Segi Bahan dan Ukuran

Pilih Masker yang Tepat dari Segi Bahan dan Ukuran
Pilih Masker yang Tepat dari Segi Bahan dan Ukuran

Cara mengatasi maskne yang pertama adalah dengan selalu memilih masker yang tepat untuk Anda gunakan. Boleh saja memilih masker dengan bermacam pilihan warna serta motif sebagai pertimbangan memilih masker. Namun, jangan lupakan faktor bahan kain yang Anda gunakan untuk masker.

Pilihlah bahan kain yang tidak menyebabkan iritasi pada kulit. Hal ini disebabkan permukaan masker akan sering bergesekan dengan wajah. Apalagi ketika kita berbicara. Nah, agar tidak menimbulkan iritasi, sebaiknya pilihlah bahan masker yang lembut.

Selain itu, tersedia baiknya Anda mempunyai cukup masker cadangan. Tujuannya supaya ketika satu masker kotor, Anda masih punya masker lain yang bersih dan siap pakai. Jangan lupa untuk rutin mencuci masker yang sudah dipakai, ya. Karena jika Anda memakai masker yang sama berulang-ulang, bakteri yang menumpuk di masker akan berpindah ke kulit wajah. Ini juga salah satu penyebab maskne.

Agar terhindar dari maskne, masker tidak boleh berukuran terlalu longgar maupun terlalu ketat. Karena hal ini bisa mengakibatkan gesekan berlebih pada wajah.  Pastikan masker ukurannya pas dengan muka sehingga menutupi hidung dan mulut dengan baik. Jika Anda ingin lebih gampang menyesuaikan dengan bentuk dan ukuran wajah, disarankan memilih masker yang dapat diikatkan di kepala.

2. Jaga Kebersihan Masker Sebagai Cara Mengatasi Maskne

Cara mengatasi maskne selanjutnya adalah dengan selalu memelihara kebersihan masker. Cuci masker segera sehabis dipakai. Gunakan sabun pencuci yang lembut tanpa kandungan yang berbahaya.

Minyak, lendir, air liur, serta keringat bisa mengotori masker yang sehari-hari Anda kenakan. Oleh sebab itu, jagalah selalu kebersihan masker dengan mengikuti arahan WHO berikut:

Pertama, cuci masker pakai air panas dan sabun setidaknya sekali sehari. Kedua, jangan pakai masker yang sama secara bergantian dengan orang lain. Ketiga, ganti masker kalau sudah kotor atau basah. Keempat, simpan masker dalam kantong yang bersih dan tertutup ketika tidak digunakan.

3. Rajin Membersihkan Wajah Sebagai Cara Mengatasi Maskne

Rajin Membersihkan Wajah Sebagai Cara Mengatasi Maskne
Rajin Membersihkan Wajah Sebagai Cara Mengatasi Maskne

Ada banyak penyebab penggunaan masker bisa mengakibatkan jerawat. Misalnya, gesekan masker yang memicu iritasi hingga bakteri yang berpindah dari masker ke permukaan wajah Anda. Jerawat yang timbul akibat masker ini sebenarnya dapat diatasi dengan beberapa langkah mudah.

Salah satu cara mengatasi maskne selanjutnya adalah dengan rutin membersihkan muka. Pastikan Anda selalu membersihkan muka dua kali sehari, bahkan ketika sebelum tidur.

Langkah membersihkan muka adalah pertama, bersihkan muka dengan cleansing balm, cleansing oil, atau cleansing milk. Sesuaikan dengan jenis kulit Anda. Produk ini dapat mengangkat kotoran, sisa riasan, serta keringat di wajah Anda. Jangan lupa bersihkan daerah leher. Kedua, baru cuci muka dengan sabun untuk membilas sisa kotoran.

4. Kenakan Masker Hanya Ketika Diperlukan

Di satu sisi, masker dapat memberi tambahan perlindungan bagi Anda dan orang di sekitar. Namun, di sisi lain, masker membawa masalah baru, misalnya jerawat. Jerawat yang muncul pada daerah muka yang tertutupi masker biasanya disebut mask acne atau disingkat maskne.

Agar tidak timbul mask acne, cukup memakai masker ketika diperlukan. Mulai dari keluar rumah, naik transportasi umum, berbelanja, juga ketika berada di area-area rawan. Selain waktu-waktu tersebut, Anda bisa melepas masker. Gunanya agar kulit bisa bernafas dan menghindari wajah dari keringat.

5. Gunakan Skincare yang Memiliki Kandungan Antioksidan

Gunakan Skincare yang Memiliki Kandungan Antioksidan
Gunakan Skincare yang Memiliki Kandungan Antioksidan

Tips mencegah mask acne yang terakhir adalah dengan mengaplikasikan skincare yang mempunyai kandungan antioksidan. Kandungan antioksidan dipercaya dapat sanggup menjaga kulit selalu sehat. Selain itu juga dapat melindungi kulit dari polutan berbahaya, termasuk bakteri di balik masker.

Anda juga bisa melakukan eksfoliasi kulit secara rutin. Tujuannya agar tidak ada sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Pori-pori yang tersumbat juga bisa menyebabkan jerawat makin meradang.

Meski menggunakan masker, jangan lupa untuk mengaplikasikan pelembab dan sunscreen sebelum bepergian. Oleskan pelembab supaya kulit muka Anda selalu terhidrasi. Pelembab juga mampu menenangkan kulit muka yang tergesek masker. Hal ini dapat membantu kulit terhindar dari iritasi. Pilihlah pelembab yang memiliki kandungan yang ringan agar nyaman diaplikasikan pada kulit.

Nah, itu tadi 5 cara mengatasi maskne yang bisa Anda coba lakukan. Mudah, bukan? Dengan disiplin melakukan hal-hal di atas, memakai masker sehari-hari tak akan menjadi masalah lagi. Jangan lupa senantiasa menggunakan masker serta jaga kesehatan, ya!

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top