Life

5 Habit Untuk Meningkatkan Kemampuan Secara Cepat

5 Habit Untuk Meningkatkan Kemampuan Secara Cepat

Di zaman yang cepat berubah ini kita diharuskan mampu beradaptasi dengan cepat. Berhasil tidaknya kita dalam menghadapi perubahan global bergantung dari kemampuan kita belajar. Setiap orang memiliki kesempatan meraih sukses yang sama dengan belajar. Mempelajari hal baru bukanlah hal yang sulit. Terapkanlah habit positif untuk meningkatkan kemampuan.

Buanglah anggapan bahwa mempelajari hal baru itu sulit, karenya nyatanya untuk memiliki  kemampuan belajar secara cepat yang dibutuhkan adalah kebiasaan-kebiasaan yang positif. Meskipun tidak memiliki bakat alami seperti tingkat kecerdasan tinggi, kamu tetap bisa mempelajari sesuatu dengan cepat melalui kebiasan-kebiasaan berikut ini.

Langkah Membangun Habit Positif

1. Banyak membaca

Memang benar teori tak akan lengkap tanpa praktik. Tetapi anggapan praktik tanpa teori itu hampa juga bukan anggapan yang salah. Mungkin kamu sering mendengar atau membaca pernyataan semacam itu dalam buku habit yang banyak beredar. Sebelum melakukan praktik ada baiknya jika kamu membaca teorinya terlebih dahulu.

Hobi membaca adalah hobi yang dimiliki banyak orang-orang sukses di dunia. Ketika bercerita tentang kesuksesannya, mereka selalu menyebutkan bahwa kunci yang dimilikinya adalah suka membaca. Sebut saja Bill Gates. Pendiri Microsoft ini membaca setidaknya 50 buku dalam setahun. Kunci terpenting dalam melatih kebiasaan membaca adalah konsisten membaca itu sendiri.

2. Proses adalah pembelajaran

Belajar sifatnya kekal, artinya setiap manusia harus terus melakukannya jika tak ingin tergusur dari kehidupan. Untuk meningkatkan kemampuan secara cepat kebiasaan belajar sangat penting dimiliki. Jangan terlalu mudah bosan ketika sedang belajar tentang suatu hal. Juga, jangan menjadikan hasil sebagai patokan keberhasilan karena belajar adalah proses.

Belajar diibaratkan sebuah perjalanan, bukan tujuan akhir. Layaknya sebuah perjalanan, alangkah lebih baik jika kita menikmati perjalan tersebut daripada memikirkan tentang hasilnya. Sebaiknya kita selalu mengevaluasi proses belajar kita lalu memperbaikinya. Tetapkan tujuan dari setiap pembelajaran yang dilakukan, tapi jangan tetapkan tujuan akhir dari proses tersebut.

3. Perbaiki mindset

Terkadang yang menghambat peningkatan kemampuan seseorang adalah mindset atau cara berpikir. Ubahlah cara berpikir menjadi cara berpikir untuk tumbuh. Selalu berpikirlah bahwa banyak hal yang bisa dilakukan, banyak cara untuk mengasah serta meningkatkan kecerdasan dan kemampuan. Dengan mindset seperti ini kita dapat dengan mudah menentukan tujuan.

Ketika kita sudah memiliki tujuan yang ingin dicapai, kita juga dapat memfokuskan diri untuk mencapainya. Motivasi untuk meningkatkan kemampuan pun semakin tinggi seiring dengan fokus tujuan kita. Di masa depan kita dihadapkan pada pilihan untuk selalu berkembang, sehingga memiliki mindset untuk tumbuh sangat penting dilakukan.

4. Membagi ilmu yang dimiliki

Untuk meningkatkan kemampuan, kita harus menjadi seorang pembelajar. Ketika belajar kita dapat mencari cara efektif untuk belajar terlebih dahulu. Salah satu cara belajar efektif adalah berbagi ilmu yang kita miliki dengan orang lain. Bahkan, sebuah penelitian menyatakan bahwa kita dapat mengingat sekitar 90%  hal yang kita pelajari dengan menjelaskan kepada orang lain atau menggunakannya langsung.

Dengan mengajarkan ilmu yang kita miliki kita dapat ikut belajar juga. Bahkan daya ingat akan suatu informasi semakin tinggi. Membagi ilmu kepada orang lain juga dapat dilakukan dengan cara menuliskannya. Menulis membuat kita mencari, mengolah, hingga memproduksi kembali suatu informasi sehingga kemampuan kita akan meningkat.

5. Menutrisi otak

Selain menerapkan kebiasaan baik atau good habit seperti di atas, kita juga harus memperhatikan asupan makanan kita. menjaga kesehatan otak sangat penting dilakukan agar ketajaman otak tetap terjaga. Otak yang sehat memungkinkan kita menjalani kehidupan normal untuk jangan waktu yang lama. Jadi, mulailah memperhatikan kesehatan otak dengan asupan yang bergizi.

Konsumsilah buah dan sayuran untuk mengurangi stress karena faktor usia. Selain itu, dapatkan  protein dari ikan-ikanan dan kacang-kacangan. Pilihlah jenis lemak tak jenuh seperti pada minyak zaitun daripada lemak jenuh. Menjaga kesehatan otak sama saja dengan menjaga tujuan untuk meningkatkan kemampuan tetap terjaga.

Bad Habit Penghalang Kesuksesan

Bad Habit Penghalang Kesuksesan
Bad Habit

Sering berisitirahat sejenak

Kita berpikir bahwa berpikir terus menerus belajar dapat meningkatkan kemampuan secara cepat, tapi anggapan itu ternyata salah besar. Justru cara yang baik untuk menyimpan apa yang sudah kita pelajari adalah dengan beristirahat sejenak tapi sering. Waktu yang disarankan untuk beristirahat hanya sekitar 30 hingga 50 menit saja.

Jika kurang dari 30 menit dianggap tidak cukup. Tetapi jika lebih dari 50 menit itu terlalu banyak. Tanpa disadari kita terlalu memaksakan diri untuk belajar, padahal seharusnya kita tidak melakukannya. Terkadang terlalu memaksakan diri dapat menyebabkan kita berhenti di tengah jalan. Jadi, berhentilah sejenak saat kita tengah belajar meningkatkan kemampuan.

Baca Juga : 10 Kebiasaan Kecil yang Berdampak Besar untuk Kehidupan Anda

Beberapa habit di atas mudah dilakukan, bukan? Dengan kebiasaan-kebiasan yang sederhana kita dapat meraih hasil yang luar biasa. Mungkin kita berpikir ada penghalang besar dalam meraih keberhasilan, tetapi sebenarnya hal-hal seperti itu hanya ada dalam pikiran kita saja. Untuk meningkatkan kemampuanmu, cobalah kebiasaan-kebiasaan di atas.

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top