Life

5 Inspirasi Menu Buka Puasa Selain Nasi yang Tetap Bikin Kenyang!

Sobat Loper sedang mencari inspirasi menu buka puasa selain nasi? Nah, kamu berada di halaman yang tepat! Memang ya, meskipun saat berbuka merupakan momen yang sangat dinanti selama bulan Ramadan, tapi bagi sebagian orang, yang paling utama adalah mengisi perut dengan kudapan atau makanan yang ringan alih-alih makanan berat.

Alasan untuk tidak menyantap nasi begitu magrib tiba pun beragam, ada yang takut kekenyangan dan menjadi ngantuk saat salat tarawih atau ada juga yang sedang berdiet. Apa pun alasan kamu, nih, Loper rekomendasikan 5 menu buka puasa selain nasi yang tetap bikin kenyang. Langsung saja, cekidot!

1. Urap Jawa

Tidak mau langsung menyantap nasi? Makan sayuran juga boleh! Nah, sayur-sayuran tersebut bisa kamu kreasikan menjadi urap Jawa, jika bosan makan salad. Rebus atau kukus sayuran seperti bayam, kacang panjang, tauge, kol dan wortel. Masak sebentar saja agar gizinya tidak hilang.

gambar: pinterest

Setelah menyisihkan sayuran, kini tinggal membuat kelapa bumbu. Caranya mudah, cukup campur kelapa muda parut bersama bumbu halus seperti bawang merah, bawang putih, terasi, cabe rawit, cabe merah, kencur, kemiri, gula jawa dan garam.

Setelah kelapa dan bumbu tercampur, masak dalam wajan bersama air. Aduk hingga air berkurang dan kelapa menjadi kering. Sajikan sayuran bersama kelapa bumbu, Urap Jawa untuk buka puasa siap disantap.

2. Sop Ayam Makaroni

Kalau mau yang berkuah sebagai menu buka puasa selain nasi, ada sop ayam makaroni nih! Seperti kita ketahui, makaroni merupakan salah satu jenis pasta yang cukup mengandung karbohidrat, jadi kamu bisa tetap kenyang setelah menyantapnya walaupun tanpa nasi.

Cara membuat sop ayam makaroni mudah sekali. lho. Rebus ayam yang telah dicuci bersih hingga menjadi kaldu, kemudian masukkan makaroni, sayuran seperti kol, wortle, buncis, kentang, daun bawang dan seledri, bahan tambahan lain seperti bakso atau sosis beserta bumbu halus tumis yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, lada, garam dan pala.

Sedikit tips agar makaroni empuk dan matang sempurna, sebaiknya rendam dulu makaroni selama 15-20 menit barulah dimasukkan ke dalam kuah. Masukkan makaroni yang sudah direndam tersebut saat memasukkan daun bawang dan kol.

3. Capcay Kuah

Kalau bosan sop, yuk kita bikin capcay kuah saja! Makanan khas chinese ini cocok disajikan hangat-hangat saat berbuka, sebagai pengganjal perut dan menu pengganti nasi. Caranya mudah, tingga menumis sayuran bersama bumbu-bumbu.

gambar: liputan 6

Sayuran yang dibutuhkan biasanya wortel, sawi hijau atau cesin, kembang kol, jamur tiram, jagung putren, sawi putih dan brokoli. Masak bersama bumbu seperti bawang putih, bawang bombay, saus tiram, garam, merica dan larutan maizena sebagai pengental.

Capcay kuah ini juga bisa diberi bahan tambahan lain seperti udang, bakso atau dada ayam yang telah dipotong dadu.

4. Bihun Goreng

Seperti pasta, bihun merupakan salah satu sumber karbohidrat yang bisa kamu andalkan sebagai menu berbuka puasa selain nasi. Bihun juga diklaim lebih sehat dan rendah kalori sebab terbuat dari beras. Nah, salah satu sajian bihun yang disukai banyak orang dan mungkin anggota keluargamu juga, adalah bihun goreng.

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan adalah bihun, sayuran dan bumbu halus. Sayuran yang dipilih untuk bihun goreng biasanya adalah sawi hijau atau cesin, daun bawang, irisan cabai merah atau rawit hingga kol. Sementara bumbu halus terdiri dari bawang merah, bawang putih, lada atau merica, kemiri dan garam.

Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak. Tuang bihun yang telah direbus sebentar, kemudian masukkan sayuran. Bihun goreng ini juga bisa dicampur bersama urak-arik telur, sosis, bakso atau ayam.

5. Gado-Gado

Jika biasanya kamu menyantap sayuran dengan menjadikannya salad bersama mayones dan minyak zaitun, coba deh dibuat yang lebih sederhana dan gampang, yaitu gado-gado. Sayuran yang dipilih pun bisa lebih beragam, contohnya kangkung, kacang panjang, labu, tauge, jagung yang sudah dipipil, kol dan timun.

gambar: merdeka.com

Nggak cuma sayuran, gado-gado pun biasanya disajikan bersama tahu dan tempe goreng yang dipotong dadu. Biar makin lengkap, sajikan bersama telur rebus dan kerupuk!

Semua bahan tersebut tinggal dicampur dengan sambal kacang dan kecap. Blender atau tumbuk kacang yang telah disangrai bersama bawang putih dan cabai, kemudian beri air secukupnya. Kalau mau yang lebih praktis, beli sambal kacang instan saja. Tinggal cairkan bumbu bersama air panas, gado-gado lezat siap disantap!

Sobat Loper, itu dia 5 menu buka puasa selain nasi yang bisa kamu praktekkan di rumah. Nah, selain menu-menu di atas kamu juga bisa memulai santapan berbuka dengan aneka macam takjil. Apa pun pilihan berbuka kamu, semoga puasa makin berkah!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top