Life

5 Jurusan Kuliah Tersulit di indonesia

Jurusan Tersulit di indonesia

Menggapai pendidikan setinggi-tingginya adalah sebuah kewajiban. Dengan demikian, maka nasib Anda dan nasib bangsa akan menjadi lebih baik. Sebagian besar karir sudah mulai ditentukan sejak memilih jurusan di bangku perkuliahan. Maka terkadang, memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi merupakan hal yang tergolong sulit.

Sebagian besar orang bahkan ada yang menyatakan bahwa dirinya salah memilih jurusan di perkuliahan. Untuk itu, kamu harus terlebih dahulu mengetahui seluk-beluk dari jurusan yang dipilih. Hmmm kamu mulai panik atau ragu? Jangan khawatir Loper Online punya jawaban apa saja jurusan yang tergolong sulit di Indonesia. Mau tahu apa saja? Yuk, simak informasi berikut:

1. Kedokteran

Ya, jurusan yang satu ini mungkin akan terdengar sangat keren. Namun tahukah kamu? Apabila masuk ke jurusan yang satu ini, kamu harus rela mengorbankan kehidupan sosialmu. Hal ini disebabkan kamu harus fokus terhadap kuliahmu. Untuk bisa lulus, kamu harus mendalami semua mata kuliah yang ada, seperti anatomi, patologi, dan mata kuliah lainnya. Kalau kamu merasa tidak terlalu cerdas, jangan memilih untuk masuk ke jurusan kedokteran. Hal yang kamu harus perhatikan yaitu tuntutan di bidang kesehaan yang menantimu di masa depan. Untuk menyelesaikan kuliah di jurusan ini, kamu membutuhkan waktu 5-6 tahun.

2. Matematika dan Statistika

Apa kesan yang pertama kali muncul ketika mendengar matematika dan statistika? Pasti jawabannya adalah sulit, ribet, dan mumet. Pernyataan tersebut memang tak ada yang salah. Untuk dapat memahami matematika dengan baik, kamu harus belajar dengan sangat tekun dan tentunya perlu pekerja keras. Ketika kamu memutuskan untuk kuliah di jurusan ini pun tentunya kamu harus siap menghadapi teori, angka, dan rumus. Maka jangan pernah memilih jurusan yang satu ini apabila kamu sama sekali tidak menyukai pelajaran matematika.

3. Arsitektur

Jurusan Arsitektur termasuk salah satu jurusan yang juga banyak diminati oleh sebagian orang. Namu tahukah kamu? Ternyata ketika masuk ke jurusan yang satu ini, kamu tidak hanya akan akrab dengan menggambar dan mendesain saja. Kamu juga harus bisa menguasai ilmu pengetahuan alam, seni, dan bahkan matematika. Mengapa matematika? Karena tentunya kamu juga membutuhkan hitung-menghitung dalam menggambar sebuah desain. Kalau kamu masuk ke jurusan ini, nampaknya kamu harus menyediakan ruangan khusus untuk mengerjakansemua tugas kuliahmu.

4. Farmasi

Nah, untuk jurusan yang satu ini termasuk salah satu jurusan yang paling banyak dicari oleh pelajar di Indonesia. Untuk bisa masuk ke jurusan farmasi, kamu harus memiliki nilai yang tinggi. Tidak hanya itu, kamu juga harus memiliki pengetahuan lebih dalam bidang Kimia dan Biologi. Tentunya untuk bisa lulus dari jurusan ini, kamu harus belajar dengan keras. Bahkan bisa saja kamu mengorbankan waktu di akhir pekan untuk menyelesaikan laporan praktikum yang selalu ada.

5. Ilmu Ekonomi

Ilmu Ekonomi merupakan salah satu jurusan yang menjanjikan. Mengapa? Karena perkembangan zaman selalu berkaitan dengan hal-hal ekonomi. meskipun sekilas terdengar mudah, namun pada kenyataannya jurusan yang satu ini merupakan jurusan yang cukup sulit. Mengapa sulit? Ketika kamu memilih jurusan ini, maka kamu harus bisa memahami banyak hal. Kamu juga harus siap untuk bisa terampil, konsisten, dan berkeamuan keras.

Ya, itulah beberapa jurusan kuliah tersulit di Indonesia. Bagaimana? Merasa tertantang atau malah mau menghindari? Semoga dengan adanya informasi ini, bisa membuka pengetahuan kamu mengenai dunia perkuliahan ya. Selamat menentukan!

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top