Life

5 Panduan Pakai Masker untuk Mencegah Penularan Varian Omicron

5 Panduan Pakai Masker untuk Mencegah Penularan Varian Omicron

Kementerian Kesehatan RI mengumumkan kasus pertama varian COVID-19 Omicron di Indonesia telah terdeteksi pada Kamis, (16/12/2021). Kemunculan varian Omicron di Indonesia ini mengingatkan kembali bahwa kita harus melindungi diri dengan lebih optimal. Berikut panduan pakai masker untuk mencegah penularan varian Omicron.

Ganti Masker Secara Rutin

Mengutip CNNndonesia.com, Dokter spesialis penyakit dalam Eric Daniel Tenda mengingatkan bahwa masker rangkap sebaiknya tak digunakan dalam jangka waktu lama. Ia menyarankan masker rangkap maksimal digunakan dalam enam jam dan harus diganti.

Bukan itu saja, saat masker sudah lembab, basah atau Anda sedang batuk disarankan untuk segera mengganti masker walaupun belum enam jam.

Silang Tali Masker

Tali masker sebaiknya digunakan secara menyilang untuk mencegah penularan varian Omicron. Hal ini untuk meminimalisir celah atau lubang yang dapat menjadi jalan masuk bagi virus ke dalam tubuh.

Lihat Juga: Menkes Umumkan Pasien Pertama Varian COVID-19 Omicron di Indonesia

Penggunaan Masker Kain

Masker kain sebaiknya hanya digunakan untuk penggunaan luar ketika Anda memakai masker rangkap. Anda juga harus mencuci masker kain secara rutin setiap kali selesai digunakan.

Jangan biarkan masker tersebut basah, karena meningkatkan risiko berkembangnya jamur tertentu yang berbahaya bagi kesehatan.

Jangan pakai Masker Medis untuk Doubel Mask

Untuk mencegah penularan varian Omicron tidak disarankan untuk menggunakan jenis masker yang sama sebagai masker rangkap. Misalkan masker medis yang digunakan bersamaan. Eric mengatakan, masker dobel tersebut merupakan masker medis dan masker kain.

“Bukan masker medis dengan masker medis, atau kain dan kain. Menumpuk masker atau lebih dari dari dua, tak akan menekan risiko penularan. Apalagi jika menggunakan masker banyak, tetapi tak menjaga jarak, tak mencuci tangan, tak menjadi lebih baik. Protokol kesehatan harus dilakukan sesuai anjuran,” terangnya.

Lihat Juga: Kenali Varian Baru COVID-19 B.1.1.529 yang Lebih Bahaya dari Varian Delta

Artinya, pemakaian masker medis secara berlapis tidak meningkatkan kemampuan filtrasi.

Jagalah Kebersihan Saat Memakai Masker

Saat memakai masker pastikan tangan Anda bersih. Anda juga tidak boleh menyentuh masker yang telah digunakan, hindari menyentuh bagian depan saat membuka masker. Setelah membuka masker, segera cuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Itulah lima panduan memakai masker untuk mencegah penularan varian Omicron.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

2 × two =

Copyright © 2022 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top