Life

Peristiwa Bersejarah Dunia Yang Diperingati Tiap 10 November, Salah Satunya Hari Pahlawan Indonesia

5 Peristiwa Bersejarah Dunia Yang Diperingati Tiap 10 November, Salah Satunya Hari Pahlawan Indonesia

Beberapa peristiwa bersejarah dunia diperingati setiap tanggal 10 November. Di Indonesia sendiri, 10 November menjadi Hari Pahlawan. Walau begitu, tak semua peristiwa tersebut diperingati tiap tahunnya. Seperti peristiwa pada abad ke-19 di Afrika.

Dilansir dari Ensiklopedia Britannica, pada 1871, seorang Bernama Henry Morton Stanley menemukan misionaris sekaligus penjelajah asal Skotlandia bernama Dr. David Livingstone. Dr. David Livingstone sebelumnya dikabarkan hilang saat melakukan ekspedisi pencarian sumber Sungai Nil.

Sementara Henry Stanley adalah jurnalis surat kabar New York Herald. Ia mendapatkan pekerjaan tersebut setelah Perang Saudara Amerika dan ia mulai bergabung bersama serikat pekerja. Setelah bertemu dengan David Livingstone, Stanley lalu beralih profesi menjadi penjelajah.

Stanley dikenal karena salam kontroversialnya saat menemukan David Livingstone setelah mencarinya selama berbulan-bulan di alam liar Afrika. Salam tersebut adalah “Dr. Livingstone, I presume?” (Dr. Livingstone, ya?). Peristiwa ini terjadi pada 10 November 1871.

Peringatan 10 November

Berbagai peristiwa bersejarah terjadi dan diperingati pada 10 November. Berikut beberapa peristiwa bersejarah dunia yang diperingati setiap tahun pada 10 November:

Hari Pahlawan Indonesia

Hari Pahlawan Indonesia diperingati tiap tanggal 10 November untuk mengingat perjuangan para pahlawan yang bertempur di Surabaya. Peristiwa itu terjadi pada 1945, tepatnya 3 bulan setelah kemerdekaan Indonesia.

Peristiwa yang terjadi di Surabaya ini adalah pertempuran besar-besaran antara pejuang Indonesia melawan pasukan Inggris. Pertempuran ini merupakan perang pertama pejuang Indonesia melawan tentara asing pasca Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Lihat Juga: Sejarah Perjuangan Ir. Soekarno, Sang Proklamator dan Presiden Pertama RI

Hari Sains Sedunia untuk Perdamaian dan Pembangunan

Hari Sains Sedunia untuk Perdamaian dan Pembangunan juga diperingati setiap tahun. Peringatan ini menegaskan peran sains di tengah masyarakat serta melibatkan masyarakat dalam debat terkait isu-isu hangat. Salah satu tujuan dari Hari Sains Sedunia untuk Perdamaian dan Pembangunan yaitu untuk menginovasi komitmen nasional maupun internasional dalam penerapan ilmu pengetahuan bagi kebutuhan masyarakat.

Hari Akuntansi Internasional

Hari Akuntansi Internasional adalah hari libur professional tak resmi yang diperingati di sejumlah negara setiap tanggal 10 November. Tanggal ini dipilih sebagai bentuk penghormatan kepada Luca Pacioli, yang dijuluki sebagai “Bapak Akuntansi dan Pembukuan”.

Hari Ulang Tahun Korps Marinir AS

Bagian dari Angkatan Laut AS ini berdiri pada 1775. Hari ini biasanya diperingati dengan upacara pemotongan kue tradisional dan bola.

Hari Tradisi di Argentina

Día de la Tradición yang merupakan Hari Tradisi di Argentina untuk memperingati hari ulang tahun seorang penyair José Hernández. Penyair asal Argentina itu populer karena puisinya yang berjudul Martín Fierro.

Selain peristiwa-peristiwa bersejarah di atas, tanggal 10 November 2021 juga menjadi perayaan Hari Raya Galungan bagi umat Hindu.

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top