Life

5 Resep Menu Berkuah untuk Sahur yang Hangat Bersama Keluarga

Makan sahur tidak boleh dilewatkan. Meskipun banyak yang kuat berpuasa seharian tanpa makan sahur lebih dulu, tapi, sahur juga sebagian ibadah yang disunnahkan oleh Rasulullah sehingga apabila ditinggalkan tidak berdosa dan apabila mengerjakannya, kita akan memperoleh pahala. Nah, tentu kita akan memilih yang mendatangkan pahala, bukan?

Maka dari itu, di bawah ini Loper mau kasih kamu rekomendasi resep menu berkuah untuk makan sahur. Kenapa berkuah? Tentunya, selain lebih bergizi dan bernutrisi, makanan berkuah pun dapat menghangatkan tubuh sehingga kita dapat merasa lebih sehat dan siap untuk menjalani puasa. Yuk, kita simak bareng-bareng!

1. Sayur Bening Bayam

Salah satu menu berkuah yang mudah dimasak dan menjadi kesukaan banyak orang adalah sayur bening bayam. Bayam mengandung nutrisi dan gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh seperti antioksidan dan kalium.

gambar: brilio

Cara membuat sayur bening bayam mudah sekali lho, Sobat Loper. Kamu cukup merebusnya bersama sayuran lain seperti jagung yang telah dipipil atau dipotong kemudian beri bumbu-bumbu seperti irisan bawang merah, irisan bawang putih, garam dan temu kunci. Supaya lebih lezat nih, irisan bawang merah sebaiknya digoreng dulu.

2. Sop Ayam

Jika kamu tidak punya banyak waktu untuk memasak dua hidangan saat sahur, maka sop ayam merupakan pilihan tepat. Kamu bisa menggunakan ayam potong bagian sayap, dada, hingga ceker dan kepala. Ssst, kandungan gizi yang didapat dari semangkuk kuah sop ayam yang berkaldu dapat membantu memulihkan kamu dari penyakit flu, lho!

Saat ingin membuat sop ayam, yang pertama harus kamu lakukan adalah membuat kaldu lebih dulu. Rebus ayam yang telah dicuci bersih hingga lunak dan matang, setelah itu masukkan sayur-sayuran untuk sop seperti wortel, kentang, kol, buncis, daun bawang dan seledri. Bumbu sop ayam sendiri mudah sekali lho, Sobat Loper. Kamu tinggal menghaluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, garam dan sedikit pala kemudian tumis sebentar sebelum dimasukkan ke dalam kuah sop.

Sop ayam juga bisa dikreasikan bersama bahan lain seperti makaroni, bakso atau sosis. Kalau mau menambahkan jamur, juga boleh banget lho! Gunakan jamur tiram, jamur kuping atau jamur kancing.

3. Soto

Satu lagi menu berkuah untuk sahur yang nikmat disantap bersama keluarga adalah soto. Kamu bisa menggunakan daging atau ayam sesuai selera. Di bawah ini adalah resep kuahnya.

gambar: masak apa hari ini

Pertama, rebus daging atau ayam terlebih dahulu. Tujuannya, selain untuk mengempukkan, juga agar kita memperoleh kaldu dari ayam atau daging tersebut. Haluskan bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kunyit, sereh, sedikit jahe, kemiri dan garam. Tumis bumbu lalu masukkan ke dalam panci berisi air rebusan daging atau ayam.

Selama menunggu kuah berkaldu, siapkan bahan lain seperti sohun, kentang rebus/keripik kentang, telur rebus, daun bawang, bawang goreng dan jeruk nipis (boleh sudah diperas atau dipotong empat). Tata bahan tersebut di atas mangkuk, kemudian siram dengan kuah sebelum disajikan.

Untuk menambah kelezatan, sajikan bersama sambal soto yang terbuat dari rawit merah segar, beberapa butir kemiri dan garam. Haluskan tiga bahan tersebut hingga menjadi sambal, tidak perlu dimasak lagi.

4. Sayur Lodeh Bayam

Nah, jika Sobat Loper bosan masak sayur bening, kita bisa berinovasi sedikit dengan memanfaatkan bayam menjadi sayur lodeh sederhana. Bahan yang diperlukan adalah bayam, labu siam, jagung pipil dan wortel.

Masak semua bahan bersama bawang merah, bawang putih dan lada yang telah dihaluskan. Setelah mau matang, tuang santan ke dalam panci. Aduk-aduk secara perlahan agar santan tidak pecah. Sayur lodeh bayam ini semakin nikmat jika diberi taburan bawang goreng.

Sajikan sayur lodeh bayam ini bersama telur dadar, sambal dan kerupuk udang. Simpel, praktis, dijamin keluarga pasti suka!

5. Bakso

Kata siapa bakso buatan sendiri tidak bisa selezat bakso abang-abang? Buat bakso sendiri tentu lebih hemat dan terjamin kebersihannya. Kamu bisa mulai memilih, mau membuat adonan bakso sendiri atau memanfaatkan bakso instan yang dijual di pasaran.

gambar: idntimes

Setelah bakso tersedia, siapkan bahan lain seperti sohun, daun bawang, seledri, sawi cesin dan bawang goreng. Semua bahan tersebut dapat kamu siapkan sehabis salat tarawih, agar tidak mepet waktu saat sahur tiba.

Untuk kuah mudah sekali, cukup buat kaldu dari tulang sapi, jangan lupa ambil buih dna kotoran yang mengapung selama proses perebusan.  Kemudian tambahkan bawang putih yang sudah dihaluskan, irisan bawang bombay, garam, lada dan micin sesuai selera. Sajikan bakso bersama sambal, saus dan kecap.

Nah, Sobat Loper, itu dia menu berkuah untuk sahur yang lezat dan praktis. Di antara menu-menu di atas, kira-kira mana yang merupakan favorit keluarga? Selamat santap sahur!

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

To Top