Life

5 Tanda Kamu Sudah Dewasa secara Mental

Tanda Sudah Dewasa secara Mental

Apakah kamu pernah menemui seseorang yang sudah berumur, tetapi sikap dan perilakunya masih seperti anak kecil atau belum dewasa? Dalam artian, ia belum dapat mengontrol emosinya dengan baik. Kira-kira penyebabnya apa? 

Secara sederhana, kedewasaan tidak hanya diukur dengan umur saja. Melainkan kedewasaan juga bisa diukur secara mental dan kecerdasan emosional. Seseorang dikatakan dewasa saat pola pikirnya lebih rasional dan mampu mengontrol emosinya. 

Tak jarang masalah kedewasaan ini dibawa sampai rumah tangga. Terdapat sebagian dari pasangan yang merasa pasangannya belum dewasa. Padahal sebenarnya hal tersebut bisa merupakan penilaian relatif. 

Nah kamu pasti juga sering bertanya. Apakah kamu sudah dewasa atau belum ya? Pertama dari segi pola pikir kamu memiliki IQ yang baik dan dapat mengambil keputusan dengan benar. Salah satu ciri kedewasaan sudah kamu miliki.  

Kini saatnya kamu mengukur seberapa dewasa dan seberapa kecerdasanmu dalam mengelola emosi. Kecerdasan emosional ini bisa kamu kenali dengan 5 tanda kamu sudah dewasa, berikut ini. 

Berpikir Sebelum Bertindak 

Poin pertama merupakan konsekuensi logis atas adanya kemampuan dalam berpikir secara rasional. Saat kamu sudah memiliki kemampuan berpikir yang benar, kamu tidak selamanya mulus dalam menjalankan pekerjaan. 

Sebab, tata cara kamu dalam bertindak dan mengambil keputusan bukan hanya terlihat dari cara berpikirmu. Melainkan juga cara kamu dalam mengontrol emosi ketika mengambil tindakan. Tindakan yang diambil dengan bercampur emosi tentu akan berbeda. 

Nah dalam hal ini, tanda kamu sudah mulai dewasa secara mental adalah kamu berpikir sebelum bertindak. Dengan kata lain, kamu tidak mengambil tindakan secara spontanitas tanpa mempertimbangkan dampaknya. 

Artinya kamu tidak mengedepankan emosi. Nah hal ini menunjukkan bahwa kamu dapat mengontrol emosimu dengan mempertimbangkan kembali apa yang akan kamu lakukan. Tentunya dengan memikirkan hal tersebut secara matang. 

Selain Berpikir Sebelum Bertindak, Kamu Juga Cenderung Lebih Banyak Mendengar 

Seseorang yang sudah dewasa biasanya lebih berhati-hati dalam bicara. Mereka menjaga setiap perkataan yang mereka lontarkan. Tentu saja hal ini dilakukan untuk menghargai lawan bicara. Ataupun untuk menyampaikan sesuatu agar lebih jelas dan tepat sasaran. 

Mereka dengan ciri ini biasanya juga hanya berbicara sesuai dengan kebutuhan saja. Mereka pandai memanfaatkan kondisi yang tepat untuk berbicara. Hal tersebut karena, orang yang sudah dewasa secara mental tidak mau menghabiskan energi untuk hal kurang berguna. 

Jika ingin mengetahui tanda kamu sudah dewasa secara mental, cobalah perhatikan dirimu. Apa kamu termasuk orang yang lebih sering berbicara atau lebih banyak mendengar? Sebab, alih-alih banyak berbicara, orang dewasa lebih banyak mendengar. 

Tanda Kamu Sudah Dewasa, Kamu Akan Rela untuk Berkorban 

Ciri ketiga yang bisa kamu perhatikan adalah seberapa besar pengorbananmu. Jika diamati, orang yang berpengalaman tidak mungkin berkelakuan seperti anak-anak yang selalu tidak mau mengalah. Bayangkan saja gerombolan anak yang sedang berebut mainan. Tentu orang dewasa tidak mungkin memiliki ciri yang demikian. 

Biasanya ketika beranjak dewasa, seseorang akan lebih rela untuk berkorban. Sebab ia sadar bahwa dunia bukan miliknya sendiri. Selain itu, orang yang dewasa secara mental sudah memahami tidak semua hal bisa ia dapatkan. 

Oleh karena itu mulailah bersikap dewasa, mengembangkan sikap rela berkorban sangat diperlukan. Mulai sekarang cobalah untuk mengurangi sikap egoismu. Mulai belajar untuk lebih peduli kepada orang lain dan mau berbagi. Jika bukan hakmu, janganlah merampas hak milik orang lain. 

Yang benar seharusnya adalah saling bergotong royong dan bahu membahu. Semakin berpengalaman seseirang, seseorang akan lebih mengutamakan kepentingan umum dibandingkan dengan kepentingan pribadinya. 

Menciptakan Kebahagiaan 

Saat masih labil, kita selalu menganggap bahwa kebahagiaan hanya diukur berdasarkan standar sosial tertentu. Misalnya dari kekayaan ataupun kecantikan dan ketampanan. Padahal bukan seperti itu kebahagiaan sebenarnya. 

Namun sayangnya kita jarang memperhatikan hal tersebut. Terlalu banyak iri dan selalu ingin memenuhi standar sosial tidak mencirikan tanda kamu sudah dewasa secara mental. Lalu kebahagiaan sebenarnya seperti apa? 

Orang yang sudah dewasa akan menyadari bahwa kebahagiaan tidak tergantung pada materi atau barang mewah tertentu. Bukan pula diukur berdasarkan standar sebagian besar orang. Melainkan kebahagiaan berasal dari diri sendiri. 

Kamu sangat mungkin menciptakan bahagiamu sendiri. Misalnya dengan melakukan hal-hal kecil yang menyenangkan. Atau bisa juga melakoni hobi tentu akan membahagiakan. Nah hal-hal kecil seperti itu yang kamu temukan dalam kehidupan sehari-hari akan membuatmu lebih bahagia. 

Lebih Banyak Memaafkan 

Masih suka bertengkar dengan teman? Masih mempermasalahkan hal-hal kecil? Atau kamu sebenarnya masih sering menangis karena dibully? Masalah-masalah tersebut biasa dialami ketika kamu masih tahap menuju dewasa. 

Berbeda halnya ketika kamu sudah beranjak besar. Kamu akan lebih memiliki sikap untuk memaafkan. Apa-apa yang hadir di depanmu senantiasa bisa kamu toleransi. Apalagi jika untuk hal-hal yang memang sama sekali tidak memengaruhi hidupmu, tentu tidak perlu dipermasalahkan. 

Untuk mengetahui tanda kamu sudah dewasa ini, kamu bisa melihat perilakumu ketika sedang marah. Apakah kamu masih meluapkan emosi atau justru kamu lebih cepat memaafkan. Meskipun hal ini bergantung pada kepribadian masing-masing orang, tetapi orang dewasa tidak secara langsung meluapkan emosinya. 

Selain itu, mereka tidak perlu mengeluarkan kata-kata kasar ketika sedang marah. Marah merupakan hal yang wajar, tetapi menahan untuk tidak melampiaskan marah menjadi ciri orang yang sudah dewasa secara mental. Kamu termasuk? 

Baca Juga : 5 Tanda Kamu Harus Mulai Bersikap Dewasa

Dari lima tanda seseorang sudah dewasa secara mental, kamu sudah memiliki yang mana? Nah dengan mengatur minimal lima hal tersebut, kecerdasan emosionalmu akan meningkat. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah berhubungan dengan orang lain, seperti dalam pekerjaan. 

Copyright © 2021 LO inc. Media Supported By MASEL Corp

To Top